iPad Pro, Raja Segala Tablet Dirilis, Berikut yang Perlu Kalian Ketahui!

Apple-iPad-Pro-7

Setelah melalui serangkaian rumor yang muncul mulai beberapa pekan lalu, akhirnya Apple resmi meluncurkan seri iPad terbarunya dalam sebuah acara yang berlangung di Bill Graham Civic Auditorium di San Francisco, bersamaan dengan iPhone 6s, iPhone 6s Plus, Apple TV 4, dan iPad mini 4. Diatara semua yang mereka konfirmasikan, kami lebih tertarik dengan iPad Pro. Semua yang kalian kenali dari sebuah iPad terdahulu, namun kini lebih besar, dan lebih “pro.” Banyak yang menuduh Apple meniru, copycat banyak fitur dalam Microsoft Surface Pro 3 dalam iPad Pro ini. Namun di ranah gadget dewasa ini yang begitu banyak pilihannya, kesamaan fitur pasti sudah biasa. Dan jika meskipun sekadar copycat saja bisa menghadirkan produk yang lebih baik, kenapa tidak!? Berikut beberapa hal yang perlu kalian ketahui dari Apple iPad Pro.

iPad Pro – Reveal

Masih Wajarkah Disebut Sebagai Tablet?

Menggunakan layar Retine berdiagonal 12.9-inchi, iPad Pro merupakan iPad terbesar. iPad Air hanya 9.7-inchi saja. Apple sepertinya ingin memberikan identitas baru untuk keluarga iPad mereka, dengan varian pro ini duduk juga sebagai pengganti laptop. Bahkan dalam presentasi mereka, diperlihatkan aksesoris keyboard dengan ukuran full size, yang logikanya pasti senyaman keyboard pada tipikal laptop! Dengan layar sebesar itu, Apple mengajukan resolusi yang cukup tinggi agar masih layak menyebutkan sebagai Retina. Total 2732 x 2048-pixel membangun keseluruhan layarnya, dengan total 5.9 juta pixel. Bahkan MacBook Pro dengan layar Retine berdiagonal 15-inchi pun masih kalah dalam hal kepadatan pixelnya.

Bidang yang membesar juga berarti Apple mendapat keleluasaan mendistribusikan jeroan tablet besar ini. Hasilnya, ketebalannya pun masih biasa diadu dengan tablet tertipis lainnya. Hanya 6.9 mm saja. Memang kalah dibandingkan 6.1 mm pada iPad Air 2, namun kalian tidak akan merasakan bedanya. Bobotnya yang mungkin bikin capek, 713gram (untuk WiFi, dan 723 untuk yang 4G). Ok, kalian bisa berpikir kembali jika ingin menjadikannya media untuk memainkan game-game mobile.

Apple-iPad-Pro-5

Apple Kembali Mengulang Kebiasaan Lama (di Android) Untuk Sebuah Tren yang Baru

melalui iPhone 6, dan iPhone 6 Plus yang ukurannya lebih besar. Apa istimewanya, selain harga puluhan juta?
Baca Juga

Mesin Baru, 80% Lebih Kencang!

Di balik layar, kalian temukan prosesor baru, Apple A9x, yang sistemnya masih sama seperti sebelumnya, 64-bit. Chipset ini didesain sendiri oleh Apple, dan pertama kalinya juga diterapkan untuk iPad Pro. Menjadi varian dari Apple A9, diklaim kemampuan prosesnya 1.8 kali lebih kencang, dan kemampuan GPU-nya juga 2 kali lebih gegas dibandingkan pendahulunya, Apple A8X dalam iPad Air 2. Hal itu dicapai dengan cara menggandakan bandwidth memory dan kinerja storage-nya. Selama presentasi mereka, Apple juga dengan bagga menyebutkan jika iPad Pro bakal 80% persen lebih kencang dibandingkan mayoritas PC portable lainnya (dengan catatan, itu PC yang eksis tahun lalu lho ya!). Jadi seberapa cepat? Bayangkan saja, kalian bisa mengedit dalam tiga layar bersamaan secara multitask, video dengan kualitas 4K dalam aplikasi iMovie, menggunakan iPad Pro. Lihat penggalan video di bawah yang memperlihatkan opsi multitask tersebut.

Selain mesin, sektor hardware lainnya yang mungkin masih kalian pertimbangkan ketika membeli tablet sebesar ini adalah kamera. Ya, jika kalian kepikiran memotret menggunakan “telenan” raksasa ini, Apple menyediakan kamera iSight utama 8-megapixel (sama seperti iPad Air 2), yang dipadukan dengan kamera depan, biasanya disebut FaceTime, yang berkualitas HD. Oke, mungkin kalian berpikir lebih butuh kamera depan 8-megapixel untuk selfie, atau video chat, bukan yang kualitasnya hanya 1/4 dari kamera utamanya.

Apple-iPad-Pro-1

Seberapa Kuat iPhone dan Jam Tangan Terbaru Apple Dibandingkan Para Android?

... berikut kami berikan perbandingan spesifikasi yang sudah diketahui dengan Android dan Android Wear terbaru!
Baca Juga

Desain baru iPad Pro yang begitu luas ini juga memungkinkan raksasa Cupertino tersebut menempatkan empat speaker pada kedua sisinya. Bahkan output audio dari speakernya juga otomatis berubah bergantung bagaimana kalian menggenggam dan memiringkan iPad Pro. Sayang tidak disebutkan apalah pengaturan speakernya sudah surround, atau sekadar stereo ganda. iPad Pro mampu bertahan 10 jam dengan baterai 7,700-mAh jika kalian gunakan non-stop dari kondisi baterai 100%. Layarnya dengan teknologi refresh rate yang berubah-ubah, juga membantu pencapaian ketahanan baterai tersebut.

