Tokoh-Tokoh Watchmen Akan Kembali Lewat Serial HBO?

A3 poster:Layout 1Kurang puas dengan Watchmen versi layar lebar? Ingin pengalaman menonton yang lebih detil lagi, hingga lebih menyerupai yang disajikan Alan Moore di komiknya? Harapan kamu bisa terwujud. Dikabarkan kalau Zack Snyder, sang sutradara, tengah berdialog dengan HBO untuk menciptakan versi seri dari Watchmen!

Dalam format layar lebar, Watchmen tak ditakdirkan untuk meraih keuntungan besar. Durasinya yang panjang diisi oleh plot yang cukup berat, dan adegan aksinya bisa dirasa kurang banyak atau kurang spektakuler oleh fans awam. Itu tak bisa dihindarkan, karena komik aslinya pun lebih menawarkan misteri penuh intrik ketimbang aksi superhero gaya Avengers maupun Justice League.

Kelemahan-kelemahan Watchmen bisa teratasi jika filmnya dikemas dalam bentuk serial, seperti Daredevil. Inilah sepertinya yang diharapkan oleh Zach Snyder, agar ia bisa menyajikan cerita dengan dunia yang lebih kaya.

Watchmen - Watchmen 1Dikabarkan perdana oleh Collider kalau Snyder memang mengontak HBO untuk membicarakan sesuatu tentang serial Watchmen. Namun kabar terakhir, dari update Collider sendiri, menyampaikan kalau Snyder dan HBO belum menemui titik kesepakatan. Mereka memang sempat berdiskusi tentang Watchmen, namun HBO belum mencapai kesepakatan apa-apa.

HBO juga tutup mulut tentang visi yang diinginkan Snyder untuk serial HBO Watchmen ini. Apakah dia akan mencoba lagi mengadaptasi komiknya, namun dalam format yang lebih pas: serial TV/mini seri? Ataukah dia ingin menyajikan cerita lain dari dunia Watchmen? Karena kebetulan ada judul yang cocok bila Snyder menginginkan hal seperti itu: Before Watchmen.

Watchmen - Before WatchmenSebagai seri, Before Watchmen sebenarnya tak diperlukan. Flashback terpenting dari tokoh-tokoh Watchmen sudah disajikan dengan memikat di dalam serial aslinya. Namun tetap saja seri buku ini diluncurkan. Hasilnya pun beragam. Beberapa cerita mendapat tanggapan positif (Dr. Manhattan contohnya), ada yang mendapat tanggapan negatif (Comedian), dan banyak juga yang menuai tanggapan beragam, tergantung siapa kritikusnya.

Mengesampingkan kualitas judul-judulnya, yang beragam tergantung tim penulis dan hasil akhir setiap komik, Before Watchmen menampilkan cerita-cerita yang cukup segar untuk ditampilkan oleh Snyder dan aktor-aktor Watchmen. Kalau ternyata Snyder tidak sekedar ingin mengulang usahanya mengadaptasi Watchmen, ini adalah langkah yang paling masuk akal untuk ia ambil.

Kalau Snyder sudah berkehendak, maka hambatan untuk rencana ini sekarang hanya kesediaan HBO saja. HBO dan Warner Bros tidak memiliki ikatan langsung, sehingga mereka tidak akan begitu saja memproduksi serial DC yang diinginkan Warner. Beda dengan Marvel, yang dapat dibantu stasiun ABC karena siaran yang satu itu dimiliki Disney. HBO juga terkenal tak akan memberi kepastian hingga sebuah serial siap tayang, dan tak ragu menolak serial terkenal sekalipun jika tidak sesuai dengan visi mereka.

Jadi, akan seperti apakah hasil komunikasi HBO dan Snyder ini? Kita tunggu saja rilisnya info lebih lanjut.


SHARE
Previous articleUpdate Hearthstone Baru Fokuskan Perang Mesin di Tavern Brawl
Next articleOne Piece 802: Z-Zou….?!!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.