Setelah Bergelut dengan Pokémon, Tatsumi Kimishima Ditunjuk Menjadi CEO Nintendo

Tatsumi-Kimishima-1

Bersamaan dengan ulang tahun tukang ledeng legendaris Mario yang ke-30, Nintendo mengumumkan pejabat baru di jajaran direksi mereka, yang menduduki posisi director dan president, pasca wafatnya Saturu Iwata 11 Juli 2015 lalu. Tatsumi Kimishima, yang bergabung dengan The Pokemon Company pada tahun 2000 lalu, yang kemudian dipindah ke Nintendo of America tahun 2002, serta menjadi director dan chairman Nintendo of America pada tahun 2006, kini menggantikan peran mendiang Iwata sebagai CEO Nintendo yang baru.

Selain itu, Nintendo juga mengumumkan beberapa peran direktur yang berganti. Genyo Takeda kini menduduki posisi Technology Fellow, selain juga menjadi general manager untuk Integrated Research and Development Division. Kemudian Shigeru Miyamato menjadi Creative Fellow-nya Nintendo, selain perannya sebagai general manager Entertainment Analysis & Development Division.

  • Genyo Takeda: Technology Fellow*
  • Shigeru Miyamoto: Creative Fellow*
  • Shigeyuki Takahashi: General Manager, Finance, Administration Division Supervisor of General Affairs Division In charge of Quality Assurance Department
  • Satoshi Yamato: General Manager, Marketing Division In charge ofAdvertising Department
  • Shinya Takahashi: General Manager, Entertainment Planning & Development Division Supervisor of Business Development Division, Development Administration & Support Division

Tatsumi-Kimishima-2

Fellow sendiri merupakan sebutan untuk seseorang yang dipilih diantara para Direktur Perwakilan yang memiliki pengetahuan lebih dan pengalaman luas, serta memegang pereanan dalam memberikan saran dan petunjuk mengenai operasional khusus perusahaan. Istilah fellow sendiri baru muncul setelah Nintendo melakukan revisi besar-besaran dari struktur perusahaan mereka pada 16 September lalu.

Tatsumi-Kimishima-3

Nintendo Mobile Games Bareng DeNA Membuat Nilai Saham Meroket!

Semoga langkah ini mampu mengembalikan kejayaan Nintendo yang sempat dicapai di era Nintendo Wii.
Baca Juga
Nama Tatsumi Kimishima mungkin terdengar asing di telinga kalian, bahkan para gamer yang mengaku penggemar Nintendo sekalipun. Sebelum bergabung dengan Nintendo, dia bekerja selama 27 tahun untuk Sanwa Bank of Japan, dan menangani bidang corporate planning, international business development, corporate communication sampai promosi.

Sejauh ini, dia berada di posisi managing director di Nintendo, mengawasi divisi sumber daya manusia. Perannya mungkin jauh dari kata video game, ya!? Bahkan game Pokémon yang dirilis selama masa kepemimpinannya hanya Pokémon Gold and Silver serta Pokémon Crystal untuk Game Boy Color. Namanya pun mendapatkan credit hanya untuk beberapa game Nintendo saja, seperti seri Mario Golf dan Mario Party. Namun kembali pada aspek senioritas serta juga pengalaman (walaupun dia bukan seorang gamer seperti Iwata), Kimishima sudah bergabung dengan Nintendo sejak tahun 2000 lalu, dan Kimishima juga pernah menjabat sebagai Chief Financial Officer untuk Pokémon Company, president dari Pokémon USA, dan president Nintendo of America. Nintendo sangat yakin akan pengalamannya tersebut.

Tatsumi-Kimishima-4

Wii U Menjadi Masa Depan Game Nintendo NX, Bukan 3DS!

Nintendo ingin seperti iOS dan Android, tiap tahun bisa muncul mesin game baru ber-merk Nintendo!
Baca Juga

Hanya saja saat ini Kimishima mendapatkan jabatan barunya (masih) di tengah masa sulit Nintendo. Mulai dengan perjuangan Wii U dalam mempertahankan eksistensinya, kemudian handheld 3DS juga seharusnya sudah tiba waktunya diperbarui, serta yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan, Nintendo mulai serius menggeluti pasar game mobile melalui Pokémon GO. Selain itu, saat ini Nintendo juga masih dalam proses pengembangan konsol misterius baru yang disebut Nintendo NX, yang lahir di tengah masa kepemimpinan Iwata, dan kami yakin juga pasti ada pemikiran Iwata di sana. Kini dengan Kimishima melanjutkan estafet dengan lintasan yang panjang ini, Nintendo sadar tugasnya bakal berat, sehingga menunjuk Miyamoto dan Takeda sebagai “Creative Fellow” dan “Technology Fellow” untuk membantunya.


SHARE
Previous articleSiapkan Baterai Smartphone, Dragon Quest VII Dirilis untuk iPhone dan Android
Next articleLihat Hume dan Elvaan Berwujud Mini dalam Final Fantasy Grandmasters
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.