Kejutan! Final Fantasy Type-0 Online Disiapkan untuk PC dan Smartphone!

final fantasy type-0 online

Satu lagi game Final Fantasy disiapkan untuk mobile dan PC, berjudul Final Fantasy Type-0 Online!

Ga Hanya untuk iPhone Android, Final Fantasy Adventure Juga Masuk PS Vita!

Ga Hanya untuk iPhone Android, Final Fantasy Adventure Juga Masuk PS Vita!
Baca Juga

Mungkin kamu sempat mendengar kabar bahwa Square Enix siap menghentikan layanan dari Final Fantasy Agito. Yap, rencananya Square Enix akan menghentikan layanan spin off dari Final Fantasy Type-0 untuk smartphone dan PC ini pada tanggal 30 November 2015 mendatang. Pada saat itu, Square Enix juga memberikan teaser bahwa Agito akan kembali “dibangkitkan” lewat sebuah game baru dan akan dikonfirmasikan selama pagelaran Tokyo Game Show (TGS) 2015.

Janji tersebut akhirnya ditepati oleh Square Enix. Di sela-sela acara Final Fantasy XV Active Time Report di public day pertama TGS 2015 hari ini (19 September 2015), Square Enix mengkonfirmasikan pengganti dari Agito tersebut yang berjudul Final Fantasy Type-0 Online!

Square Enix menyebutkan bahwa Final Fantasy Type-0 Online ini merupakan evolusi dari Final Fantasy Agito, yang juga akan dirilis untuk smartphone (sejauh ini dikonfirmasikan untuk Android, iOS dan Windows Phone) serta PC. Game ini sendiri bukan dikembangkan oleh tim internal Square Enix, melainkan oleh salah satu developer dari China yang tergolong “veteran” dalam bidang game online, Perfect World. Seperti yang kita tahu, Perfect World memang dikenal merupakan salah satu spesialisasi game online, utamanya MMORPG. Tengok saja karya-karya mereka seperti Perfect World Online, Jade Dynasty dan Forsaken World.

Selain trailer perdana yang ditampilkan selama TGS 2015, belum banyak detail lain yang dibeberkan Square Enix untuk judul ini. Mereka hanya mengkonfirmasikan bahwa game ini akan dirilis pada kuartal pertama tahun 2016 di Jepang, dan versi beta-nya sendiri nantinya juga akan bisa dinikmati gamer China akhir tahun ini juga. Square Enix juga mengkonfirmasikan, bahwa pemain Final Fantasy Agito nantinya akan mendapatkan “kejutan” spesial saat memainkan game ini.

final fantasy type-0 online

Hanya di Jepang dan China saja? Bagaimana dengan gamer di belahan dunia lain, seperti di US? Square Enix memang baru mengkonfirmasikan perilisan di Jepang dan beta test di China saja. Akan tetapi dalam sebuah tweet akun Final Fantasy XV, Square Enix mengungkapkan bahwa versi US dan Eropa dari game ber-genre hack and slash ini masih dalam tahap “dipertimbangkan”. Memang, game ini direncanakan untuk konsumsi pasar global, bukan hanya untuk Jepang saja seperti Final Fantasy Agito.

Tertarik untuk mencicipi Final Fantasy Type-0 Online ini?

Duniaku Network adalah media partner resmi #TokyoGameShow untuk Indonesia.