Duit Tertahan Hampir 600 Juta, Rekber Blackpanda Sampai Utang Saudara dan Ortu!

Rekber Blackpanda

Rekber BlackPanda Sukses Bikin Belanja Online Menjadi Menegangkan!

Kaskus Rekber BlackPanda Sukses Bikin Belanja Online Menjadi Menegangkan! Kasus BlackPanda, Rekening Bersama, Tips Belanja Online, Amankah Belanja Online
Baca Juga

Seperti yang kami beritakan beberapa waktu lalu, Forum Jual Beli Kaskus diramaikan kasus Blackpanda. Salah satu Rekber, Rekening Bersama, pihak ketiga yang selama ini biasanya menjembatani transaksi online yang dilakukan di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus tersebut diduga tersandung masalah dugaan penggelapan dana para penjual dan pembeli yang bertransaksi di FJB Kaskus. Roy Widya, yang menggunakan julukan BlackPanda di FJB Kaskus, terindikasi menggelapkan dana ratusan juta yang masuk ke rekening pribadinya, atas nama CV. BlackPanda Corpindo. Menjadi satu-satunya Rekber berbadan hukum resmi, Rekber BlackPanda adalah Rekber terfavorit di Kaskus. Banyak dana seller / penjual di FJB Kaskus yang telah ditransfer ke rekeningnya macet, tidak diteruskan ke rekening penjual meskipun transaksi telah selesai (barang yang dijual telah diterima oleh pihak pembeli). Mediasi telah dilakukan oleh Kaskus, dan langkah penyelesaian juga telah diambil oleh Blackpanda, yang berniat mengembalikan seluruh dana yang totalnya mencapai setengah milyar tersebut dengan cara mencicil.

Rekber-Blackpanda-6

Perkembangan terbaru, Blackpanda memang sudah mulai sering muncul di thread yang dibuat oleh Kaskus. Thread Laporan Pencairan Dana Seller tersebut dibuka oleh Kaskus, diharapkan para “korban” bisa terorganisir dalam satu tempat. Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, total dana yang diduga digelapkan mencapai Rp. 515.696.586 dari 173 transaksi. Namun hingga artikel ini ditulis, ternyata setelah semua korban melaporkan, tercatat lebih banyak dana yang tertahan di rekening Blackpanda, mencapai 572,379,701, atau hampir Rp. 600 juta. Dan berdasarkan rekap laporan korban yang mengaku sudah dikembalikan dananya, beserta bukti jika memang dana ditransfer, ada sekitar Rp. 45,878,573 yang telah digelontorkan Blackpanda dengan cara mencicil. Sisanya, masih ada Rp. 526,501,128 yang belum dicairkan.

Rekber Blackpanda

Walaupun banyak awak media yang mencarinya sampai ke tempat tinggalnya, di Wisma Menanggal II Nomor 41 Surabaya tidak mendapati batang hidung pria yang sampai dicari hidup atau mati ini oleh para Kaskuser yang menjadi korbannya, Roy Widya sudah membuktikan keseriusannya dalam menyelesaikan masalah yang menimpanya. Surat pernyataan dibuat tanggal 19 September 2015 kemarin, disaksikan oleh perwakilan Kaskus yang dapat dipercaya. Blackpanda, atau Roy Widya pun menjelaskan alasan masalah yang menimpanya, atau musibah menurut penuturannya. Dan sama seperti sebelumnya, yang memang susah diterima akal secara logis, ketidakcocokan pembukuan yang terdapat pada rekening, dan saldo riil yang tercatat dalam bank (apa di bank ada tuyul yang bisa nilep duit ratusan juta). Dimekanakan dananya sampai bisa muncul ketidakcocokan, karena selama ini pemikiran para kaskuser cara kerja Rekber hanya sekadar menerima dana titipan, menjembatani transaksi saja. Kenapa bisa sampai tidak sama, dan tidak samanya sampai harus membuat uang sebesar Rp. 1/2 Milyar tertahan.

Rekber Blackpanda Rekber Blackpanda

Blackpanda selama beberapa hari ini juga telah mencairkan beberapa dana seller dan buyer. Pada tanggal 16 September lalu, dia mentransfer cukup banyak, dan dimasukkann dalam dua post yang berbeda dalam thread Kaskus (dianjutkan pada tanggal 17 September, 18 September, dan juga terakhir pada hari ini. Menurut Blackpanda, sejak tanggal 7 September sampai 16 September, dia sudah mentransfer dengan total hampir 230. Menurutnya, semua dari uang tersebut dari pinjaman ke saudara dan orang tuanya, dan menegaskan jika dia, Roy Widya tidak akan lari dari tanggungjawab yang terkait dengan pembayaran di Blackpanda. Namun yang menbuat banyak Kaskuser masih bertanya-tanya, seller dan buyer yang mengkonfirmasikan pembayarannya telah lunas pun baru sekitar Rp. 45 juta. Semoga saja para korban yang dananya sudah dikembalikan bisa segera mengkonfirmasikannya, sehingga data terkini bisa diupdate.

Walaupun Blackpanda masih belum mengungkapkan detail pencairan dana yang dilakukannya menggunakan bukti otentik, seperti foto atau screencapture bukti transferan dan berapa banyak yang sudah dicairkan, karena ini yang lebih penting, agar para korban yang masih menunggu tidak galau berkepancangan, kami berharap kasus ini cepat selesai, dan langkah yang sudah dijalankan Rekber Blackpanda dilancarkan. Karena apa yang dialami Blackpanda, secara tidak langsung juga langsung menciderai sistem rekber lainnya. Dari pantauan penulis, kebanyakan lapak di FJB Kaskus kini hanya memberikan opsi transaksi COD saja, atau, jika ingin menggunakan rekber, transaksi dialihkan ke marketplace online lainnya yang sudah memiliki rekber resmi, seperti BukaLapak.


SHARE
Previous articleKejutan Granblue Fantasy di TGS 2015, Booth-nya Sebesar Sony!
Next articleSerial Game of Thrones Merajai Rekor Emmy Awards!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.