Introducing iPad Pro

Dari segi konektivitas, sepertinya masih sama dengan iPad Air 2. Ada modulBluetooth, Wi-Fiac, dan dukungan 4G LTE Cat.4 opsional. Kalian juga masih mendapatkan sensor Touch ID untuk keamanan tambahan.

Apple-iPad-Pro-6

iOS 9, Ini yang Kami Butuhkan!

Ya, software terbaru. Harus diakui Apple memang handal dalam memaksimalkan OS mobile mereka ini. Dan setiap versi baru sejauh ini tidak harus dibarengi peningkatan kebutuhan hardware yang signifikan. Kalian yang sudah naksir si bongsor ini boleh lega juga, karena Apple memastikannya hadir menggunakan iOS 9 ketika mulai dijual nanti. Ada beberapa fitur OS baru tersebut yang dimaksimalkan untuk iPad Pro, seperti multitasking yang lebih nyaman melalui mode split-screen.

Apple-iPad-Pro-2

Kumpulan Tweet Paling Lucu Mengenai iPhone 6 Plus #bendgate

Mungkin akan berhenti sampai Apple menjual iPhone 6 Plus sepaket dengan casing armor :p
Baca Juga

Membelinya Sebagai Pengganti Laptop

Desainnya yang besar juga memungkinkan Apple berpikir tablet ini bisa masuk ke ranah laptop, khususnya bagi para pengguna bisnis dan profesional. Dua aksesoris langsung disiapkan Apple, yaitu Smart Keyboard dan Apple Pencil. Smart Keyboard ini konsepnya sama seperti keyboard Surface-nya Microsoft, bisa berperan sekaligus sebagai cover, dan terhubung dengan konektor magnetic di salah satu sisi iPad Pro — oke, kalian bisa menyebutnya meniru Surface, tapi bukankah konsep cover keyboard tersebut juga sudah jamak ditemui pada tablet Android beberapa tahun lalu? Seperti cover iPad sebelumnya, Smart Keyboard juga berfungsi ganda sebagai dudukan untuk iPad Pro.

Apple-iPad-Pro-3

Apple Watch: Ini Sebuah Gadget, atau Simbol Kemewahan?

Yang jelas, bakal banyak yang membelinya hanya sebagai pelengkap dalam berbusana...
Baca Juga

Kemudian aksesoris kedua, Apple Pencil ini esensinya sebuah stylush. Pikiran kalian pasti langsung tertuju pada keluarga Galaxy Note-nya Samsung. Bentuknya juga seperti stylush kebanyakan, dipoles dengan aksen aluminum. Namun dibandingkan stylush capacitive yang banyak dijual bebas juga, yang satu ini active stylus. Didesain khusus untuk iPad Pro, kalian bisa menggunakannya menggambar beragam diagram, dan berinteraksi dengan hampir semua aplikasi bawaan iPad Pro (dokumen, email, menambahkan note ke dokumen excel dan word). Dan karena ini active stylus, ada lightning port-nya, dimana kalian bisa menghubungkannya dengan charger untuk mengisi daya.

Apple-iPad-Pro-11

Apple iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Bisa Dipesan Mulai Minggu Depan di Indonesia!

Akhirnya iPhone 6 muncul juga di Indonesia... sudah siap dengan tenda untuk antrian pembeli pertama?
Baca Juga

Jika masih bingung, apa yang membedakan active stylus adalah tingkat presisinya yang lebih tinggi dibandingkan stylush biasa. Apple Pencil juga mengenali ketika kalian memberikan tekanan pada layar, atau bahkan ketika kalian sedikit memiringkan sudut (tilt control) stylush ini selama menulis pada layar iPad Pro. Kalian juga bisa menggunakannya bersama dengan jari, dan seharusnya ada fitur lain pada layarnya untuk mengenali apakah kalian menempatkan telapak tangan atau jari di atas layar iPad Pro ini. Apple juga bekerjasama dengan Microsoft dan MS Office untuk mengoptimalkan program tersebut dengan iPad Pro dan Apple Pencil.

Apple-iPad-Pro-4

How Much untuk iPad Kekinian Ini?

Harga iPad super dan pro ini memang sudah bisa diduga, tidak akan murah! Kalian harus merogoh kocek hingga Rp. 11,5 juta untuk varian 32GB WiFi, atau Rp. 13,5 juta untuk 128GB WiFi, dan hingga Rp. 15,5 jutaan untuk yang storage-nya 128GB, dan koneksinya mendukung WiFi serta 4G LTE. Pilihan warnanya silver, gold, dan space grey. Kemudian aksesoris Smart Keyboard-nya ditawarkan dengan harga Rp. 2,5 jutaan, serta pensil yang keren itu dijual Rp. 1,4 jutaan oleh Apple. Kapan semuanya mulai tersedia? November 2015 mendatang.

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleMegabot Galang Dana Rp 6,9 Miliar untuk Pertarungan Robot!
Next articleIni Dia Trailer Jessica Jones, Serial Netflix Terbaru dari Marvel!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.