Bajak Laut Sampai Ahli Pedang Zoro, Persona 5 Bukan Sekadar Kisah Para Pencuri

Persona-5-TGS-2015-13

Kehidupan Pelajar Jepang Masa Kini. Siang Sekolah, Malam Menjadi Pencuri!

Muka boleh kiyut... tapi jangan salah, mereka ini pencuri hebat lho! Nongkrongnya aja di warung kopi bareng kucing ajaib yang bisa ngoceh!
Baca Juga

Game utama yang diajukan Sega untuk periode tahun 2015 ini adalah Persona 5. Sayangnya game yang paling ditunggu penggemar Persona ini selama TGS 2015 kemarin dipastikan bakal mundur jadwal rilisnya. Persona 5 yang sebelumnya dijadwalkan rilis di Jepang dan Amerika Utara pada tahun 2015, kini ditunda oleh Atlus sang developer (yang kini menjadi bagian Sega) hingga tahun 2016 mendatang. Namun meskipun harus menunggu lebih lama, selama TGS 2015, Persona 5 dinobatkan sebagai The Best Upcoming Games oleh Japan Game Awards, bersama game baru lainnya seperti Ace Attorney 6, Star Ocean: Integrity and Faithlessness, Final Fantasy XV, hingga The Last Guardian.

Persona-5-TGS-2015-5

Kemudian untuk mengiringi perilisannya nanti, Atlus juga berencana membuat versi anime spesial untuk Persona 5. Kami menduga bakal seperti Tales of Zestiria, yang animenya sekadar prekuel pelengkap saja, bukan seperti Persona 4: The Animation yang lebih panjang. Selain penundaan jadwal rilis, Atlus juga memberikan lebih banyak detail untuk karakternya yang sudah dikonfirmasikan sejauh ini (melalui media Jepang Famitsu). Mereka membentuk kelompok pencuri yang dikenal sebagai “Phantom Thieves.”

Protagonist (disuarakan Jun Fukuyama, contoh suara)

Persona-5-TGS-2015-4

Pemimpin Phantom Thieves yang menggunakan Persona Arsène. Pemuda 16 tahun serta kini berada di tahun kedua sekolah menengah atas yang dipindahkan ke Shujin High School. Dari luar terlihat pendiam dan sopan, namun penilaian siapa pun bakal bertolak belakang setelah dia mengenakan topeng “phantom thief.” Tinggal di Shiken Cafe yang dikelola oleh teman orang tuanya. Masih belum diketahui apa alasan dia pindah dari kota asalnya ke Tokyo.

Ryuji Sakamoto (disuarakan Mamoru Miyano, contoh suara)

Persona-5-TGS-2015-3

Seperti protagonis, usianya juga 16 tahun, dan berada di tahun keduanya di Shujin High School. Dia sangat dikenal berkat perilakunya yang liar, dan sepertinya bermasalah, bahkan selama di dalam sekolah. Perilakunya yang bermasalah tersebut menjadi beban sekolah, para guru dan pembimbingnya di sana. Tidak ada yang tahu bagaimana dia bisa seperti saat ini, karena dulunya Ryuji tidak bermasalah seperti saat ini. Ryuji menggunakan Persona bernama Captain Kidd, yang penampilannya keren, seperti tipikal bajak laut, lengkap dengan kapalnya.

Captain Kidd
Captain Kidd

Anne Takamaki (disuarakan Nana Mizuki, contoh suara)

Persona-5-TGS-2015-2

Gadis 16 tahun blasyeram Amerika ini juga menjadi murid di Shujin High School. Karena penampilannya yang berbeda dibandingkan tipikal remaja Jepang lainnya, dia merasa susah masuk ke komunitasnya, dan memilih mengisolasi dirinya selama di sekolah. Namun dia lebih sering terlihat bersama dengan protagonis dan Ryuji Sakamoto. Ada rumor negatif mengenai dirinya beredar di sekolah, namun kebenarannya masih belum diketahui. Dia menggunakan Persona bernama Carmen.

Persona-5-TGS-2015-12
Carmen

Morgana (disuarakan Ikue Otani, contoh suaranya)

Persona-5-TGS 2015-1

Anggota Phantom Thieves yang paling misterius, dan menggunakan Persona Zoro, yang sepertinya ahli dalam menggunakan pedang. Tingginya seukuran anak-anak, namun jelas sekali penampilannya seperti kucing hitam. Identitas aslinya tidak ada yang tahu. Dia juga sepertinya mengenakan sesuatu di kepalanya. Apakah dia ini kucing yang sama yang biasa berada di dekat protagonis?

