Mau Tahu Rasanya Virtual Reality Pake HaPe? Nih, Samsung Punya Gear VR!

Samsung-Gear-VR-1

Samsung Gear VR Mulai Dijual, Ubah Galaxy Note 4 Menjadi Perangkat Virtual

Tambahkan dengan Galaxy Note 4, hanya 12 jutaan kok untuk main game VR melalui smartphone!
Baca Juga

Selain mengumumkan banyak perkembangan yang telah dicapai Oculus Rift, melalui event Oculus Connect 2 yang kembali diadakan di Los Angeles akhir pekan ini, Oculus VR bersama Samsung juga mengumumkan versi konsumen untuk perangkat virtual reality yang menjadi hasil kolaborasi antara Samsung dengan Oculus VR. Samsung Gear VR, bakal menjadi perangkat virtual reality pertama yang mendapatkan sentuhan teknologi Oculus VR, meskipun secara brand jelas Gear VR diproduksi oleh Samsung. Dan perangkat consumer-facing virtual reality (VR) head-mounted display (HMD) pertama dari Oculus VR bukanlah Oculus Rift, melainkan Gear VR, yang ditujukan untuk menghadirkan pengalaman memainkan game mobile secara virtual reality.

Samsung-Gear-VR-9

Akhir 2014 lalu, dua bulan sejak Samsung menjual Galaxy Note 4, mereka juga melepaskan Gear VR. Namun saat itu Gear VR hanya ditawarkan terbatas, dan harganya pun selangit. Saat itu setidaknya kalian membutuhkan Galaxy Note 4 yang harga barunya berada di kisaran Rp. 9 jutaan untuk bisa menggunakan Gear VR, yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 2 jutaan. Selain itu, versi awal Gear VR hanya sekadar Innovator’s Edition yang didesain untuk para developer dan para early adopter. Namun khusus Gear VR yang baru kali ini, bakal menjadi pertama kalinya Oculus VR merilis produk konsumen.

Samsung-Gear-VR-12

Ini Masa Depan, Oculus Medium Mungkinkan Dua Orang Bersentuhan di Dunia Virtual

Ingat adegan dalam film Ghost, ketika Demi Moore membuat patung tanah liat bersama si om hantu? Ya, kalian bisa mewujudkannya nanti melalui virtual reality dari Oculus Rift ini!
Baca Juga

Versi konsumen Gear VR yang dikonfirmasikan Oculus VR selama Oculus Connect kemarin di Hollywood, California. Peter Koo, Senior Vice President, Samsung Mobile memperkenalkan Gear VR varian terbaru tersebut, bakal menjadi wearable device yang kompatibel dengan semua lini produk kelas atas mereka yang dirilis sepanjang tahun 2015 ini. Termasuk di sana, Galaxy Note 5, serta keluarga Galaxy S6, Galaxy S6 Edge dan Galaxy Edge+. Wearable device baru Samsung ini diklaim 22% lebih ringan dari Gear VR generasi pertama, dan juga ditawarkan lebih murah, hanya sekitar Rp. 1,5 jutaan saja! Ya, lebih murah dibandingkan Oculus Rift, karena memang kalian masih membutuhkan smartphone Galaxy mahal yang berperan sebagai layarnya. Samsung dan Oculus VR mulai menjualnya November 2015 mendatang di Amerika Utara, dan menyusul kemudian di wilayah lainnya.

Samsung-Gear-VR-11

Developer Monument Valley Perlihatkan Wujud Virtual Reality Dalam Samsung Gear VR

Gear VR setidaknya baru muncul akhir tahun, tidak dirilis bersamaan dengan Galaxy Note 4.
Baca Juga

Sayangnya, selama event pencipta Oculus Rift, Palmer Luckey mengatakan, bahwa pihaknya tidak menyertakan fitur positional tracking untuk Gear VR. Artinya, kalian tidak mungkin menggerakkan kepala dan kemudian melihat antar muka layar ikut bergerak, seperti halnya ketika memainkan game virtual reality menggunakan Oculus Rift. Well, harganya juga jelas berbeda, pasti ada fitur yang harus “dikorbankan.” Toh Gear VR lebih ditujukan untuk memainkan game-game mobile, yang pasti aneh ketika kalian geleng-gelengkan kepala di tempat umum selama memainkannya (karena mengenakan Gear VR di tempat umum untuk memainkan game-game mobile VR saja sudah butuh ketahanan terhadap rasa malu yang tinggi).

Samsung-Gear-VR-8

Gear VR terbaru ini bisa digunakan bersama Galaxy Note 5, walaupun dukungan untuknya tidak disebutkan selama konfirmasi phablet tersebut bulan August kemarin. Tahun lalu, Galaxy Note 4 merupakan smartphone pertama Samsung yang mendukung Gear VR, yang kemudian diikuti oleh Galaxy S6 yanbg muncul pada bulan Maret 2015. Versi baru Gear VR pun dibuat khusus untuk Galaxy S6, sehingga menjadikan Gear VR konsumen ini sebagai perangkat virtual reality ketiga yang menjadi hasil kerjasama Samsung dan Oculus VR.

Samsung-Gear-VR-3 Samsung-Gear-VR-4 Samsung-Gear-VR-2 Samsung-Gear-VR-5 Samsung-Gear-VR-6 Samsung-Gear-VR-7 Samsung-Gear-VR-78 Samsung-Gear-VR-13

Sumber


SHARE
Previous articleCa-Caw! Ini Dia Trailer The Angry Birds Movie
Next articleHarga Oculus Rift dan PlayStation VR Bisa Bikin Shock Secara Virtual Reality!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.