Butuh Duit 3 Jutaan untuk Kenikmatan Terbesar Main Star Ocean 5

Star-Ocean-5-TGS-1

Star Ocean 5 Bisa Bikin Kalian Nyesel Telah Menjual PS3!

Masih 30% progress pengembangannya... namun mimin justru berharap semoga saja game ini bisa selesai lebih awal dari Final Fantasy XV... :p
Baca Juga

Pertengahan April 2015 lalu tri-Ace resmi mengkonfirmasikan Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness untuk PlayStation 4, dan juga PlayStation 3. Bahkan tri-Ace sendiri mengaku jika game ini dikembangkan dengan basis PS3, sedangkan versi PS4-nya justru menjadi port saja. Game yang secara timeline duduk di posisi keempat setelah Star Ocean: The Second Story dan sebelum Star Ocean: Till the End of Time berlangsung ini disebutkan bakal membawa nostalgia pada penggemar lama serial ini. Dan karena itulah logo gamenya mengingatkan penggemar pada logonya Star Ocean 3. Selama TGS 2015, Square Enix memastikan kapan Star Ocean 5, atau bakal lebih dikenal sebagai Star Ocean: Integrity and Faithlessness di pasar Barat ini bakal dirilis. Square Enix sudah mematok tanggal 25 Februari 2016 di Jepang untuk PS4 dan PS3 (bukan akhir tahun ini seperti kabar sebelumnya). Sedangkan untuk versi Baratnya, seperti yang kita tahu Square Enix hanya bakal merilis versi PS4-nya saja. Sayangnya, Star Ocean: Integrity and Faithlessness di Barat belum mendapatkan jadwal rilis. Hanya saja, sebelumnya Square Enix sudah mengkonfirmasikan bahwa versi translasi dari game ini akan hadir pada tahun 2016 juga.

Star-Ocean-5-Ultimate-9

Untuk wilayah Jepang, Square Enix juga bakal menyediakan versi Ultimate Box-nya. Ditawarkan seharga 25,000 yen, atau sekitar Rp. 3 jutaan, dalam kotak ultimate tersebut kalian mendapatkan berbagai item berikut ini:

  • Kopian gamenya
  • Original box dan box sleeve
  • Miki Special Figure – Figurine Miki setinggi 210mm, teman masa kecil karakter utama Fidel.
  • Star Ocean art book – artwork 80 halaman, berbentuk ilustrasi dan juga CG.
  • Special Soundtrack – Lima disc yang dipaketkan dalam box khusus.
  • Special Postcards – Delapan kartu pos dihiasi ilustrasi dan CG Star Ocean 5.
  • Pangalactic Federation ID Card – Tanda pengenal berbahan plastik dengan nomor seri unik yang menjadi tanda jika kalian adalah anggota Pangalactic Federation.
  • Original DLC Download Code – Kode untuk mengunduh konten yang bisa mengubah musik background-nya menjadi musik game lain dari serial Star Ocean.
  • Kalian bisa memesan awal bundle ini melalui Square Enix e-Store.

Star-Ocean-5-TGS-2

Star Ocean 5, Semua yang Perlu Kalian Ketahui Dari RPG Sci-Fi Legendaris

Makin jelas, Sony PlayStation adalah konsol yang tepat untuk para penggemar RPG Jepang...
Baca Juga

Star Ocean 5 mengambil setting planet Feycreed yang tidak berpenduduk, dan jaraknya 6,000 Tahun Cahaya dari Bumi. Lebih tepatnya, game ini mengambil setting tahun 537 SD, jadi diposisikan antara Star Ocean 2 dan Star Ocean 3. Dunia fiksi ilmiah yang berteknologi tinggi, sehingga kalian kalian juga telah menemukan Gravity Warp sudah dibangun di Bumi. Gravitic Warp sendiri merupaka teori warp baru yang dikembangkan oleh Dr. Krupp pada tahun 537, dan memungkinkan perjalanan dilakukan dengan kecepatan yang melampaui kecepatan yang sebelumnya bisa dicapao Subspace Warp (yang mulai dikembangkan pada tahun 2087 AD di Bumi, dan kalian temui selama Star Ocean: The Last Hope).

Star-Ocean-5-TGS-15

Pertarungannya langsung terjadi di field map / dan berlangsung real-time tanpa ada jeba atau pergantian dari tampilan field map serta selama pertarungan. Keseluruhan pertarungan masih berkesan action yang cepat. Selain itu, kalian bisa berganti antara karakter mana yang dikendalikan.

Selain event cut scene tradisional, juga bakal ada event yang terjadi di tengah pertarungan, seperti ketika musuh menyerang karakter. Seandainya musuh berhasil menahan salah satu rekan tim kalian selama event, maka kejadian kelanjutannya bisa saja bakal berbeda, dan reaksi kalian terhadap event tersebut bisa saja memicu percabangan rute dan event lanjutannya.

Star-Ocean-5-TGS-14

tri-Ace juga menyebutkan jika fitur-fitur khas serial Star Ocean, seperti Private Action dan item creation juga bakal kembali di sini. Kemudian juga ada event yang sesekali langsung beralih ke pertarungan, sehingga membuat skenarionya makin menantang. Kemudian terkadang kalian bisa bertarung melawan banyak musuh sekaligus, memaksa kalian juga perlu memikirkan strategi, bukan sekadar hack-and-slash saja. Dan tri-Ace kini juga membuat unsur kerjasama dengan anggota party lainnya sangat penting, serta bakal berperan penting untuk mendukung kemenangan.

Star-Ocean-5-TGS-13

Seperti Star Ocean sebelumnya, kalian hanya mengendalikan satu karakter selama pertarungan. Karakter lainnya di tengah tim bergerak otomatis dikendalikan AI. Pertarungan biasa adalah 1 karakter lawan 1 musuh. Namun untuk pertarungan boss, maka seluruh party akan mengeroyok boss, sehingga memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan encounter dengan musuh biasa.

Star-Ocean-5-TGS-12

Bagaimana karakter menyerang kini juga bergantung pada jarak antara karakter dan musuh. Bagaimana serangan kalian berubah, dan menekan tombol berurutan bakal memicu combo. Beragam skill memiliki efek yang berbeda, bergantung apakah skill dilancarkan pada jarak dekat, atau jauh dari posisi musuh. Dan kalian juga bisa memgkombinasikan skill dengan serangan standar.


SHARE
Previous articleJunita Jane, Bu Camat Cantik yang Bikin Para Cowok Klepek Klepek!
Next articleIni Empat Musuh Spider-Man yang Bisa Menghadapi Avengers!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.