Lagu Anime dan Vocaloid Berbahasa Indonesia Ini Gak Kalah Keren dari Aslinya!

Anisong dan lagu vocaloid berbahasa Indonesia buatan para fans ini gak kala keren dari lagu aslinya ataupun lagu-lagu anime berbahasa Indonesia jaman dulu loh!

Lagu Anime dan Vocaloid Berbahasa Indonesia Ini Gak Kalah Keren dari Aslinya!

Lagu Anime dan Vocaloid Berbahasa Indonesia Ini Gak Kalah Keren dari Aslinya!

Para generasi 90an tentu akrab dengan lagu-lagu anime berbahasa Indonesia. Lagu anime ini rasanya bahkan masih kalian ingat hingga sekarang. Kini meski tidak ada lagi stasiun televisi yang melakukan hal ini namun sepertinya  sisa-sisa generasi 90an masih tergoda untuk melakukannya. Beberapa utaite Indonesia pun menyanyikan anisong dan vocaloid berbahasa Indonesia terjemahan mereka sendiri. Hasilnya pun tak kalah keren dari lagu-lagu anime berbahasa Indonesia jaman dahulu!

Bagi kalian yang tumbuh pada era 90an dan awal 2000an tentunya akrab dengan lagu-lagu anime yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Lagu-lagu ini bisa saja memiliki arti yang mirip dengan arti lagu aslinya, ataupun telah mengalami modifikasi. Dengan adanya anisong berbahasa Indonesia ini kalian bisa lebih mudah menghapal lagu-lagu tersebut, bahkan bukan hal yang mengherankan jika kalian masih mengingatnya hingga sekarang.

[youtube_embed id="1Ixg_6Ldyu0"]

Video diatas menunjukkan kompilasi anisong jadul yang berbahasa Indonesia. Tapi bukan itu yang akan kita bahas lebih jauh kali ini. Beberapa utaite (penyanyi amatir yang gemar mengcover lagu di Internet) asal Indonesia pun kini menyanyikan lagu-lagu anime dan vocaloid dengan lirik berbahasa Indonesia. Ada yang secara serius mengartikannya, walaupun ada juga yang membuatnya sebagai sebuah parodi.

[youtube_embed id="ayi4CFAZU4I"]

[youtube_embed id="44VmNUKNALA"]

[youtube_embed id="Q8ImzS1sbGo"]

[youtube_embed id="iL4G4wCmPdU"]

[youtube_embed id="wI6KO5k505k"]

[youtube_embed id="5V6t1uf996g"]

Lagu diatas dinyanyikan oleh seorang utaite dengan nama alias fleurishana. Hal ini sudah dilakukannya selama beberapa tahun terakhir. Memang fleurishana lebih sering mengunggah hasil karyanya ini di [outbound_link text="soundcloud" link="https://soundcloud.com/fleurishana-yg-tersakiti"], namun ternyata hasil karyanya itu memicu yang lain untuk membuat video klipnya bahkan hingga memasukkan logo dan pewarnaan khas stasiun televisi tertentu. Hana sendiri tidak jarang berkolaborasi dengan penyanyi lain.

[embedly url="https://soundcloud.com/fleurishana-yg-tersakiti/fleurishanaliar-mask-tv-size-indo-ver"]

[embedly url="https://soundcloud.com/fleurishana-yg-tersakiti/fleurishana-x-reikakumei-dualism-indo-ver"]

[embedly https://soundcloud.com/nachiyu/fleurishananachiyuyumeyakusoku-no-kizuna-indonesia-coverurl=""]

[embedly url="https://soundcloud.com/fleurishana-yg-tersakiti/joey-x-fleurishana-preserved-roses-tv-size-indo-ver"]

Sayang beberapa karya fleurishana di akun soundcloud terdahulunya hilang akibat akun tersebut terblokir oleh pihak soundcloud akibat dianggap melanggar copyright. Padahal ada satu cover menarik dari lagu Egoist yang berjudul Departures yang merupakan karya pertama dan kemudian membuat namanya cukup dikenal oleh para netizen.

