Harga Oculus Rift dan PlayStation VR Bisa Bikin Shock Secara Virtual Reality!

Oculus-Rift-13

Ini Masa Depan, Oculus Medium Mungkinkan Dua Orang Bersentuhan di Dunia Virtual!

Ini Masa Depan, Oculus Medium Mungkinkan Dua Orang Bersentuhan di Dunia Virtual! beli Oculus Rift, harga Oculus Rift, game virtual reality, game VR
Baca Juga

Seakan tidak ingin memutuskan antusias gamer yang begitu ramai menerima kehadiran PlayStation VR, tak kurang dari seminggu pasca TGS 2015 usai, Oculus VR langsung melanjutkannya dengan event mereka sendiri. Oculus Connect 2 diadakan di Hollywood, untuk memperlihatkan bagaimana perkembangan gadget berjenis head-mounted display (HMD, atau biasa disebut sebagai headset VR) yang kini juga dimiliki oleh Facebook tersebut. Jelas Oculus VR ingin mengatakan pada dunia, jika virtual reality adalah fitur game masa depan yang kini bakal segera tersedia untuk para gamer. Mereka dianggap sebagai pelopor dalam teknologi ini (ya, meskipun virtual reality bukan konsep baru), dan kini perusahaan startup Oculus VR dengan dukungan kucuran dana besar yang sangat besar dari Mark Zuckerberg, kami yakin persaingannya dengan perangkat headset VR lainnya seperti PlayStation VR bakal sangat alot.

Oculus-Virtual-Reality-2

Oculus Rift Pamer Game VR Terbaru, Udah Siap Nge-Game Secara Virtual?

Oculus Rift Pamer Game VR Terbaru, Udah Siap Nge-Game Virtual? Game Oculus Rift, jual Oculus Rift, game virtual reality, Oculus Rift vs PlayStation VR
Baca Juga

Namun Oculus Rift dan PlayStation VR setidaknya sampai saat ini bakal bertarung di platform yang berbeda, karena Oculus VR baru memastikan kompatibilitas headset VR yang mereka produksi hanya untuk PC saja. Karena itulah selama Oculus Connect, mereka memastikan kita mendapatkan pilihan PC yang tepat sesuai spesifikasi Oculus, bisa langsung digunakan untuk merasakan game virtual reality. Sistem yang disiapkan Oculus bersama vendor PC tersebut bakal mendapatkan label “Oculus Ready,” dan mengajukan spesifikasi serta fitur yang memang terfokus pada koneksi dengan Oculus Rift serta memainkan game atau aplikasi VR. Oculus VR bekerjasama dengan beberapa partner hardware dalam mewujudkan “Oculus Ready” ke pasaran market.

Oculus-Virtual-Reality-1

PlayStation VR, Gadget Wajib Buat yang Udah Kebelet Masuk Dunia Sword Art Online

PlayStation VR, Gadget Wajib Buat yang Udah Kebelet Masuk Dunia Sword Art Online, spesifikasi PlayStation VR, demo PlayStation VR, video PlayStation VR
Baca Juga

Hanya saja untuk sebuah sistem yang 100% kompatibel Oculus Rift, harganya cukup tinggi lho! Oculus VR mengatakan, mereka menawarkan PC tersebut mulai dengan harga di bawah US $1000, atau Rp. 14 jutaan! Mulai harga di bawah 14 jutaan, bisa diartikan dengan 10 jutaan yah!? Dalam usahanya ini, Oculus VR menggandeng rekan seperti nVidia, ASUS, Alienware, Dell, AMD, dan Intel, yang mulai meluncurkan hardware berstiker Oculus Ready tersebut tahun depan. Menurut Nat Mitchell dari Oculus, harga tersebut yang mereka perkirakan bisa memastikan semuanya berjalan dengan baik, dan memainkan game virtual reality serta terhubung baik itu dengan Oculus Rift, sensornya, serta juga kontrolernya seperti Oculus Touch.

