Akibat iPhone 6s Muncul, Harga Xperia Z5 Langsung Turun 2 Jutaan!

Harga Xperia-Z5-Family

Sony Xperia Z5 Dijual dengan Harga Mulai Rp. 12 Juta

Spesifikasi Sony Xperia Z5 Dijual dengan Harga Rp. 12 Juta Hingga 15 Jutaan! Spesifikasi Xperia Z5 Compact, Spesifikasi Xperia Z5 Premium, harga Xperia Z5
Baca Juga

Beberapa hari setelah mengkonfirmasikan Xperia Z5 selama event IFA 2015, Sony langsung membuka pemesanan awalnya di Eropa. Dan harga ketiga anggota keluarga Xperia Z5 berada jauh di atas flagship Xperia lainnya yang sudah kita kenal selama ini. Harga Xperia Z5 dipatok £599, atau sekitar Rp. 13 jutaan! Sedangkan yang lebih kecil, Xperia Z5 Compact bisa didapatkan lebih terjangkau, dengan harga £549, atau sekitar Rp. 11,8 jutaan. Dan yang bisa ditebak Xperia Z5 Premium, namanya sudah cukup menjelaskan nilainya. Bakal dijual dengan harga £699, atau sekitar Rp. 15 jutaan!

Harga Xperia Z5 tersebut memang untuk wilayah Inggris Raya saja, dan kami yakin bakal lebih murah di wilayah lainnya. Dan bisa juga dalam satuan dolar, harga di UK dan US hanya di-switch saja mata uangnya, menjadi $599, $549, dan $699. Jika benar seperti itu, maka seharusnya kita bisa mendapatkan harga yang lebih masuk akal untuk satuan Rupiah, yaitu Rp. 7,8 jutaan, Rp. 8,5 jutaan, dan Rp. 10 jutaan untuk Xperia Z5 Premium!
Harga Xperia Z5
Harga pre-order awalnya yang menurut kami terlampau mahal…

Apa Saja Perbedaan Spesifikasi Sony Xperia Z5, Z5 Compact dan Z5 Premium

Apa Saja Perbedaan Spesifikasi Sony Xperia Z5, Spesifikasi Sony Xperia Z5 Compact dan Spesifikasi Sony Xperia Z5 Premium, benchmark Sony Xperia Z5
Baca Juga

Tak sampai seminggu setelah Sony Mobile mengumumkan harga tersebut, tersebut mereka merevisi kembali harganya melalui website resminya. Mungkin hanya kali ini harga sebuah gadget direvisi beberapa hari setelah pembukaan pre-order awalnya. Mungkin, ekspetasinya terlalu tinggi, dan ternyata tidak banyak yang memesan. Akhirnya harga ketiga Xperia termewah tersebut dipangkas nyaris 2 jutaan rupiah. Kini melalui website Sony di Eropa, Xperia Z5 Compact ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 9,5 jutaan, dan Xperia Z5 menjadi 12 jutaan Rupiah, serta Xperia Z5 Premium menjadi sekitar Rp. 14 jutaan.

Harga Xperia Z5
Harga barunya untuk wilayah Eropa…

Inilah Sony Xperia Z5! Spec Gahar, Dual SIM 4G, Layar 4K

Sony Xperia Z5! Spec Gahar, Dual SIM 4G, Layar 4K Ultra HD dan Kamera Exmor 23MP! Spesifikasi Xperia Z5 Premium, spesifikasi Xperia Z5 Compact
Baca Juga

Bisa jadi langkah Sony tersebut bukan karena respon yang kurang, atau mereka juga sadar jika menjual smartphone premium tidak semudah seperti ketika vendor seperti Xiaomi, Lenovo, Meizu atau Alcatel menggelar flash sale Android affordable 2 jutaan yang larisnya bak kacang goreng. Selain itu, hadirnya dua iPhone baru dari Apple yang harganya jika masuk ke Indonesia (melalui jalur distributor) juga sudah terendus berada di kisaran mulai Rp. 15 jutaan, akan mengacam penjualan jika ketiga keluarga Xperia tersebut tetap ditawarkan dengan harga yang sama. Bagaimana pun, pemotongan harga tersebut menurut kami masih tetap tinggi. Seharusnya, Xperia Z5 Premium ditawarkan dengan harga maksimal 10 jutaan saja, untuk memberinya nilai jual di tengah pasar niche smartphone premium.

Mungkin ini ancaman utama. iPhone 6s sudah mulai ditawarkan di Indonesia. Harga termurah Rp. 14,7 juta untuk IP6s 16GB dan 16,4 juta untuk IP6s Plus 16GB.
Mungkin ini ancaman utama. iPhone 6s sudah mulai ditawarkan di Indonesia. Harga termurah Rp. 14,7 juta untuk IP6s 16GB dan 16,4 juta untuk IP6s Plus 16GB.

Kabar lainnya, Sony Mobile diketahui memiliki trik khusus untuk meminimalkan panas berlebihan dari prosesor Snapdragon 810. Sebenarnya Qualcomm selaku produsen chipset sudah mengantisipasinya melalui Snapdragon 820, namun berhubung prosesor super tersebut baru eksis awal tahun depan, tidak ada pilihan bagi Sony jika ingin Xperia Z5 mereka tetap menjadi salah satu yang terkencang tahun ini selain menerapkan Snapdragon 810. Sedangkan solusi masalah overheat seperti yang dialami Xperia Z4 (di Jepang), yang dikenal sebagai Xperia Z3+ di wilayah lainnya, adalah dengan menerapkan dua pipa pendingin untuk menyalurkan panas prosesor ke bagian lain agar tidak terkumpul di satu titik saja. Sebelumnya, dalam Xperia Z3+ hanya ada satu pipa saja. Selain dua pipa tersebut, Sony Mobile juga melapisinya dengan thermal paste (biasa juga disebut thermal gel atau thermal compound). Cara tersebut juga diterapkan oleh OnePlus 2, yang juga sama menggunakan prosesor terpanas tahun ini.

Harga Xperia Z5
Solusi masalah overheat pada Xperia Z5. Gambar bawah menunjukkan bagian dalam Xperia Z3+ yang hanya memiliki satu pipa pendingin.

Sony Xperia Z5 bakal ditawarkan dengan warna Gold, Ice White, Graphite Black, dan Green, dan ketersediaan warna bergantung setiap wilayah pemasarannya. Dijual mulai Oktober 2015, dan ada opsi dual SIM. Semoga saja yang masuk Indonesia varian dual SIM nantinya. Xperia Z5 Compact pilihan warnanya White, Graphite Black, Coral, dan Yellow, serta juga tersedia mulai Oktober 2015, namun hanya dalam pilihan single SIM. Kemudian Sony Xperia Z5 Premium ditawarkan dengan warna Chrome, Black, dan Gold, dalam pilihan single atau dual SIM, dan mulai dijual November 2015 mendatang.


SHARE
Previous articleGak Perlu ke Amrik, Segera Hadir Disneyland di Bogor!
Next articleTGS 2015 Beberkan Empat Proyek Internasional, Game Indie dan Developer Asia Kembali Menjadi Fokus
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.