Bocoran Nokia C1, Smartphone Nokia Android Murni Pertama!

Kurang dari setahun perjanjian kontrak antara Nokia dan Microsoft akan berakhir. Kesepakatan yang dibuat ketika Microsoft mengakuisisi Nokia dulu, memungkinkan Nokia untuk kembali berbisnis pada divisi mobile di tahun 2016. Spekulasi ini kembalinya Nokia ke pasar smartphone awalnya sempat disangkal, namun CEO Nokia juga mengatakan bahwa sebenarnya ia berharap untuk meluncurkan beberapa handset Android merek Nokia tahun depan. Kini dari bocoran info yang beredar, ternyata Nokia sudah bersiap-siap dengan smartphone Android pertamanya yaitu Nokia C1.

Nokia C1 Android - Nokia X dan XL

Sebenarnya ini bukan kali pertama Nokia membuat smartphone berbasis Android. Sebelumnya, pada pertengahan tahun 2014 Nokia sempat mengeluarkan dua smartphone berbasis Android, Nokia X dan Nokia XL. Yang berbeda adalah, kali ini akan menjadi untuk pertama kalinya Nokia merilis smartphone dengan menggunakan Android murni dari Google — yang berarti tidak di modifikasi atau dibentuk custom ROM rumit seperti halnya Nokia X dan Nokia XL. Tapi di bocoran ini tidak ditampilkan apakah nantinya menggunakan Google Service atau modifikasi lagi. Sangat besar kemungkinan kalau Nokia nantinya bakal menggunakan Google Service untuk smartphone Android murni pertamanya ini.

Bocoran Nokia C1  Android

Spesifikasi Nokia C1 Android

Yuk Nostalgia dengan Mobile Game Jadul Ini di Android!

Meski era sudah berganti, ternyata masih ada banyk orang yang rindu untuk kembali memainkan Mobile Game Jadul seperti Snake, Space Impact ataupun Bounce.
Baca Juga

Perlu diingat bahwa Nokia masih belum memberikan rincian tentang spesifikasinya, semua info ini masih sebatas rumor dan spekulasi dari perangkat yang nantinya akan rilis. Namun menurut Weibo spesfikasinya akan memiliki Layar HD 5 inch yang diperkuat dengan prosesor Intel Atom dan di bekali RAM 2 GB, serta kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP.

Tidak disebutkan juga info bahwa Nokia akan menggunakan versi Android yang mana. Tetapi kemungkinan mereka akan menggunakan minimal versi Lolipop seperti yang terdapat pada bocoran benchmark sebelumnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga bakal menggunakan versi terbaru Android yang masih hot yaitu Marshmallow.

Kalau dilihat dari render sepertinya Nokia C1 sangatlah tipis dan semua komponen tampakanya tertutup dalam desain unibody. Terlihat juga ada Grill Speaker di tepi bawah, kamera agak kecil pada panel belakang, dan layar yang cukup besar dengan bezel yang pas.

Tablet Nokia Android - N1

Dengan asumsi ini nyata, Nokia C1 akan melengkapi tablet N1 yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu menggunakan Android Lollipop. Untuk interface, kemungkinan nokia akan menyempurnakan launcher yang sempat diluncurkan di google playstore sebelumnya.

Tidak ada kepastian apakah berita ini merupakan suatu kebenaran atau tidak, yang pasti Nokia C1 akan menjadi Smartphone Nokia berbasis Android pertama. Jika nanti diluncurkan di Indonesia, tertarikkah kamu untuk menggunakannya?

Akankah penggunaan Android dalam smartphone terbarunya akan mengembalikan era kejayaan Nokia di pasar Smartphone?


SHARE
Previous articleStudio Anime-anime Populer Ini Ternyata Ada di Indonesia!
Next articleTaman Bermain Ubisoft Siap Dibangun di Malaysia, Ayo Menebak Isinya!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.