TGS 2015 Beberkan Empat Proyek Internasional, Game Indie dan Developer Asia Kembali Menjadi Fokus

tgs 2015 SCE

Tokyo Game Show merupakan salah satu even yang diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka mempromosikan hasil karya terbaru atau yang akan segera rilis dari para pengembang game, baik berupa software maupun hardware. Even yang mulai diselenggarakan sejak tahun 1996 ini dipersembahkan oleh Nikkei Business Publications, Inc dan Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA). Duniaku.net sendiri juga kembali mendapatkan kehormatan menjadi Media Partner resmi event tersebut.

Untuk tahun ini, Tokyo Game Show 2015 bakal diselenggarakan mulai 17 hingga 20 September 2015 mendatang. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, dua hari awal event digunakan untuk kalangan bisnis. Sedangkan dua hari sisanya dibuka untuk umum. Kalian yang berniat untuk datang ke salam satu event game tertua tersebut, pastikan untuk tidak melewatkan empat proyek internasional yang juga menjadi fokus TGS 2015 ini.

TGS 2015 Buka Pendaftaran Sesi Bisnis, Dapatkan Ilmu dari Pencipta Yokai Watch

Selain pencipta Youkai Watch beberkan bagaimana membuat franchise yang disukai pasar sekaligus eksekutif perusahaan, TGS 2015 juga diramaikan tiga vendor video streaming dunia - Twitch, YouTube dan niconico!
Baca Juga

Pertama adalah Indie Game Area, yang diperkenalkan sejak tahun 2013 lalu. Sesuai namanya, dikhususkan untuk developer game independent di seluruh dunia yang memamerkan game-game indie mereka yang terkenal kreatif dan orisinal. Terbagi berdasarkan profesional, amatir, perusahaan atau individu, serta juga darimana mereka berasal. Total terdaftar 216 developer dari seluruh dunia yang mendaftar dan memanfaatkan area indie ini. Namun setelah diadakan proses seleksi, hanya 69 developer game independen dari 18 negara/wilayah yang terpilih sebagai peserta di stage ini.

Stage kedua adalah Sense of Wonder Night 2015 (SOWN 2015), yang diadakan di TGS sejak tahun 2008. Tujuan diadakannya SOWN adalah untuk mendorong lahirnya ide-ide game baru yang mampu mengejutkan siapa pun, dan memberikan “Sense of Wonder” yang bisa memberi wawasan pada mereka yang menghadiri stage ini, langsung setelah melihat atau mendengar konsep yang dipresentasikan. SOWN 2015 telah memasuki tahun kedelapan, dan tercatat ada 100 peserta yang mendaftar yang disaring dan menghasilkan 10 finalis dari 8 negara yang mempresentasikan ide-ide baru mereka.

Berlangjut ke stage ketiga adalah Asia New Stars Area, yang dibuka sejak 2012. Di sini kalian bisa berkenalan dengan perusahaan baru yang terjun ke tengah industri game. Yang terpilih juga hanya perusahaan game berkembang di Asia yang menjanjikan. Tahun ini terpilih 35 perusahaan dari 9 negara.

Dan proyek keempat adalah International Party, yang eksis sejak tahun 2007, serta Indie Night. International Party tahunan ini ditujukan untuk peserta pameran dari luar negeri, dan bertujuan untuk memperluas undangan kepada peserta di Indie Game Area dan para presenter SOWN 2015. Diharapkan ada interaksi global terjadi di sini, yang disajikan dalam suasana casual.

Selain keempat tersebut, masuk ke dalam proyek internasional yang diadakan penyelenggara adalah “Cyber Games Asia,” “Cosplay Collection Night @ TGS” dan “Tokyo Otaku Mode Live Stream Hut” untuk peserta luar negeri.

Hingga 9 September kemarin, jumlah peserta luar negeri telah mencapai rekor 246 peserta, dibandingkan 204 selama TGS 2014 lalu. Dengan menawahnya pasar game Asia, TGS 2015 mekin memikat perhatian dari peserta luar negeri.

Sumber


SHARE
Previous articleAkibat iPhone 6s Muncul, Harga Xperia Z5 Langsung Turun 2 Jutaan!
Next articleChemCaper, RPG Edukasi Kimia Pertama di Dunia, Unjuk Gigi Selama TGS 2015
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.