Huawei Nexus 6P, Android Marshmallow Paling Gahar dari Google

Huawei-Nexus-6P-12

LG Nexus 5 dan Huawei Nexus 6 Dirilis Oktober, Langsung Ber-Android Marshmallow

Seperti ini wujud Android pertama yang langsung jalankan versi final Android 6.0 Marshmallow!
Baca Juga

Jika LG Nexus 5X tidak terlalu membuat kalian antusias menantikan OS Android Marshmallow berjalan di hardware resmi dari Google, masih ada tawaran lain dari Huawei. Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, bakal ada dua Nexus yang dijual Google tahun ini. Dan ketika kami menerka jika apa yang ditawarkan LG adalah yang lebih mewah, ternyata kami salah. Justru kerjasama Google dengan Huawei melalui Nexus 6P yang menarik. Terutama ketika bahasa gadget dewasa ini menyebut casing metal otomatis menempatkannya sebagai tipe premium. Apalagi ini adalah Nexus pertama yang menggunakan casing metal. Selain itu, seperti Nexus 5X, posisinya sebagai smartphone pertama yang dijual langsung menggunakan Android 6.0 Marshmallow tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Introducing the Nexus 6P

Huawei Mate S, Android Cantik yang Bakal Merespon Setiap Sentuhan

Selain sensitif pada sentuhan jari dan persendian tangan kalian, Huawei Mate S ini juga bisa bikin foto selfie menjadi lebih cakep!
Baca Juga

Nama Huawei memang mengejutkan kami, karena ini untuk pertama kalinya vendor Tiongkok tersebut berpartner dengan Google. Sebelumnya, ada Samsung, HTC, LG dan Motorola. Ok, HTC mungkin juga identik dengan Tiongkok, namun untuk sebuah Huawei, jelas ini menjadi pencapaian besar bagi mereka. Terutama ketika image Nexus yang begitu kental nuansa Amerika-nya, dirakit dan dilabeli merk Huawei, yang sejauh ini belum jamak terdengar di negeri Paman Sam. Namun ketika kalian melihat betapa mewah casingnya yang berbahan aluminum di sisi belakang dari pinggirnya, siapa yang mempedulikan merk Huawei, katika ada nama Nexus di sana? Plus, konfigurasi hardware-nya juga termasuk yang terkencang sampai saat ini.

Huawei-Nexus-6P-4

Google Nexus 6 Seperti Permen Lollipop Raksasa Dengan Nilai 8 Jutaan!

Kami tidak pernah membayangkan sebuah Nexus bisa semahal ini!!
Baca Juga

Nexus 6P bahkan melampaui pendahulunya dari Motorola, Nexus 6. Meskipun layarnya sama-sama Quad HD atau 2K, namun Nexus 6P lebih kecil bidangnya. Pada 5.7-inchi, dibandingkan 5.96-inchi pada Nexus 6, kerapatan pixelnya lebih padat. Prosesornya pun juga demikian, Huawei memilih yang terkencang saat ini dari keluarga Qualcomm, melalui Snapdragon 810. Bukan, ini bukan Snapdragon 810 yang banyak ditakuti karena mudah panas. Versi 2.1 dari sistem 64-bit tersebut menjanjikan kinerja yang tidak lebih agresif peningkatan clock speed-nya, namun tetap kencang. Memory-nya juga sama seperti Nexus 6 Motorola, RAM 3 GB tersebut masih dirasa cukup. Namun jangan salah juga, jenisnya sudah LPDDR4, yang kecepatannya meningkat pesat dibandingkan LPDDR3 yang digunakan dalam Nexus 6 Motorola dan LG Nexus 5X. Kemudian pilihan storage-nya, selain32 dan 64, kini ada 128 GB. Baterainya pun bertambah 200-mAh, menjadi 3,450-mAh, yang didukung teknologi fast charging melalui port USB Type-C, dengan hanya 10 menit saja sudah cukup untuk memberinya tenaga masa aktif hingga 7 jam.

Bersama Nexus 6P produksi Huawei
Bersama Nexus 5X produksi LG

Sedangkan untuk USB Type-C, merupakan standar baru USB yang ukurannya masih sama dengan Micro-USB yang kita kenal umum saat ini. Hanya saja USB-C ini lebih cepat, dan lebih mudah digunakan. Keseluruhan fiturnya mungkin sudah ditawarkan port Lightning-nya Apple, seperti port USB-C yang bolak-balik, tidak perlu kuatir salah posisi saat kalian mau mencolokkan kabelnya, universal, serta secara teori mampu memberi laju data pada kecepatan maksimal 20 Gbps. USB-C juga mampu mengakomodasi daya sampai 100 W, sehingga mampi men-charge gadget lebih cepat, serta juga bisa menjadi jalur output video, dan itu memungkinkan gadget terbaru nantinya menampilkan visual 4K entah itu melalui mini DisplayPort atau adaptor HDMI.

Huawei-Nexus-6P-7

Google Resmi Mengkonfirmasikan Android Marshmallow

Munculnya Android 6.0 Marshmallow. bikin kalian yang lagu nunggu update-an Android 5.0 Lollipop makin merasa gallow!
Baca Juga

Konfigurasi mesinnya menjadi nilai jual utama. Sedangkan bagian hardware lainnya, sebenarnya sama seperti Nexus 5X. Mulai dari dua speaker stereo di sisi depan, kemudian di sisi belakang kalian masih menemukan sensor kamera, yang meskipun juga menjorok keluar, tetap lebih rapi dibandingkan Nexus 5X. Di bawahnya, ada bidang bulat yang dikelilingi krom warna perak, dan itu merupakan pemindai sidik jari Nexus Imprint, membantu kalian selama menggunakan fitur seperti Android Pay (pembayaran), atau membuka kunci layarnya. Nexus 6P juga menjadi smartphone Nexus pertama Google yang mendukung Project Fi, jaringan mobile milik Google, yang bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui koneksi Wi-Fi dan selular.

Huawei-Nexus-6P-5

Sambut Nexus 5X, Kamera Canggih ala LG G4 dengan OS Android Marshmallow

Inilah smartphone pertama yang langsung menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow!!
Baca Juga

Fitur kameranya pun sama seperti Nexus 5X. Sensor utamanya kini 12.3 megapixel dengan bukaan lensa f/2.0, yang ukurannya cukup besar, 1.55 µm pixel. Di sebelahnya tampak jelas lampu dual LED flash CRI-90, dan juga IR laser untuk mendukung autofocus. Kalian bakal menemukan konfigurasi tersebut sangat handal untuk aktivitas fotografi di lokasi yang minim cahaya. Melalui kamera utamanya, kalian bisa merekam video berkualitas 4K dan juga slow-motion pada 240 frame per-detik. Sensor utamanya tersebut didukung juga dengan kamera selfie 8-megapixel, yang memiliki bukaan lensa f/2.4, serta didukung ukuran lensa yang besar mencapai 1.4 µm pixel.

Lanjut ke halaman 2…