Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

Bertambah lagi game augmented reality yang mewujudkan konsep Sword Art Online di dunia nyata. Setelah Pokémon GO bikin heboh, kini ada X-Tactics. Bukan berburu monster, kalian memburu alien dan organisasi Illuminati!

Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

Tokyo Game Show merupakan salah satu event yang diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka mempromosikan hasil karya terbaru atau yang akan segera rilis dari para pengembang game, baik berupa software maupun hardware. Even yang mulai diselenggarakan sejak tahun 1996 ini dipersembahkan oleh Nikkei Business Publications, Inc dan Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA). Duniaku.net sendiri juga kembali mendapatkan kehormatan menjadi Media Partner resmi event tersebut.

Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/09/X-Tactics-4.jpg">Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

Salah satu yang menarik adalah X-Tactics (baca: Cross-Tactics). Seperti Pokémon GO, RPG dengan setting perkotaan ini menggunakan lokasi pemain memanfaatkan fitur GPS, serta juga dipengaruhi oleh cuaca di dunia nyata, bakal didemokan selama Tokyo Game Show 2015. Game mobile untuk Android dan iOS tersebut (serta juga masih direncanakan untuk PS Vita dan 3DS) dikembangkan oleh Gamkin Inc., yang berpusat di Shibuya Tokyo. Selama TGS 2015 mereka menyediakan demo playable-nya untuk mobile dan juga versi PC, yang untuk pertama kalinya diperlihatkan ke publik. X-Tactics / Cross-Tactics ini bakal dirilis sebagai game episodic, dan memanfatakan lokasi kalian selama memainkannya.

Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati Kalian harus keluar rumah untuk memainkannya, karena GPS dan lokasi sekitar bakal berpengaruh selama permainan.[/caption]

Gameplay berjalan seperti tipikal Tactical RPG lainnya, yang memadukan gameplay tactical dengan elemen action. Sementara GPS yang dimiliki smartphone kalian bakal berguna mendukung selama eksplorasi perkotaan dan menarik data cuaca yang saat ini terjadi, pengaruh pergantian siang dan malam, hingga fase bulan, serta karena menggunakan data dari dunia nyata, kalian bakal merasakan efek augmented reality-nya, seakan-akan semua kejadian terjadi di sekitarmu (ya, kalian dipaksa keluar rumah, karena memang pengalaman bermainnya juga berbasis lokasi).

Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

Setting dunianya sendiri mengangkat mengenai legenda urban, hingga teori konspirasi. Sepertinya berhubungan dengan eksistensi alien dan juga organisasi Illuminati. Lihat saja beberapa nama karakternya di atas. Ada jaksa Illuminati bermata satu serta juga simbol organisasi Illuminati menutupi sebelah matanya. Ada juga alien dan agen rahasia, yang mengingatkan kami pada Man in Black. Atau, pria bernama Lazarus berjulukan Immortal, yang juga pasti berhubungan dengan salah satu figur Kitab Suci, mengenai seorang pria yang bangkit dari kematiannya. Sepertinya berat ya temanya. Mungkin hal itu disebabkan tim dibalik X-Tactics ini yang berasal dari beberapa studio game yang sudah tenar dengan genre RPG-nya, seperti Square Enix, Capcom dan Sega.

Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

Ya, tim pengembangnya disebutkan berasal dari developer besar tersebut. Mereka mengaku mengambil beberapa unsur dari Valkyria Chronicles dan Street Fighter, mewakili gameplay action-nya, untuk gameplay X-Tactics ini. Tahun lalu, untuk mendukung pengembangnnya, developer menggelar kampanye crowfunding melalui Indiegogo. Target 142,5 juta rupiah pun terlampui hampir dua kali lipatnya. Berikut penjelasan fitur X-Tactics melalui press-release Gamkin.

Pesaing Pokémon GO, Augmented Reality X-Tactics Ajak Kalian Berburu Illuminati

X-Tactics Features

  • ① A unique Anime-like setting that combines urban-legends & conpiracy theories
  • ② Episodic story-line, with new chapters added every week
  • ③ Hunt for treasure and critters nearby using location-based technology such as GPS
  • ④ Real World Weather, Temperature, Moon phases, etc… directly affects combat
  • ⑤ Original Active-Turn Based Tactical RPG system
  • ⑥ Augmented Reality features that enhance gameplay and immersion

X-Tactics, Urban Tactical RPG

X-Tactics, NWO Conspiracy RPG. GAMKIN

Sumber (2) (3)

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU