Lihat Hume dan Elvaan Berwujud Mini dalam Final Fantasy Grandmasters

Final-Fantasy-Grandmaster-1

Final Fantasy XI Belum Usai, Bisa Dimainkan Melalui Android dan iPhone

Main MMORPG sekelas Final Fantasy XI melalui Android atau iPhone? Bisa! Square Enix mewujudkannya!
Baca Juga

Akhir Maret 2015 lalu, Square Enix mengkonfirmasikan Vana’diel Project, sebuah proyek yang terdiri dari tiga langkah baru untuk Final Fantasy XI, yang mulai memasuki tahun ke 14 mulai Mei 2015 lalu. Kalian pemain MMORPG Final Fantasy XI pasti mengenal Vana’die, dunia fiksi yang menjadi setting utama Final Fantasy XI. Dengan konfirmasi proyek baru ini, Square Enix berusaha meluaskan game mereka tersebut, untuk memuaskan para penggemarnya selama beberapa tahun ke depan. Proyek tersebut antara lain, dirilisnya Final Chapter Final Fantasy XI, “Rhapsodies of Vana’diel,” kemudian disiapkannya proyek Final Fantasy XI Mobile yang menjadi hasil kolaborasi Square Enix dengan Nexon, serta yang ketiga adalah Final Fantasy Grandmasters. Menjelang TGS 2015, atau setengah tahun sejak kofirmasikan pertamanya, Square Enix akhirnya memberikan update untuk Final Fantasy Grandmasters tersebut. Berikut trailer pertamanya, yang memperlihatkan versi mini dari para ras Final Fantasy XI, termasuk di sana ada Hume, Elvaan, Tarutaru, Mithra, dan Galka,

Final Fantasy Grandmasters

Final-Fantasy-Grandmasters-

Bergantung dari cara memandangnya, kalian boleh bernafas lega, karena game untuk iOS dan Android ini bakal ditawarkan gratis, free-to-play (dengan dukungan micro-transaction tentunya). Dan tentu saja, karena menjadi bagian Vana’diel Project yang identik dengan dunia online Final Fantasy XI, kalian mutlak harus terhubung ke internet selama memainkan RPG ini. Dalam game ini kalian bisa bertualang dengan pemain lainnya, berinteraksi melalui fitur chat dan emotion, menjalankan quest yang susah bersama-sama, dan bertarung co-op secara real-time. Class yang playable seperti Elvaan, Galka, Hume, Mithra, dan Tarutaru. Pendaftaran awal untuk bisa memainkannya bisa kalian lakukan dengan masuk ke website resmi Final Fantasy Grandmasters. Game ini bakal dirilis melalui App Store dan Google Play di Jepang akhir tahun 2015 ini.

Final-Fantasy-Grandmasters1

Beberapa hal lainnya yang bisa kami gali dari game ini antara lain:

  • Konsep di balik alah satu judul baru Vana’diel Project ini adalah memungkinkan penggemar Final Fantasy XI terus menjelajahi dunia Vana’diel dengan teman, dalam penyajian yang lebih ringan ala game mobile.
  • Square Enix mengembangkannya bersama-sama Crooz Inc., (developer Knights of Avalon).
  • Dalam Final Fantasy Grandmasters, kalian bisa memilih job yang sudah dikenal sebelumnya, dan juga memilih dari beragam equipment untuk dikustomisasi, dilatih, dan dikembangkan karakter orisinalnya dari pilihan yang ada.
  • Disebutkan untuk pertarungannya, mengajukan pertarungan cooperative yang real-time, dimana pemain bisa saling berkomunikasi dengan rekan-rekannya, sembali bertarung mengalahkan musuh, dan mendukung karakter lain selama bertarung.
  • Meskipun bermain secara co-op menjadi tema utamanya, namun kalian bisa juga bermain solo.

Final-Fantasy-Grandmasters2

  • Kalian menemukan beragam daratan seperti Final Fantasy XI, dan meskipun tidak seluas daratan dalam game konsol / PC tersebut, kalian masih bisa berkomiunikasi dan menggunakan emoticon dengan pemain lain.
  • Monster dalam versi mobile ini juga beragam, diambil dari Final Fantasy XI, dan juga ada banyak ability dari versi PC/konsolnya yang ditransfer ke sini.
  • Ada berbagai jenis equipment yang bisa dikumpulkan, mulai berbagai bagian untuk head, body, arms, dan leg.
  • Sudah ada petunjuk jika kalian bebas menjelajahi Vana’diel menggunakan pesawat.
  • Beta test sudah berlangsung Mei lalu, di bawah ada video impresi selama masa betanya.

Final Fantasy Grandmasters – Teaser

Final Fantasy Grandmasters – Battle Music

Final Fantasy Grandmasters – Beta Test

Tokyo Game Show merupakan salah satu event yang diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka mempromosikan hasil karya terbaru atau yang akan segera rilis dari para pengembang game, baik berupa software maupun hardware. Even yang mulai diselenggarakan sejak tahun 1996 ini dipersembahkan oleh Nikkei Business Publications, Inc dan Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA). Duniaku.net sendiri juga kembali mendapatkan kehormatan menjadi Media Partner resmi event tersebut.

Final-Fantasy-Grandmasters3

Untuk tahun ini, Tokyo Game Show 2015 bakal diselenggarakan mulai 17 hingga 20 September 2015 mendatang, masih sama di Makuhari Messe, yang berlokasi di prefektur Chiba, Tokyo. Seperti tahun-tahun sebelumnya, dua hari awal event digunakan untuk kalangan bisnis. Sedangkan dua hari sisanya dibuka untuk umum. Dan melihat dari begitu banyaknya judul yang didemokan publisher Jepang selama E3 2015 Juni 2015 lalu, kami menduga TGS 2015 ini juga sama menariknya.

Sumber


SHARE
Previous articleSetelah Bergelut dengan Pokémon, Tatsumi Kimishima Ditunjuk Menjadi CEO Nintendo
Next articleIni Dia Daftar Game yang Dibawa Square Enix di TGS 2015!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.