Tips Membuat Game Design yang Baik dari Keiji Inafune!

keiji inafune

Keiji Inafune merupakan salah satu legenda di industri game dunia. Ingin menjadi seperti Inafune? Simak tips dan triknya lewat wawancara berikut ini!

ReCore, Begini Jadinya Jika Kreator Megaman dan Metroid Prime Berkolaborasi Bikin Game!

Keiji Inafune (kreator Megaman) bergabung dengan Mark Pacini (kreator Metroid Prime) untuk mengembangkan ReCore, judul eksklusif untuk Xbox One!
Baca Juga

Siapa yang tidak kenal dengan Keiji Inafune? Salah satu legenda ini sudah malang melintang di industri game dunia sejak hampir tiga dekade lalu dan masih eksis sampai saat ini. Mengawali karir dengan membidani lahirnya salah satu franchise besar di dunia game, Rockman atau yang dikenal dengan nama Megaman di barat, sudah banyak judul besar di industri game dengan berbagai genre yang lahir dari tangan dinginnya. Tengok saja seperti Onimusha, Lost Planet hingga Dead Rising.

Kali ini, pria yang besar di bawah naungan Capcom ini sudah mendirikan perusahannya sendiri bernama Comcept dan tengah sibuk menyelesaikan beberapa proyek seperti Mighty No.9 yang sukses di Kickstarter dan juga ReCore yang sempat menyedot banyak perhatian selama E3 2015 lalu. Beruntung, di sela-sela Tokyo Game Show (TGS) 2015 kemarin Duniaku mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang langsung denga Keiji Inafune. Yuk, kita simak bersama hasil wawancaranya!

keiji inafune

Duniaku (D): Apa yang membuat Anda meninggalkan Capcom dan mendirikan Comcept?

Keiji Inafune (KI): Alasannya, saya ingin bergerak lebih cepat dan bebas dengan tim yang lebih kecil di Comcept.

D: Apa perbedaan yang paling dirasakan antara bekerja di perusahaan besar (Capcom) dengan perusahaan yang lebih kecil dan indie (Comcept)?

KI: Di Capcom, kami biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memutuskan sesuatu, tidak seperti di Comcept. Sedangkan di era sekarang ini, segala keputusan harus dibuat dengan cepat.

keiji inafune

D: Dari mana biasanya ide dan inspirasi untuk membuat game berasal?

KI: Sejak muda, saya suka bermain game, membaca manga atau menikmati dorama. Saya mempelajari dan mendapatkan banyak inspirasi dari sana. Saya juga mendapatkan inspirasi dari travelling, dan saya sangat ingin berkunjung ke Indonesia!

D: Kita tahu Mighty No.9 merupakan salah satu fenomena di Kickstarter. Adakah tips dan trik untuk sukses di Kickstarter seperti Mighty No.9?

KI: Satu hal yang terpenting, kembali ke klasik. Banyak gamer yang merindukan gameplay yang klasik seperti ini.

D: Pernahkah mendengar tentang industri game Indonesia? Bagaimana pendapat Anda?

KI: Saya tidak tahu dengan pasti bagaimana kondisi industri game di Indonesia. Tapi di akademi milik saya, ada murid/siswa yang berasal dari Indonesia. Dari dia, saya mendapat sedikit informasi tentang kondisi industri game di Indonesia.

D: Anda dikenal sebagai salah satu kreator game yang hebat. Adakah tips dan trik game design yang baik?

KI: Saya rasa, hal terpenting adalah menjaga passion tetap hidup. Saat muda, kita memiliki passion yang hebat dan harus kita jaga sampai kita dewasa dan tua. Saya berhenti bekerja di Capcom dan mendirikan Comcept adalah salah satunya untuk menjaga agar passion saya tetap hidup.

keiji inafune

D: Akhir-akhir ini ada berita mengenai Megaman yang akan kembali diangkat ke layar lebar. Mungkin Anda punya bocoran informasinya?

KI: Maaf, saya tidak tahu banyak mengenai rencana tersebut.

D: Kami percaya, Anda pasti juga suka bermain game. Apa tiga game yang paling disuka sepanjang masa dan juga alasannya?

KI: Saya sangat suka game-game klasik, seperti Mario dan Zelda. Saya juga suka Halo, dan karena Halo pulalah saya akhirnya membuat Lost Planet.

keiji inafune

D: Apa proyek yang paling memorable bagi Anda? Apa alasannya?

KI: Semua proyek yang pernah saya kerjakan memorable bagi saya. Tapi yang paling memorable adalah Rockman 3. Di Rockman 3 banyak sekali scene dan saya mengerjakan mulai dari desain karakter hingga scene-scene-nya. Perjuangan yang melebihi game-game lainnya.

D: Terima kasih atas waktunya!

Duniaku Network adalah media partner resmi #TokyoGameShow untuk Indonesia.


SHARE
Previous articleAfro Samurai 2 Masih Saja Penuh Darah, Minus Rambut Kribo si Samurai
Next articleLihat Kakashi dan Obito Bekerja Sama Hajar Madara dalam Naruto Ultimate Ninja Storm 4!
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.