Kontrak Gemscool Selesai, Migrasi Akun PB Garena Batal?

migrasi akun pb garena

Gemscool sudah menyelesaikan kontrak proses migrasi akun PB, akan tetapi sampai saat ini migrasi belum juga bisa direalisasikan. Apakah migrasi akun ini dibatalkan?

Point Blank Gemscool Ucapkan Sayonara, Beri Lampu Hijau untuk Migrasi ID!

Bagi yang sudah bertanya-tanya mengenai migrasi ID ke publisher baru, ini jawabannya!
Baca Juga

Seperti yang sudah kita ketahui, Garena sudah mengambil alih layanan Point Blank (PB) Indonesia dari tangan Gemscool sejak tiga bulan lalu. Namun ada satu polemik yang sampai saat ini masih belum bisa menemukan titik terang: masalah migrasi akun PB Garena. Ya, seperti yang kita tahu, sejak pertama kali mengambil alih PB, Garena sudah berjanji bahwa masalah migrasi akun ini akan menjadi prioritas utama mereka. Namun sampai saat ini, proses migrasi akun PB Garena masih belum dilakukan. Ada apa gerangan?

Kilas balik sekitar bulan Agustus 2015 lalu, sempat beredar kabar bahwa Garena menolak metode migrasi akun yang diinginkan oleh Gemscool. Metode yang diminta oleh Gemscool adalah menggunakan verifikasi email, user ID dan juga password. Sedangkan, Garena meminta prosedur disederhanakan menjadi user ID dan password saja dengan alasan hanya sekitar 10% saja user yang masih mengingat emailnya.

migrasi akun pb garena

Gemscool sempat mengungkapkan, bahwa mereka bersedia menggunakan prosedur yang diminta oleh pihak Garena, dengan catatan Garena bersedia mempertanggung jawabkan resiko yang akan muncul nanti. Gemscool mengungkapkan bahwa migrasi akun PB Garena ini jika dilakukan tanpa pengamanan yang baik (seperti verifikasi email), maka akan sangat beresiko terkena account hacking. Namun sayang, pada saat itu Garena tidak mau mempertanggung jawabkan hal tersebut.

Sesuai dengan kontrak yang ada, setelah layanan PB Gemscool berakhir (30 Juni 2015 yang lalu), maka migrasi akun harus dilakukan oleh publisher baru dalam jangka waktu 3 bulan setelah kontrak selesai. 3 bulan adalah waktu yang dirasa cukup oleh Zepetto, developer game PB, dalam melakukan migrasi akun sehingga waktu tersebutlah yang tertuang ke dalam kontrak. Namun tanpa terasa 3 bulan sudah berlalu, dan tanggal 30 September 2015 kemarin adalah batas akhir migrasi akun yang bisa pihak Gemscool lakukan, sesuai dengan perjanjian yang tertulis di dalam kontrak.

migrasi akun pb garena

Dalam pernyataan resmi yang dituliskan oleh Gemscool, tertulis bahwa Zepetto dan publisher baru Point Blank sudah jelas mengetahui batasan 3 bulan tersebut di dalam kontrak. Namun selama periode tersebut migrasi akun belum juga dilakukan dan inilah yang disayangkan oleh pihak Gemscool. Gemscool sendiri sudah memberikan semua informasi akun (karakter, item, dll) pada tanggal 7 Juli 2015 kepada Zepetto untuk keperluan migrasi akun PB Garena ini. “Kami telah menyelesaikan segala persiapan untuk melakukan migrasi, dan hanya tinggal menunggu pihak publisher baru untuk mulai mengerjakannya,” tulis Gemscool dalam pernyataan resminya. “Kami telah berusaha untuk bersikap sekooperatif mungkin dalam memastikan proses transfer akun berlangsung lancar,” lanjut pernyataan tersebut.

Kontrak Gemscool selama proses migrasi akun PB ini memang sudah habis tanggal 30 September 2015. Apakah artinya migrasi akun ini dibatalkan? “Walaupun dalam kontrak tanggal 30 September adalah batas akhir kewajiban pihak Gemscool dalam mendukung migrasi akun, kami masih bersedia memberikan bantuan sebagai bukti cinta kami kepada para player PB yang sudah bersama dengan kami selama 6 tahun ini,” lanjut pernyataan resmi tersebut. “Jika pihak publisher baru PB ingin melakukan migrasi akun saat ini juga, kami bersedia. Namun kami tidak bisa menyediakan bantuan seperti ini selamanya, tim support kami hanya akan tersedia hingga bulan Oktober 2015 saja. Ini pun kami lakukan karena kami mengerti perjuangan para player PB dalam membesarkan karakter mereka masing-masing, mengenai kerja keras dan uang yang telah mereka gunakan dalam membentuk karakter mereka,” pungkas pernyataan tersebut.

Jadi sudah jelas, bahwa saat ini migrasi akun PB hanya tinggal menunggu langkah dari pihak Garena saja. Semoga pernyataan resmi dari Gemscool ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan para pemain yang sampai saat ini menantikan kejelasan migrasi akun PB Garena.


SHARE
Previous articleMeibi Studio, Suka Duka Lulusan UGM Jogja Mendirikan Studio Game di Jepang
Next articleBerkat Loki, Monster Legenda Pokémon Z Lebih Kuat dari Xerneas dan Yveltal
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.