VR Anime Terbaik Ini Buktikan Jika Virtual Reality Bukan Hanya Milik Sword Art Online!

vr anime

VR Anime Dari Masa ke Masa, Dari Polwan Pemberantas Cybercrime Sampai Demon Lord

Beberapa hari ini kita diramaikan oleh hebohnya Playstation VR yang membawa babak baru dalam teknologi Virtual Reality setelah Oculus Rift diperkenalkan. Kenyataan yang ada, teknologi VR saat ini memang tidak seperti yang seringkali digambarkan dalam film-film fiksi ilmiah yang sering kita tonton. Tetapi dengan kehadiran Oculus Rift dan Playstation VR paling tidak memberitahu kita bahwa teknologi ini bergerak ke arah tersebut. Tidak hanya di dunia game di mana teknologi ini berkembang pesat, VR anime pun menjadi konsep yang acap kali digunakan sebagai plot utama untuk menggerakkan cerita yang menarik.

Gadget Wajib Penggemar SAO

PlayStation VR, Gadget Wajib Buat yang Udah Kebelet Masuk Dunia Sword Art Online, spesifikasi PlayStation VR, demo PlayStation VR, video PlayStation VR
Baca Juga

Untuk mengenal lebih banyak soal Virtual Reality dalam dunia anime, berikut adalah beberapa judul VR Anime beserta perkembangannya dari masa ke masa dalam rentang waktu 10 tahun.


1

Ghost in the Shell (1995)


vr anime
Film Ghost in the Shell tahun 1995

Berseting di masa depan, di mana batasan-batasan dunia sudah tidak berlaku lagi digantikan dengan teknologi Cybernetics dan kemampuannya untuk melakukan dive ke dunia maya menggunakan koneksi langsung dari otak manusia. Teknologi ini membuahkan banyak manfaat, tetapi juga membuka peluang bagi cybercrime melakukan brain-hack yang menjadi tema utama anime ini.


2

Serial Experiments Lain (1998)


vr anime
S.E. Lain tayang dari bulan Juli sampai September 1998

Salah satu anime bertema psikologis yang mengangkat dunia yang diberi nama Wired, dunia maya yang terhubung dengan jaringan komunikasi global. Kematian teman sekolahnya akibat bunuh diri menyebabkan seorang gadis bernama Lain terlibat dengan sesuatu yang membuatnya mempertanyakan segalanya, bahkan tentang keberadaannya sendiri.


3

.hack//Sign (2002)


vr anime
Salah satu dari sekian banyak .hack series

Mungkin bisa dibilang serial anime pertama yang mengangkat game dalam virtual reality. Memiliki dunia maya bernama ‘The World’ di mana sang tokoh terjebak di dalamnya tanpa memiliki cara untuk keluar. Tsukasa yang terbangun tanpa memiliki ingatan mengapa dia berada dalam ‘The World’ akhirnya melakukan perjalanan untuk mencari  tahu apa yang sebenarnya terjadi.


4

Dennou Coil (2007)


vr anime
Gabungan antara VR dan AR

OK, mungkin ini bukan sepenuhnya VR anime, melainkan penggabungan antara VR dan AR (Augmented Reality) di mana sekelompok anak berusaha memecahkan misteri-misteri yang terjadi di sebuah kota yang sepenuhnya terhubung dengan internet. Dunia kedua yang berjalan berdampingan dengan dunia nyata, hanya dipisahkan oleh sebuah alat untuk mengintip dunia tersebut berupa kaca mata AR.

Oculus Rift Dijual Mulai Awal Tahun 2016. Udah Siap Nge-Game Secara Virtual?

Oculus Rift Dijual Mulai Awal Tahun 2016. Udah Siap Nge-Game Secara Virtual? Gambar Oculus Rift, Jual Oculus Rift, Beli Oculus Rift, Game Oculus Rift
Baca Juga

5

Summer Wars (2009)


vr anime

Serangan AI yang lepas kendali

Berseting di masa depan, semua aspek kehidupan manusia terhubung dalam satu virtual environment raksasa bernama OZ. Semua kekacauan dimulai ketika sebuah AI dari program eksperimental berhasil meloloskan diri dan mengambil alih semua fungsi dunia nyata yang terhubung dengan OZ.

Lanjut ke halaman 2….

1
2

SHARE
Previous articleMeskipun Pakai Magic, Dark Souls III Bakalan Tetap Bikin Putus Asa!
Next articleMonster Hunter Stories Ajak Hunter Bersatu Dengan Monster
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.