Butuh 3C untuk Kuasai Dragon Quest Builders, Permainan yang Lebih Kiyut dari Minecraft!

Dragon-Quest-Builder-1

Demam Minecraft juga melanda developer game Jepang. Juli lalu, Square Enix mengkonfirmasikan Dragon Quest Builders: Revive Alefgard, game Dragon Quest baru untuk PlayStation 4, PlayStation 3 dan PS Vita, yang bakal dirilis di Jepang 28 Januari 2016 mendatang. Square Enix bakal menjualnya dengan harga 7,800 yen atau sekitar Rp. 950 ribuan untuk versi PS4, 6,800 yen atau sekitar Rp. 850 ribuan untuk PS3 dan 5,980 yen atau sekitar Rp. 750 ribuan untuk versi PS Vita.

Dragon-Quest-Builder-3

Dragon Quest Builders Ini Seperti Minecraft yang Dipenuhi Slime

Dragon Quest Builders Seperti Minecraft yang Dipenuhi Slime, download Dragon Quest Builders, game Dragon Quest terbaru, game RPG terbaru, guide Minecraft
Baca Juga

Mengambil setting di Alefgard, sebuah dunia yang dihancurkan Dragonlord, manusia pun perlahan berkurang jumlahnya, dan kalian bertugas sebagai Hero baru untuk memulihkan kembali dunia tersebut dengan cara menatanya menggunakan unit yang berbentuk balok, sama seperti konsep dalam game Minecraft, dan juga sama dengan kebebasan mendesain dunianya. Minecraft memang dianggap sebagai pelopornya, bahkan Telltale Games sudah menyiapkan game Minecraft yang terfokus pada cerita, seperti tipikal game RPG, melalui Minecraft: Story Mode. Namun Square Enix tetap yakin menyebut Dragon Quest Builders ini sebagai “block-making RPG.” Lihat kembali trailernya selama TGS 2015 di bawah ini:

Dragon-Quest-Builder-16

Setelah selama TGS 2015 kemarin Square Enix membawa game ini dan bisa dimainkan selama event, kemarin mereka memberikan lebih banyak detail seputar gameplay-nya. Ya, selama TGS kami melihat langsung gameplay-nya, namun karena kendala begitu ramainya lokasi dan juga bahasa, kami tidak begitu paham mekanisnya. Sampai Square Enix membeberkannya melalui update informasi barunya kali ini.

Dragon-Quest-Builder-14

Keseluruhan gameplay-nya terfokus pada tiga “C”, yaitu Collection, Creation dan Contruction. Ketiganya membangun keseluruhan gameplay-nya, sebagai RPG yang memang terfokus pada menbuat balok. Semua dalam game bisa dibuat menjadi raw material, yang kemudian juga kalian bisa gunakan untuk membuat beragam item, untuk menghancurkan, membangun dan merombak sebuah kota. Jadi pola permainannya memang sandbox, kalian bebas mau melakukan apa saja dengan lokasi dalam game. Namun di waktu yang sama, game ini juga RPG, dengan elemen cerita ala Dragon Quest yang sudah dikenal selama ini. Sedikit ceritanya sudah kami ulas sebelumnya, dalam usaha membangun kembali dunia yang dihancurkan Dragonlord, protagonis perlu menggunakan kemampuannya untuk membangun kembali. Dan untuk itu diperlukan tiga elemen, yaitu Collection, Creation dan Contruction.

Collection

Dragon-Quest-Builder-7

Kalian memerlukan material untuk membangun, dan itu bisa dikumpulkan dengan cara menghancurkan lingkungan sekitar, atau mengalahkan monster.

Creation

Dragon-Quest-Builder-8

Beberapa material yang kalian dapatkan bakal siap digunakan begitu kalian dapatkan, atau yang lainnya memerlukan perlakuan tambahan, seperti menjadi bahan untuk membuat item lainnya.

Construction

Dragon-Quest-Builder-9

Dan dengan item yang baru saja kalian buat, kalian bisa mulai membangun.

Dragon-Quest-Builder-10

Berhubungan dengan mekanis membangun tersebut, kami yakin tidak semua gamer sudah punya pemikiran mau membangun seperti apa. Karena itulah, disediakan Blueprints, item yang membantu, mempermudah pembangunan menurut apa yang sudah digariskan melalui pola desainnya (lihat gambar di atas). Tentu saja, kalian tidak dibatasi pada Blueprints saja, kalian bebas membuat bangunannya sesuai selera dan kreatifitas.

Dragon-Quest-Builder-17

Seperti yang kami sebutkan di atas, material untuk membangun didapatkan dengan mengalahkan monster. Di dunia yang diselimuti ketakutan karena kekuasaan Dragonlord ini, sejumlah monster berkeliaran di field map. Monster yang muncul dalam Dragon Quest I bakal kalian temui juga di sini, termasuk dari seri lainnya. Seperti Slimes, Ghosts, Bunicorns, dan lainnya, mereka semua tipikal monster familiar serial ini. Dan tensu saja, mereka juga usil, bakal menghalangi niat mulia kalian membangun kota dengan mengerahkan pasukan monster dan menyerang kota.

Dragon-Quest-Builder-11 Dragon-Quest-Builder-12 Dragon-Quest-Builder-13 Dragon-Quest-Builder-15Dragon-Quest-Builder-4Dragon-Quest-Builder-5Dragon-Quest-Builder-6

Berikut video sepanjang 18 menit yang menjadi impresi game ini selama TGS 2015 lalu.


SHARE
Previous articleTinker Games: Jadikan TGS 2015 Sebagai Gerbang untuk Terhubung dengan Industri Game Dunia
Next articleOne Piece: Burning Blood, Episode Pertarungan Terdahsyat Para Pengguna Buah Iblis
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.