Apa ada hubungannya dengan Roronoa Zoro?
Apa ada hubungannya dengan Roronoa Zoro?

Yusuke Kitagawa (disuarakan oleh Tomokazu Sugita)

Persona-5-TGS-2015-6

Anggota kelima Phantom Thieves ini menggunkan persona bernama Goemon. Pemuda yang cerdas, dan mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan di Kousei Public High School, sebagai bagian dari program seni. Dia juga menjadi murid dari seorang pelukis Jepang, Madarame.

Goemon
Goemon

Dari nama Phantom Thieves memang mengesankan karakter kalian di sini adalah pencuri. Namun selama TGS 2015, disebutkan jika konsep ceritanya terfokus pada “mencuri hati,” yang dilakukan dengan cara memasuki hati seseorang secara diam-diam layaknya seorang pencuri. Disebut “Heart’s Phantom Thieves,” kelompok karakter kalian memperingatkan pada target untuk mengakui kejahatan mereka dan berubah, dan mereka bertindak untuk mencuri “hati yang jahat” dari “para orang dewasa yang jahat” untuk menguba dunia yang mereka anggap telah bobrok.

Persona 5 TGS 2015

Persona 5 mengisahkan tentang petualangan protagonis, pelajar SMU tahun kedua, yang kehilangan komunikasi dengan kehidupan sebelumnya. Karena mulai Musim Semi (atau saat tahun ajaran baru di Jepang) dia belajar di sekolah yang baru, Shujin High School, dan bertemu dengan banyak teman-teman baru pula. Dia kini menetap di sebuah kedai kopi yang dimiliki kenalan orang tuanya, dan nantinya kafe ini menjadi semacam markas karakter dan teman-temannya.

Kalian bisa chat dengan karakter lainnya di dalam game.
Kalian bisa chat dengan karakter lainnya di dalam game.

Karakter Persona 5 Terbaru Ternyata Pencuri yang Terinspirasi Lupin the Third

Sebelumnya Sega Sammy mau hengkang dari bisnis konsol... Apa itu berarti game ini bakal jadi Persona terakhir!?
Baca Juga

Di tengah lingkungan sekolah dia akan menjumpai banyak kejadian, dan merasakan keseharian sekolah SMU melalui mata seorang murid. Sistem kalender (terlihat jelas pada sisi kiri-atas pada beberapa screenshot) serta perubahan cuaca dari prekuelnya juga kembali di sini. Kemudian munculnya menu Cooperation dalam salah satu adegan, atau bisa kalian lihat pada screenshot di atas, kalian bisa mengakses aplikasi chat melalui smartphone, mengindikasikan itu adalah pengganti sistem Social Link dari prekuelnya, yang melibatkan aktivitas saling berinteraksi dengan teman untuk membina hubungan dekat dengan mereka.

Morgana dalam wujud kucing normal, terlihat menemani karakter bermain game.
Morgana dalam wujud kucing normal, terlihat menemani karakter bermain game.

Persona 5 Bocor! Bakal Dirilis Tahun Ini Juga di Luar Jepang!

Menjadi game andalah Sega tahun ini, banyak yang berharap pada Persona 5, di tengah menjamurnya game-game digital dan smartphone yang bakal lebih banyak ditawarkan Sega setahun ke depan!
Baca Juga

Namun akibat sebuah insiden selama menghadapi sebuah kasus besar yang mengancam keseluruhan kota dengan kekuatan kegelapan, protagonis dan teman-temannya yang baru ini membangunkan kekuatan hati mereka, yang kemudian dikenal sebagai “Persona” (milik protagonis disebut Arsène, diadaptasi dari nama pencuri terkenal Arsène Lupin, serta digambarkan dengan sayap berwarna hitam dan dominan tubuh warna merah). Dan di tengah lokasi baru di sebuah kota besar dengan karakter-karakter yang sepenuhnya baru, Persona 5 bakal membuka sebuah cerita yang besar.

Persona-5-TGS-2015-18 Persona-5-TGS-2015-17 Persona-5-TGS-2015-16 Persona-5-TGS-2015-15 Persona-5-TGS-2015-19


SHARE
Previous articleDragon Ball Super 3: Alur Yang Lebih Cepat Ketimbang Anime-nya!
Next articleIni Smartphone Inovatif dari Samsung yang Bikin Selfie Lebih Asyik
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.