Samsung Galaxy J5, Fitur Galaxy Note 5 dan S6 Edge+ di Harga 2 Jutaan!

Samsung-Galaxy-J5-19

Akhir Januari 2015 lalu, Samsung mengkonfirmasikan Galaxy baru, yang sepertinya bakal menjadi awal line-up Galaxy baru mereka untuk kelas bawah. Diawali dengan Samsung Galaxy J1, yang kemudian disusul dengan Galaxy J3, Galaxy J5 dan Galaxy J7. Galaxy J1 sendiri sudah dirilis Maret 2015 lalu, dan seperti yang sudah banyak diperkirakan sebelumnya, memang spesifiksinya tidak terlalu mengagetkan. Prosesor dual-core, RAM 512MB, layar 4.3-inchi, sepertinya memang ok untuk ukuran Samsung di harga 1,6 juta Rupiah.

Ini Smartphone Inovatif dari Samsung yang Bikin Selfie Lebih Asyik

Android Lollipop termurah Samsung yang telah memiliki koneksi 4G LTE, ada fitur dual SIM yang fleksibel, kapasitas baterai besar dan irit, bahkan kamera selfie-nya dilengkapi LED flash. Benar-benar pilihan yang worth it!
Baca Juga

Namun saat itu Galaxy J1 muncul di saat yang kurang tepat. Ketika pasar mulai aware dengan pentingnya spesifikasi hardware, sterotip bahwa Android dengan RAM 512MB itu sudah tidak memadai, serta juga membutuhkan smartphone yang mampu digunakan untuk internetan di jalur 4G LTE (mengingat internet di jaringan 4G LTE juga gencar digaungkan operator di media sosial, cetak dan televisi), banyak vendor lainnya menawarkan pilihan yang terjangkau dan value-for-money tinggi di harga yang nyaris sama, plus, bahkan sudah bisa meneerima kartu SIM yang mendukung koneksi 4G LTE.

Samsung sepertinya sadar akan hal itu, dan mereka sigap menyerang balik dengan segera menjual Galaxy J5 dan Galaxy J7 tak sampai setengah tahun setelah Galaxy J1 muncul. Kedua Galaxy seri J tersebut identik satu-sama-lain, khsusnya dari segi desain, dan sama-sama membawa fitur unggulan seri di atasnya, dengan harga yang sangat terjangkau. Ulasan kami kali ini terfokus pada Galaxy J5, yang ditawarkan dengan kombinasi hardware seimbang, serta banyak kelebihan diajukan untuk target pasar yang disasar Galaxy J5. Simak saja spesifikasi yang diajukan Samsung untuk Android yang dibanderol dengan harga Rp. 2,799,000 ​ini:

Samsung-Galaxy-J5-20

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

  • Prosesor: 64-bit Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, dengan 4 core Cortex-A53 yang kecepatannya 1.2 GHz, GPU Adreno 306
  • Memory: 1.5GB RAM, jika ada yang mengatakan RAM 1FB untuk Android kurang untuk saat ini, Galaxy J5 sudah mengantisipasinya dengan kapasitas 1.5GB
  • Penyimpanan: 8GB, microSD hingga 32GB, serta memiliki dukungan USB OTG jika kalian ingin menghubungkan flash disk dan dibaca melalui Galaxy J5. Berguna untuk memindah file dari PC ke Galaxy J5 secara praktis.
  • Layar: Super AMOLED 5-inchi, 720×1280, kerapatan pixel 293-ppi
  • OS: Android 5.1.1 Lollipop, kalian sudah tidak perlu berharap cemas menunggu datangnya update software, karena Samsung langsung memaketkannya dengan tipe Android tertinggi saat ini.
  • Kamera utama: 13-megapixels CMOS BSI sensor, bukaan lensa f/1.9, auto focus, flash LED, merekam video maksimal dengan kualitas Full HD 1920 x 1080-pixel, kualitas yang sudah sangat tinggi dan memadai untuk dilihat melalui layar HDTV
  • Kamera selfie / sekunder: 5-megapixel, wide-angle 85°​, flash LED, dan juga sama, mampu merekam video maksimal dengan kualitas Full HD 1920 x 1080-pixel. Video selfie kalian pun tampil sebaik kamera utamanya.
  • Jaringan: Dual SIM GSM, 4G LTE dengan koneksi LTE Cat. 4
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, USB 2.0, GPS dengan A-GPS dan GLONASS
  • Baterai: 2,600 mAh, bebas dilepas, bebas diganti. Poin plus lagi, mengingat terkadang kami menemukan masalah dengan OS Android yang hang / freeze, cara termudah mengatasinya adalah dengan mencabut dan memasang ulang baterai. Cara tersebut juga mampu membuat sistem Android-nya mengalami refresh, dan lebih ringan ketika dijalankan ulang. Untuk men-charge baterainya, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 3 jam menggunakan charger 5V/2Ayang dipaketkan Samsung saat membelinya.
  • FM Radio: Fitur ini bahkan tidak dimiliki tipe flagship Samsung Galaxy.
  • Dimensi: 142.1 x 71.8 x 7.9 mm
  • Berat: 146 g

Layar Kelas Atas

Samsung-Galaxy-J5-10

Penulis menyebut spesifikasi yang ditawarkan sangat seimbang, karena sepertinya Samsung ingin menjaring banyak pengguna Android yang memang sudah aware dengan kualitas hardware yang digunakan. Sebut saja melalui layar Super AMOLED-nya, yang biasanya hanya diberikan Samsung untuk Galaxy varian teratasnya. Layar yang dikenal dengan karakteristik level kontras yang sangat tinggi tersebut membuat warna obyek pada layar menjadi kelihatan lebih hidup. Super AMOLED juga dikenal memiliki tingkat keterbacaan yang baik ketika digunakan di luar ruangan, selama mendapat paparan cahaya matahari. Level warna hitam yang begitu dalam pada layar Super AMOLED juga nyaman di mata, seperti mengurangi capek ketika kalian melihat tampilan pada layar di kondisi ruangan dengan pencahayaan minim. Layar Super AMOLED pun juga memiliki ciri hemat energi baterai, khususnya ketika kalian menggunakan tampilan / gambar dengan latar warna hitam, mengingat warna hitam dalam Super AMOLED tidak membutuhkan bantuan pencahayaan agar terlihat mata. Selain itu, sudut pandang agar masih bisa jelas melihat layarnya pun cukup lebar. Hanya saja dengan resolusi yang masih HD, kepadatan pixel-nya tidak akan terlalu fantastis pada bidang berdimensi 5-inchi. Sayangnya, tidak seperti Galaxy kelas lainnya yang layar Super AMOLED-nya memiliki pengaturan profil (misalnya, AMOLED cinema, photo atau basic), untuk Galaxy J5 tidak ada pengaturan semacam itu. Tampilan Super AMOLED-nya diperlihatkan dalam kondisi default.

Lanjut ke halaman 2….

1
2
3
4
5
6

SHARE
Previous articleSemua yang Perlu Kamu Ketahui dari iPhone 6s dan 6s Plus
Next articleRie Fu Akan Adakan Konser di Jakarta dengan Tiket Terbatas
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.