Tidak seluruh lirik lagu diatas ditulis oleh fleurishana sendiri, kebanyakan merupakan hasil tulisan [outbound_link text="akkun" link="https://soundcloud.com/akkun-nii"]. Beberapa juga ditulis oleh orang lain atau hasil terjemahan orang lain yang kemudian ia sesuaikan agar bisa dinyanyikan. Fleurishana juga sempat menjadi dubber untuk karakter Nala dari game INheritage buatan Tinker Games.

Lanjut ke halaman 2...

Lagu Anime dan Vocaloid Berbahasa Indonesia Ini Gak Kalah Keren dari Aslinya!

Selain fleurishana masih ada beberapa utaite Indonesia lainnya yang aktif membuat cover lagu vocaloid berbahasa Indonesia. Seperti beberapa video berikut:

[youtube_embed id="XI8qnZmL0Y8"]

[youtube_embed id="5juN7uzl8EI"]

[youtube_embed id="t8_lv8Vqjfo"]

Video-video diatas adalah karya salah satu utaite Indonesia, [outbound_link text="rachie" link="https://www.youtube.com/user/splendiferousfantasy"]. Bisa kalian lihat sendiri jika rachie memang lebih sering membuat cover lagu vocaloid berbahasa Indonesia daripada anisong. Terlebih jika kalian mengamati melalui akun youtubenya, kebanyakan coveran dia justru menggunakan bahasa Inggris. Yah, rachie memang lebih dikenal sebagai utaite yang sering mengcover lagu vocaloid dalam bahasa Inggris. Seperti beberapa video berikut.

[youtube_embed id="fXD11Fi9SY4"]

[youtube_embed id="pZ3gFlg6IDs"]

[youtube_embed id="bB5sRgSy79w"]

[youtube_embed id="YiVpWPkbdPY"]

Rachie sendiri tidak jarang berkolaborasi dengan beberapa utaite lain baik dalam hal aransemen, lirik maupun membawakan lagu. Selain Rachie, masih ada kimunyu yang juga berasal dari Indonesia dan gemar membuat cover lagu vocaloid. Kimunyu  juga sempat beberapa kali membuat cover lagu-lagu anime berbahasa Indonesia walaupun seluruh cover lagunya yang berbahasa Indonesia sejauh ini masih berupa parodi. Meski parodi, lirik lagu yang dibuat oleh kimunyu ini cukup menarik seperti lagu-lagu berikut:

[youtube_embed id="HwqfxT-u7AU"]

[youtube_embed id="Z5Rvu_rXLnY"]

[youtube_embed id="mQugI6qLlXU"]

Kimunyu juga sempat membuat cover dari lagu-lagu remix buatan salah satu produser vocaloid Indonesia, REDSHiFT berikut.

[youtube_embed id="3h_nOfMSkEU"]

[youtube_embed id="Nx6RRzTx5ng"]

Sebagai bonus ada coveran opening Ore ga Iru, tapi bukan coveran manusia melainkan menggunakan program vocaloid, IA.

[youtube_embed id="HY2Em9-5nV8"]

Lagu-lagu anime dan vocaloid diatas tidak kalah keren dengan lagu-lagu anime jaman dahulu bahkan tidak kalah keren dengan lagu-lagu aslinya, bukan? Semoga nantinya ketiga utaite diatas masih terus menghasilkan karya anisong dan vocaloid berbahasa Indonesia. Atau mungkin beberapa karya diatas justru menginspirasi kalian untuk membuat karya yang sama? Jika ada utaite lain yang kalian tahu juga membuat cover lagu-lagu anime dan vocaloid berbahasa Indonesia dan belum kami sebutkan diatas, silahkan sebutkan di kolom komentar yah! Kami tunggu komentar kalian!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU