Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

X-Tactics-1

Tokyo Game Show merupakan salah satu event yang diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka mempromosikan hasil karya terbaru atau yang akan segera rilis dari para pengembang game, baik berupa software maupun hardware. Even yang mulai diselenggarakan sejak tahun 1996 ini dipersembahkan oleh Nikkei Business Publications, Inc dan Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA). Duniaku.net sendiri juga kembali mendapatkan kehormatan menjadi Media Partner resmi event tersebut.

X-Tactics-3

TGS 2015 Menjadi Surganya Gamer, 800 Game Baru Siap Dimainkan

TGS 2015 Menjadi Surganya Gamer, 800 Game Baru Siap Dimainkan, review TGS 2015, cosplay TGS 2015, gambar TGS 2015, video TGS 2015, liputan TGS 2015
Baca Juga

Untuk tahun ini, Tokyo Game Show 2015 bakal diselenggarakan mulai 17 hingga 20 September 2015 mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, dua hari awal event digunakan untuk kalangan bisnis. Sedangkan dua hari sisanya dibuka untuk umum. Dan melihat dari begitu banyaknya judul yang didemokan publisher Jepang selama E3 2015 Juni 2015 lalu, kami menduga TGS 2015 ini juga sama menariknya. Terutama untuk game-game indie, yang sudah diketahui jika developer pesertanya membengkak untuk tahun ini.

X-Tactics-4

Salah satu yang menarik adalah X-Tactics (baca: Cross-Tactics). Seperti Pokémon GO, RPG dengan setting perkotaan ini menggunakan lokasi pemain memanfaatkan fitur GPS, serta juga dipengaruhi oleh cuaca di dunia nyata, bakal didemokan selama Tokyo Game Show 2015. Game mobile untuk Android dan iOS tersebut (serta juga masih direncanakan untuk PS Vita dan 3DS) dikembangkan oleh Gamkin Inc., yang berpusat di Shibuya Tokyo. Selama TGS 2015 mereka menyediakan demo playable-nya untuk mobile dan juga versi PC, yang untuk pertama kalinya diperlihatkan ke publik. X-Tactics / Cross-Tactics ini bakal dirilis sebagai game episodic, dan memanfatakan lokasi kalian selama memainkannya.

X-Tactics-7

X-Tactics-6
Kalian harus keluar rumah untuk memainkannya, karena GPS dan lokasi sekitar bakal berpengaruh selama permainan.

Gameplay berjalan seperti tipikal Tactical RPG lainnya, yang memadukan gameplay tactical dengan elemen action. Sementara GPS yang dimiliki smartphone kalian bakal berguna mendukung selama eksplorasi perkotaan dan menarik data cuaca yang saat ini terjadi, pengaruh pergantian siang dan malam, hingga fase bulan, serta karena menggunakan data dari dunia nyata, kalian bakal merasakan efek augmented reality-nya, seakan-akan semua kejadian terjadi di sekitarmu (ya, kalian dipaksa keluar rumah, karena memang pengalaman bermainnya juga berbasis lokasi).

X-Tactics-13

Setting dunianya sendiri mengangkat mengenai legenda urban, hingga teori konspirasi. Sepertinya berhubungan dengan eksistensi alien dan juga organisasi Illuminati. Lihat saja beberapa nama karakternya di atas. Ada jaksa Illuminati bermata satu serta juga simbol organisasi Illuminati menutupi sebelah matanya. Ada juga alien dan agen rahasia, yang mengingatkan kami pada Man in Black. Atau, pria bernama Lazarus berjulukan Immortal, yang juga pasti berhubungan dengan salah satu figur Kitab Suci, mengenai seorang pria yang bangkit dari kematiannya. Sepertinya berat ya temanya. Mungkin hal itu disebabkan tim dibalik X-Tactics ini yang berasal dari beberapa studio game yang sudah tenar dengan genre RPG-nya, seperti Square Enix, Capcom dan Sega.

X-Tactics-5 X-Tactics-8 X-Tactics-9 X-Tactics-12

Ya, tim pengembangnya disebutkan berasal dari developer besar tersebut. Mereka mengaku mengambil beberapa unsur dari Valkyria Chronicles dan Street Fighter, mewakili gameplay action-nya, untuk gameplay X-Tactics ini. Tahun lalu, untuk mendukung pengembangnnya, developer menggelar kampanye crowfunding melalui Indiegogo. Target 142,5 juta rupiah pun terlampui hampir dua kali lipatnya. Berikut penjelasan fitur X-Tactics melalui press-release Gamkin.

X-Tactics-11

X-Tactics Features

  • ① A unique Anime-like setting that combines urban-legends & conpiracy theories
  • ② Episodic story-line, with new chapters added every week
  • ③ Hunt for treasure and critters nearby using location-based technology such as GPS
  • ④ Real World Weather, Temperature, Moon phases, etc… directly affects combat
  • ⑤ Original Active-Turn Based Tactical RPG system
  • ⑥ Augmented Reality features that enhance gameplay and immersion

X-Tactics, Urban Tactical RPG

X-Tactics, NWO Conspiracy RPG. GAMKIN

Sumber (2) (3)


SHARE
Previous articleLihat Lucunya Reaksi Orang Barat Ketika Mencicipi Makanan Indonesia! (Video)
Next articleApple Pencil Diumumkan, Netizen Sindir Habis-Habisan!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.