Hideo Kojima Pamitan, Resmi Tinggalkan Metal Gear Solid!

hideo kojima serial mgs

MGS V: The Phantom Pain resmi menjadi seri MGS terakhir dari Hideo Kojima. Dan sang kreator pun mengucapkan selamat tinggal kepada franchise yang sudah membesarkan namanya selama 28 tahun ini.

Metal Gear Solid (MGS) V: The Phantom Pain sudah dirilis sejak tanggal 1 September 2015 lalu. Beragam review positif pun terus diberikan untuk mahakarya Hideo Kojima ini. Para reviewer seolah tidak memperdulikan betapa “menjengkelkannya” ulah Konami, seperti menghilangkan eksistensi Kojima Productions dan Hideo Kojima di box art game ini, ataupun saat hanya menyediakan file installer sebesar 8 MB di versi fisik PC-nya.

Dengan banyaknya pujian setinggi langit, dan juga sudah tidak dilanjutkannya kerja sama dengan Konami ini, Hideo Kojima pun akhirnya mengucapkan selamat tinggal kepada MGS, serial yang sudah membesarkan namanya ini…

hideo kojima serial mgs

Hideo Kojima Keluar! Konami Terbukti “Membunuh” Kojima Productions!

Sepertinya Konami sudah menipu kita. Fakta baru ini kembali membuktikan jika benar terjadi intrik politik yang alot, serta monopoli kekuasaan, yang akhirnya memaksa Hideo Kojima dipecat, serta Kojima Productions dibubarkan!
Baca Juga

Desas-desus MGS V: The Phantom Pain bakal menjadi seri MGS terakhir dari Kojima memang sudah berhembus sejak lama. Namun, pada saat rumor ini muncul, banyak fans yang tidak mempercayai hal tersebut, dan hanya menganggap rumor tersebut hanya salah satu troll dari Kojima saja. Namun apa yang dilakukan Konami terhadap Kojima akhir-akhir ini membuat rumor ini semakin mendekati kenyataan.

Dan puncaknya, setelah merilis MGS V: The Phantom Pain kemarin, Hideo Kojima mengucapkan selamat tinggal kepada franchise MGS lewat sebuah video yang cukup menyentuh sepanjang 10 menit di bawah ini.

Terungkap, Hideo Kojima Jadi Tentara di MGS V: The Phantom Pain!

Iya, sang kreator "mengabadikan" dirinya di dalam game ini. Di mana kita bisa bertemu dengannya? Simak di dalam!
Baca Juga

Dalam video ini, Kojima duduk bersama dengan beberapa orang-orang hebat yang sudah membantunya mengembangkan seri MGS selama 28 tahun terakhir ini. Mereka mendiskusikan banyak hal mengenai seri MGS dan juga momen-momen yang mereka lalui bersama. Dan di akhir video , Kojima pun mengucapkan terima kasih kepada sosok yang juga sudah bersamanya selama ini, yang tidak lain adalah para penggemar berat serial MGS. Video ini juga memberikan tribute khusus kepada Sean Gillespie, salah satu fans berat mereka yang sudah meninggal dunia karena terkena kanker pada bulan Februari 2015 lalu.

Meskipun sudah meninggalkan judul MGS, namun Hideo Kojima sudah menjamin bahwa dirinya akan terus membenahi MGS V: The Phantom Pain apabila ada bug dan juga update. Hal ini dilakukan semata-mata untuk membuat para fans MGS V merasa terpuaskan dengan seri MGS terakhir darinya ini.

Mungkin Hideo Kojima kali ini benar-benar akan meninggalkan serial MGS. Namun sampai saat ini, Konami belum memberikan konfirmasi secara resmi, apakah serial MGS akan terus berlanjut tanpa Kojima, ataukah juga akan berhenti karena sudah ditinggalkan oleh sosok ikoniknya. Hideo Kojima pun sampai saat ini belum memberikan konfirmasi terkait rencana masa depannya, termasuk game baru apa yang akan dikembangkannya di masa mendatang.

hideo kojima serial mgs
Ke depannya bakal berkolaborasi dengan del Toro untuk bikin film Hollywood?

Jadi para penggemar MGS, selamat menikmati karya MGS terakhir dari Hideo Kojima dalam MGS V: The Phantom Pain ini ya…

Sumber: Polygon