Oculus-Virtual-Reality-3

VR Anime Terbaik Ini Buktikan Jika Virtual Reality Bukan Hanya Milik Sword Art Online

VR anime menjadi konsep yang acap kali digunakan sebagai plot utama cerita. Ini adalah beberapa VR Anime dari masa ke masa dalam rentang waktu 10 tahun.
Baca Juga

Selama ini konsumen masih belum paham apa yang harus disiapkan sebelum bisa merasakan pengalaman baru bermain game menggunakan perangkat virtual reality semacam Oculus Rift ini. Jika headset VR tersebut sudah dinilai cukup mahal, yang diprediksi nantinya mencapai Rp. 4 jutaan, itu sebenarnya belum termasuk game atau aplikasi VR yang dijual, serta sistem yang disarankan dan kompatibel dengan headset VR tersebut. Menurut Oculus VR dalam pernyataan media pertengahan tahun lalu, pihaknya menyarankan spesifikasi setidaknya GPU sekelas GTX 970, yang harga barunya saat ini masih di rentang Rp. 4 jutaan. Ya, kalian mutlak harus meng-upgrade PC untuk mendapatkan kenyamanan sistem yang mumpuni dalam mengeksekusi gamenya. Namun dengan PC yang sudah siap menerima Oculus, kalian bakal dimudahkan, dengan membayar lebih mahal tentunya. Berikut spesifikasi sistem yang disarankan oleh Oculus VR:

  • NVIDIA GTX 970 / AMD 290 yang setara, atau lebih tinggi
  • Intel i5-4590 yang setara, atau lebih tinggi
  • 8GB+ RAM
  • Kompatibel dengan HDMI 1.3 video output
  • 2x USB 3.0 port
  • Windows 7 SP1 atau yang lebih baru

Oculus-Virtual-Reality-4

Tinggal ditotal saja, jika harga termurahnya 14 jutaan, dan Oculus Rift dijual 4 jutaan, setidaknya kalian membutuhkan duit Rupiah hinggan 18 jutaan hanya untuk masuk ke alam virtual reality ala dunia Sword Art Online — itu juga belum untuk membeli kontroler Oculus Touch, yang bisa bikin kalian saling sentuh dengan pemain lain di dunia virtual. Oculus VR sendiri sebelumnya pernah mengatakan, untuk menikmati cara baru bermain game ini, setidaknya dibutuhkan dana mencapai Rp. 20 jutaan jika kalian ingin memainkannya melalui PC.

PlayStation-VR-1

Ternyata Indonesia Juga Dapatkan PS4 1TB

Ternyata Indonesia Juga Dapatkan PS4 1TB dan Paket Star Wars Battlefront! PlayStation 4 1TB, PS4 turun harga, PlayStation 4 turun harga, harga PS4, TGS 2015
Baca Juga

Nat Mitchell menambahkan, bahwa pihaknya bakal mengumumkan lebih banyak kerjasama dengan produsen PC dunia tahun depan. Semoga saja, mereka juga menawarkan pilihan sistem yang lebih terjangkau, mengingat spesifikasi yang disarankan saja sudah cukup memuat pusing pala gamer yang pas-pasan. Di sisi lain, PlayStation VR, rivalnya di ranah konsol game, sejauh ini masih belum terungkap harganya. Namun dari beberapa petunjuk yang terlontar melalui mulut ofisial Sony, mereka mengatakan headset VR khusus untuk PlayStation 4 tersebut bakal ditawarkan seperti platform / konsol game yang terpisah dari PS4. Itu sudah cukup memberi kita petunjuk, jika PlayStation VR bisa saja ditawarkan dengan nilai setara seperti ketika PS4 pertama kali diluncurkan, atau sekitar Rp. 6 jutaan! Tambahkan dengan PS4 yang baru saja diturunkan harganya, dengan harga baru resmi dari Sony di angka 6 juta, maka nantinya bakal membutuhkan hingga Rp. 12 jutaan hanya untuk mendapatkan sapaan “sensei” ketika memainkan Summer Lesson, atau bercengkerama dengan para ninja seksi dalam Dead or Alive Xtreme 3.

Samsung-Gear-VR-1

Tampaknya solusi termurah menikmati virtual reality, hanya melalui Samsung Gear VR saja, yang ditawarkan dengan harga hanya Rp. 1.5 jutaan (sudah dijual di Indonesia). Ya, kalian memang membutuhkan smartphone Galaxy Note 5 dan keluarga Galaxy S6, yang harganya saat ini berada di kisaran Rp. 7 jutaan yang terendah. Budget totalnya, tetap yang paling murah!

Sumber


SHARE
Previous articleMau Tahu Rasanya Virtual Reality Pake HaPe? Nih, Samsung Punya Gear VR!
Next articleSerunya Acara Tahunan Anime Festival Asia Indonesia 2015!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.