ChemCaper, RPG Edukasi Kimia Pertama di Dunia, Unjuk Gigi Selama TGS 2015

ChemCaper-10

Atelier Sophie Ajarkan Ketekunan untuk Sukses Menjadi Ahli Alkimia Terbaik

Atelier Sophie Ajarkan Ketekunan untuk Sukses Menjadi Ahli Alkimia Terbaik. game Atelier terbaru, gambar Atelier Sophie, Atelier video games, game RPG baru
Baca Juga

Penggemar RPG Jepang pasti mengenal serial Atelier garapan developer Gust. Game yang selalu mengajukan karakter cewek imut cakep tersebut juga dikenal sebagai satu-satunya game RPG yang terfokus mengangkat mengenai alchemy, atau alkimia, serta kisah hidup para karakternya yang merupakan ahli alkimia (alkemis) dalam proses belajar. Contoh lainnya yang juga mengangkat mengenai alkimia adalah manga dan anime Fullmetal Alchemist. Namun saat memainkannya, terkadang kita berpikir jika alkimia itu sama dengan kimia, pelajaran sekolah yang penulis yakin lebih banyak diantara kalian justru alergi padanya dibandingkan menfavoritkannya.

ChemCaper-4Pada kenyataannya, alkimia (yang mempercayai konsep jika semua benda di alam itu hidup dan memiliki spirit) itu berbeda dengan kimia (yang lebih terkonsentrasi pada zat-zat yang mati). Dan karena memang dalam alkimia tidak rumus-rumus ribet ala matematika serta menghitung mol atau kesetaraan reaksi, penulis pun lebih memaklumi jika lebih banyak media hiburan seperti game yang mengangkat alkimia dibandingkan kimia. Apalagi dengan ditambahkannya gadis cantik dsan imut sebagai karakternya seperti pada serial Atelier, siapa yang sanggup nolak? Jadi apakah hanya alkimia saja yang menarik diangkat menjadi game, sedangkan untuk kimia, mendengarnya selama di sekolah saja sudah bikin pusing? Mungkin atas dasar itulah, sebuah developer asal Malaysia, yaitu ACE EdVenture Studio, mengembangkan sebuah game edukasi berjudul ChemCaper (sebelumnya dikenal sebagai ChemQuest).

ChemCaper-5

IGS 2014: Indonesia dan Malaysia Berkolaborasi untuk Membuat Belajar Kimia Lebih Menyenangkan!

Takut dengan pelajaran Kimia? Dengan ChemQuest yang dikembangkan developer Indonesia, Artoncode dengan developer Malaysia, Ace Adventure ini akan membuat belajar Kimiamu menjadi lebih menyenangkan. Bagaimana caranya?
Baca Juga

Game pertama mereka ini merupakan Chemstry role-playing game, dan itu menjadi yang pertama di dunia (ya, sepertinya semua developer game pun juga ikutan alergi mengangkat kimia ke dalam game, khususnya RPG). ChemCaper sendiri sudah lama kami dengar. Muncul selama Game Developer Conference bulan Maret 2015, dan terakhir juga masuk dalam daftar Google I/O yang berlangsung Mei 2015 lalu. Dan kini developernya juga bakal membawa ChemCaper ke Tokyo Game Show 2015. Di sana ChemCaper bakal berbagi tempat bersama para wakil dari Indonesia di bawah payung Indonesia Game Pavilion. Lho, kok justru hadir bersama para developer game Indonesia? Ya, hal itu tidak lain karena Artoncode Indonesia, salah satu developer dari Indonesia, juga turut terlibat dalam mengembangkan game ini. Bersama Artoncode dan wakil Indonesia lainnya selama TGS 2015, ChemCaper bisa kalian temukan di booth 4-N02, Indonesia Game Pavilion.

ChemCaper-2ChemCaper sendiri dimainkan seperti tipikal RPG. Kalian bertualang, bertarung melawan boss (menggunakan sistem turn-based Active Time Battle ala Final Fantasy), menaikkan level, dan mendapatkan skill yang akan membantu dalam memulihkan dunia Reac Ta. Karakter kalian bernama Roub, seorang Moon Being dari Reac Ta, yang mendapatkan firasat mengenai Xenon, dewa Moon Beings yang telah hilang. Dia dikirim dalam sebuah quest untuk melatih skill bertarungnya, sambil mengikuti jejak rumor figur bersinar yang muncul di Camp Ungku. Namun dalam perjalanannya dia mendengar bencana melanda Reac Ta.

ChemCaper-6

Selama memainkan ChemCaper, kalian juga akan menemukan unsur pembelajaran kimia, yang dimasukkan ke dalam permainan berdasarkan pada kurikulum Kimia dari IGCSE, yang biasa digunakan di sekolah menengah di luar negeri. Setiap elemen dalam ChemCaper mencerminkan ikhtisar pembelajaran yang sudah diakui. Dan dengan diwujudkan dalam sebuah permainan RPG, maka diharapkan belajar kimia kini tidak lagi menyusahkan, namun justru menyenangkan.Duniaku bakal hadir selama TGS 2015, dan meliput langsung event tersebut dari Jepang. Tunggu saja laporan kami, termasuk impresi terbaru ChemCaper, yang rencananya bakal dirilis untuk App Store & Play Store akhir tahun nanti.

ChemCaper to be featured at Google I/O 2015

ChemCaper ACT I – Petticles in Peril (Official Trailer)

ChemCaper ACT I – Petticles in Peril (Prologue)

Berikut dua contoh musiknya, yang ditanggani oleh Norihiko Hibino, komposer musik serial Bayonetta, dan terakhir juga menangani remix untuk Persona 4: Dancing All Night.


SHARE
Previous articleTGS 2015 Beberkan Empat Proyek Internasional, Game Indie dan Developer Asia Kembali Menjadi Fokus
Next articleTGS 2015 Menjadi Surganya Gamer, 800 Game Baru Siap Dimainkan
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.