PlayStation VR, Gadget Wajib Buat yang Udah Kebelet Masuk Dunia Sword Art Online

PlayStation VR 4

Summer Lesson Didemokan! Jombloers Patut Waspada, atau Bakal Jones Selamanya

Jones, jauhi artikel ini, tidak aman bagi kalian mengetahui apa sebenarnya yang ada di dalam! Jika bersikeras masuk, jangan sampai salah fokus!
Baca Juga

Bagi kalian yang pernah menonton serial anime Sword Art Online, dalam anime tersebut kita dapat melihat karakter utama masuk ke dalam game dengan menggunakan alat seperti helm. Sebelumnya, hal seperti itu sepertinya tidak mungkin ada, namun kini menjadi mungkin setelah teknologi virtual reality dikembangkan. Salah satu perangkat virtual reality dikembangkan oleh Sony Computer Entertainment, yang mereka sebut sebagai PlayStation VR. Apa sebenarnya PlayStation VR? Simak ulasan berikut ini!

PlayStation-VR-2

Sony Computer Entertainment baru saja mengumumkan PlayStation VR sebagai nama untuk Virtual Reality Headset yang akan mereka rilis mulai pertengahan tahun 2016 mendatang. Sebelumnya PlayStation VR diberi nama Project Morpheus. Namun kini kode nama itu tinggal nama saja, karena julukan resminya baru saja diumumkan selama SCEJA Press Conference 2015, menjelang TGS 2015. Begitu pula melalui akun Twitter resmi PlayStation yang mengatakan “It’s official: Project Moroheus is now PlayStation VR!

Hal tersebut tentu mendapatkan respon dan animo yang cukup besar dari para gamer. Para konsumen telah menunggu hal ini cukup lama sejak pertama kali diungkapkan pada Maret 2014 lalu di Amerika dalam acara Game Developers Conference. PlayStation VR sendiri merupakan suatu sistem virtual reality yang sangat unik. Bagaimana tidak, teknologi ini menggabungkan PlayStation 4 dengan PlayStation Camera sehingga memungkinkan para pemain menikmati berbagai konten dan game secara maksimal.

Project-Morpheus

Hore, PS4 Turun Harga Mulai 1 Oktober di Indonesia!

Gak main-main, harganya dipangkas Rp 1 juta dari harga awalnya! Saat yang tepat beli?
Baca Juga

Masayu Ito selaku executive vice president, division president dari PlayStation bisnis psoduk yang juga merangkap sebagai vice president dari divisi sofware design menjelaskan bahwa “Nama PlayStation VR bukan hanya mengungkapkan pengalaman baru dari PlayStation, tapi juga memberikan para pemain pengalaman secara fisik untuk turut merasakan dunia virtual dalam game tapi juga merefleksikan harapan kami agar para pemain merasakan sensasi dan menikmati pengalaman yang luar biasa hebat. Kami akan terus menyempurnakan perangkat keras ini dari berbagai asoek, kami juga bekerjasama dengan developer dan publisher sebagai pihak ke-3 dan juga SCE Studio di seluruh dunia dalam rangka memberikan konten dan pengalaman menarik yang hanya akan dapat dibuat dengan PlayStasion VR”

Chris Kohler tries out Sony's Project Morpheus VR headset at GDC 2014. Photo: Josh Valcarcel/WIRED

Gawat! Demo Summer Lesson Dirilis, Populasi Jombloers Bisa Meningkat Pesat!

Jones, jauhi artikel ini, tidak aman bagi kalian mengetahui apa sebenarnya yang ada di dalam!
Baca Juga

Ketika parapemain menggunakan VR di kepala mereka (seperti kacamata renang), nantinya dunia virtual game akan muncul tepat di depan mata para pemain. Sehingga ketika kepala berputar kekanan atau ke kiri. Dunia virtual dalam game juga akan berputar secara alami. Dengan memanfaatkan teknologi 3d audio yang unik dan dikembangkan oleh SCE, para pemain dapat merasakan sensasi yang lebih nyata ketika bermain game. Selanjutnya, dengan menggunakan PlayStation Move (PS Move) Motion Controller atau Wireless Controler, para pemain dapat menjelajahi dunia virtual , berinteraksi dengan karakter dalam game, dan menjadi main karakter dengan lebih real seolah-olah mereka benar-benar masuk dalam dunia game. Siapa yang tidak mau mencoba teknologi mutahir seperti ini.

PlayStation-VR-1

Selama TGS 2015 ini, beberapa demo PlayStation VR sudah disiapkan Sony Computer Entertainment. Seperti misalnya, Danganronpa VR, Final Fantasy XIV Online, Hatsune Miku: VR Tech Demo, Aquarion Evol, RIGS: Mechanized Combat League, Dynasty Warriors 8: VR Demo, Kitchen, The Playroom VR, Joysound VR, dan tentu saja yang banyak ditunggu, Summer Lesson.

PlayStation VR Trailer

Meskipun sepertinya PlayStation VR ini akan menarik banyak massa gamer, Sony masih tetap harus menghadapi para kompetitor, seperti Facebook yang memiliki Oculus Rift, HTC Corp dengan Vive-nya, dan Samsung yang memiliki Gear VR. Mereka juga dikabarkan sedang gencar mengembangkan teknologi virtual. Facebook inc dikabarkan akan segera membuat Virtual Reality untuk smartphone dengan aplikasi vido yang dapat berdiri sendiri dan mampu merekam 3600. Entah seperti apa teknologi ini nantinya. Yang jelas kemunculan PlayStation VR memberikan angin segar dan pengalaman baru untuk para gamer.

Spesifikasi PlayStation VR

Product name PlayStation®VR
Component Processor unit, VR headset
Display Method OLED
Panel Size 5.7 inches
Panel Resolution 1920×RGB×1080 (960×RGB×1080 per eye)
Refresh rate 120Hz, 90Hz
Field of View Approximately 100 degrees
Sensors Accelerometer, Gyroscope
Connection interface HDMI + USB
Function 3D audio, Social Screen

Bagaimana, jika PlayStation VR telah di rilis apa kamu tertarik untuk membelinya? Bagaimana tanggapan mu mengenai teknologi yang semakin maju dan terus berkembang? Berikan komentarmu dalam kolom komentar yah!

Sumber