Xperia Z5 Membuat Mata Melotot! Smartphone Pertama Berlayar 4K Ultra HD

Xperia-Z5-2

Sony Xperia Z4 Tablet Spec-nya Greget! Snapdragon 810 + RAM 6 GB?

Lama-lama spec tablet Android bisa melampaui laptop premium...
Baca Juga

Oke, kita sudah fix jika Sony melompati Xperia Z4 untuk lini smartphone-nya. Hanya keluarga tablet mereka saja yang mendapatkan identitas Xperia Z4 — dan sayangnya hanya untuk Jepang saja, serta juga mengalami kasus overheat yang sama seperti Xperia Z3 Plus karena penggunaan chipset Snapdragon 810. Namun Xperia Z5 yang sudah diketahui beberapa bagian komponen hardware-nya sejak bulan lalu memang patut mendapatkan perhatian lebih. Terutama sat itu juga sudah dipastikan jika  Sony Mobile bakal mengungkapkannya pertama kali September 2015 ini, langsung dengan ketiga anggota keluarganya, Sony Xperia Z5, Xperia Z5 Compact, dan Xperia Z5 Premium. Dan tidak ada event yang paling tepat selain IFA 2015 yang bakal berlangsung di Berlin akhir pekan ini. Sony sendiri dikabarkan menggelar press conference mereka besok. Belum juga IFA 2015 berlangsung, sudah banyak bermunculan foto-foto Sony Xperia Z5 tersebut.

Perbandingan Xperia Z5 Compact, Z5, dan Z5 Premium.
Perbandingan Xperia Z5 Compact, Z5, dan Z5 Premium.

Spesifikasi Xperia Z5 memang belum terungkap resmi. Namun rumor awalnya menyebutkan jika flagship Sony Mobile ini bakal masih menggunakan chipset Snapdragon 810 yang dikenal sangat agresif dan membuat smartphone cepat panas. Mungkin Sony sudah mendapatkan solusi agar bisa lebih mendinginkan prosesor terkencang Qualcomm tersebut, toh OnePlus 2 juga tidak sampai mendapatkan peringatan “local warming” dari retailer yang menjualnya, seperti halnya Xperia Z4 Tablet dan Xperia Z3+. Detail lain dari chipset tersebut, ada delapan core prosesor 2.0 GHz dan GPU Adreno 430.

Xperia-Z5-3

Melengkapinya, ada memory RAM 4GB (RAM-nya 3GB untuk Xperia Z5, dan 2GB untuk Z5 Compact), internal storage 32GB, sensor fingerprint yang diposisikan di sisi kanan serta dilindungi oleh frame metal, dan juga baterai berkapasitas besar, mencapai 4,500-mAh (kemungkinan besar kapasitas tersebut untuk varian Premium). Kameranya sendiri menggunakan sensor 23-megapixel, dan mampu merekam video dengan kualitas 4K, ada hybrid-autofocus dan optical image stabilization. Untuk kamera depannya disematkan sensor 5-megapixel.

Perbandingan Xperia Z5 Compact, Z5, dan Z5 Premium. Tombol power tersebut juga berperan sebagai sensor sidik jari.
Perbandingan Xperia Z5 Compact, Z5, dan Z5 Premium. Tombol power tersebut juga berperan sebagai sensor sidik jari. Si sebelahnya, ada tombol volume dan shutter kamera.

Desainnya menganut prinsip OmniBalance seperti Xperia sebelumnya, sederhana, minimalis simetris dan frame di sekeliling layarnya agak membulat. Untuk warnanya, dari beberapa gambar yang sudah muncul, bakal ditawarkan dengan pilihan Gold, Black, dan Chrome. Imbas penempatan sensor sidik jari di sisi kanan casingnya, maka kalian kini pun juga mendapati tombol volume dan powernya diposisikan di sisi kanan bawah, bukanya agak ke tengah seperti pada Xperia Z seri sebelumnya. Dan satu hal lagi, seperti Xperia Z sebelumnya, semua keluarga Xperia Z5 ini juga anti debu dan air.

Close-up lensa kamera Xperia Z5 Compact, dan Z5.
Close-up lensa kamera Xperia Z5 Compact, dan Z5.

Qualcomm Konfirmasikan Snapdragon 808 dan 810, Octa-Core Terkuat Dengan Teknologi 64-bit

Produsen chipset asal Amerika, Qualcomm, akhirnya mengungkapkan seri chipset mobile terkuatnya, Snapdragon 808 dan 810. Keduanya sudah mengadopsi teknologi 64-bit, dan baru tersedia pertengahan tahu 2015.
Baca Juga

Paling menarik adalah varian Xperia Z5 Premium, atau yang sebelumnya dikenal sebagai Xperia Z5+. Rumor sementara menyebutkan jika layarnya menggunakan resolusi 4K Ultra HD, yang saat ini umumnya hanya digunakan untuk layar televisi dan film saja. Kami belum bisa membayangkan bagaimana resolusi setinggi itu diterapkan pada perangkat mobile. Namun beberapa sumber menyebutkan jika Xperia Z5 Premium dengan kode Sony E68XX (E6833, E6853 E6883) ini bakal menjadi smartphone atau phablet pertama dengan resolusi layar 2160 x 3480-pixel. Dengan dimensi layar 5.5-inchi, maka kalian mendapatkan kepadatan pixel 801-ppi, yang bakal berimbas pada kinerja dan ketahanan baterai. Padahal chipsetnya juga dikabarkan sama seperti dua saudara kecilnya, Snapdragon 810, meskipun rumor sebelumnya menyebutkan bakal menggunakan Snapdragon 820.

Xperia-Z5-1

IFA 2014: Selangkah Lagi Untuk Bisa Mainkan Game PlayStation 4 Dimana Saja!

... melalui fasilitas Remote Play-nya Xperia Z3 Series, yang mampu streaming game PS4 ke Android.
Baca Juga

Dan berkat layar 4K-nya tersebut, Sony Mobile juga bisa menerapkan teknologi 4K X-Reality PRO khusus untuk Xperia Z5 Premium. 4K X-Reality Pro sementara ini hanya diterapkan untuk jajaran televisi Bravia dengan resolusi 4K mereka, yang fungsinya memberi mengubah konten yang ditampilkan menjadi berkualitas HD.

Port-nya yang tertutup rapat, masih anti debu dan air lho!
Port-nya yang tertutup rapat, masih anti debu dan air lho!

Bicara dimensi layar, untuk Xperia Z5 Compact, dirumorkan bakal menggunakan layar berdimensi 4.5-inchi dengan resolusi HD 720×1280-pixel. Kemudian untuk Xperia Z5, ukuran layarnya 5.1-inchi dengan resolusi Full HD 1080×1920-pixel. Sedangkan Xperial Z5 Premium, seperti kami tuliskan di atas, layarnya 5.5-inchi dan resolusi 4K. Penasaran, seperti apa ya resolusi 4K diperlihatkan di layar smartphone yang hanya 5.5-inchi. Karena pada layar televisi berukuran di atas 30-inchi saja sudah terlihat menawan. Sementara ini bisa kalian lihat video yang bocor mengenai Xperia Z5 tersebut di bawah ini, yang jelas memperlihatkan sensor sidik jarinya di sisi kanan, tepat di tengah frame-nya. Keluarga Xperia Z5 diperkirakan bakal diungkapkan malam nanti.

Xperia-Z5-5 Xperia-Z5-8

Xperia Z5

Sumber