Attack On Titan 73, Saatnya Rebut Kembali Wall Maria!

attack on titan (1)

Apakah operasi merebut Wall Maria di Attack on Titan 73 akan berhasil?

SPOILER ALERT!

Attack on Titan 73 berjudul “The Town Where Everything Begin”. Chapter ini merupakan kelanjutan dari chapter sebelumnya yang merupakan pelaksanaan operasi merebut Wall Maria.

Attack on Titan 73

Attack on Titan 73 diawali dengan flashback rangkuman dimana semua masalah ini berawal. Dengan bobolnya Wall Maria, otomatis umat manusia hanya bisa bertahan hidup di dalam dua wall lainnya, Wall Rose dan Wall Sina. Hal ini membuat masalah baru dengan adanya pengungsi dan kekurangan lahan serta kekurangan stok makanan. Bagian awal chapter ini menekankan betapa pentingnya keberhasilan operasi ini.

attack on titan (3)

Rombongan Survey Corps mencapai hutan pada malam hari. Mereka mewaspadai titan yang bisa bergerak pada malam hari, walaupun kemungkinan itu karena sinar bulan yang memantulkan sinar matahari yang cukup membuat para titan tersadar. Namun ternyata mereka bertemu dengan titan di tengah perjalanan!

attack on titan (4)

Melanjutkan perjalanan, Eren merasa gemetaran yang kemungkinan karena tegang ataupun karena takut. Namun Armin mencoba menenangkannya.

attack on titan (5)

Rombongan Survey Corps mencapai Shiganshina District pada pagi hari. Artinya mereka juga mulai rentan dengan serangan titan yang bisa datang kapan saja. Rombongan Survey Corps pun mengubah gerakan mereka dengan manuver vertikal (dari formasi kuda menjadi formasi 3D manuveur gear).

attack on titan (6)Operasi merebut Wall Maria memang tidak simpel. Selain harus menutup lubang di Wall Maria, para Survey Corps juga mengincar ruang bawah tanah di Shiganshina District, tempat ayah Eren menyembunyikan rahasia terpendam. Namun apapun yang terjadi, para pelaksana operasi harus siap menjalankan misi ini.
attack on titan (10)

Dijelaskan juga bahwa manuver vertikal ini merupakan taktik, dengan 100 orang bergerak sekaligus dan menggunakan tudung, mereka berharap para titan shifter tidak mengenali yang mana yang Eren. Dengan begitu ketika para titan shifter tersadar, Eren diharapkan sudah menyegel Wall Maria dengan kemampuan titan mengeraskan tubuhnya.

attack on titan (7)Mereka memang telah mencapai dinding sih, tapi…

Bisa dilihat sendiri, lubang Wall Maria masih berada sejauh itu…

attack on titan (8)Armin Alert juga mendeteksi keberadaan sisa api unggun di atas dinding. Artinya para titan shifter, Reiner dan Bertolt berada di sekitar itu. Berarti para Survey Corps juga harus siaga dengan kehadiran titan shifter ini.

attack on titan (11)

Ternyata para Survey Corps bisa mencapai lokasi tanpa serangan titan. Apa yang sebenarnya terjadi? Tanpa mereka ketahui, Reiner dan Bertolt bersembunyi di suatu tempat dan telah menyadari kedatangan mereka. Apakah akan terjadi jebakan atau serangan mendadak untuk para Survey Corps ini? Apakah operasi merebut Wall Maria akan berhasil?

Attack on Titan 73 ini banyak mengulas flashback, sedangkan aksi yang tersaji minim. Setidaknya ada pembahasan taktik manuver yang menarik untuk diikuti.


SHARE
Previous articleMighty No 9 Rilis Game Web, Menjadi Obat Kangen Karena Delay
Next articleChapter Prekuel Bakuman Siap Dirilis!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.