Detail Sistem SPECIAL Fallout 4 yang Berikan Opsi Hingga 275 Perk!

Fallout-4-9

Fallout 4 Pip-Boy Edition Wujudkan Mimpi Menjadi Vault Dweller!

Wearable device ala Fallout 4 yang kompatibel iOS dan Android, dijual dengan harga 1,6 jutaan!
Baca Juga

Tujuh tahun setelah Fallout 3 dirilis (New Vegas yang dirilis 2010 lalu dikembangkan oleh Obsidian Entertainment, bukan studio inti Bethesda), Bethesda Softworks resmi mengkonfirmasikan Fallout 4 awal Juni 2015 lalu. Todd Howard, pria dibalik kesuksesan Fallout 3 yang memimpin proyek terbaru serial game RPG post-apocalyptic ini untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Bethesda mengungkapkan jika Fallout 4 bakal dirilis 10 November 2015 mendatang, dan tersedia dalam dua varian. Yang standar dipatok dengan harga $59.99 (sekitar Rp. 800 ribuan), dan varian khusus berharga $119.99 (sekitar Rp. 1,6 jutaan) dijuluki sebagai “Pip Boy” Edition.

Fallout-4-2

Pasca E3 2015, Bethesda merilis banyak video yang memperlihatkan detail sistem dan fitur gameplay Fallout 4 yang memang sangat kompleks dan bakal menyibukkan kalian dalam waktu lama hanya untuk menguasainya. Selama memainkannya, kalian bakal menghabiskan banyak waktu mengamati status dan item karakter melalui gadget PipBoy. Karakter memiliki tujuh status S.P.E.C.I.A.L. (Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intelligence, Agility, dan Lucky) yang menentukan bagaimana keahlian karakter, sekaligus juga berfungsi sebagai Perks.

Fallout-4-4

Fallout 4 Perlihatkan Amerika yang Tandus, Versi Xbox Dapatkan Fitur Eksklusif

Fallout 4 lebih jauh perlihatkan bagaimana jika kalian menjadi satu-satunya manusia yang selamat dari kiamat nuklir di masa depan.
Baca Juga

Sistem progress karakter S.P.E.C.I.A.L. tersebut pasti sudah kalian kenali. Di awal permainan, kalian mendapatkan poin untuk dimasukkan ke sistem progression S.P.E.C.I.A.L. ini, yang mewakili tujuh statistik. Ketika karakter mendapatkan cukup experience point untuk naik level, mereka membuka perk atau ability baru. Dan ketika kalian mengalokasokan lebih banyak poin pada suatu status, maka lebih banyak ability bisa terbuka. Perk tersebut bisa juga di-upgrad untuk meningkatkan efisiensi karakter, dan lebih jauh juga membuka ability lainnya.

Fallout-4-5

Bethesda Tawarkan “Tujuan Wisata” Baru, Menjelajahi Kota Besar Pasca Kiamat!

Obyek wisata tempat yang indah, bersih dan rapi, sudah terlalu mainstream gan. Nih, obyek wisata baru, di tengah dunia Fallout yang porak poranda karena nuklir!
Baca Juga

Perk sendiri adalah skill dan ability yang dipilih ketika karakter naik level, dan kini dalam Fallout 4 ada daftar Perk baru yang memperlihatkan semua Perk yang bisa kalian pilih, sekaligus yang sudah kalian miliki. Semuanya terorganisir oleh tujuh status S.P.E.C.I.A.L.. Ada Perk untuk setiap status S.P.E.C.I.A.L. dan setiap rank S.P.E.C.I.A.L. dari 1 sampai 10. Jika karakter memiliki nilainya, maka perk-nya bisa dipilih. Misalnya, jika karakter keluar Vault dengan 10 Charisma, maka kalian bisa pilih perk “Intimidation” yang memungkinkan kalian memanipulasi dan mengendalikan karakter lainnya. Disiapkan 70 base Perk dengan banyak rank yang berfungsi melakukan hal baru di sini, dan menghasilkan hingga 275 perk yang bisa kalian pilih. Lihat detailnya melalui video di bawah

Fallout 4 Character System

Sistem lainnya seperti companion juga masih dipertahankan. Mereka bisa kalian rekruit, dan tetap tinggal menemani dan membantu karakter. Kalian hanya bisa membawa sati companion saja setiap waktu. Menurut Bethesda, ada 12 companion yang bisa direkruit dalam game, dan beberapa diantaranya bisa didekati untuk hubungan yang lebih dari sekadar companion. Kemudian tidak ada level cap dalam Fallout 4 ini, dan permainan kalian tidak akan berakhir meskipun cerita utamanya berhasil kalian selesaikan.

Di bawah ini rangkaian seri video yang mengenalkan rule set S.P.E.C.I.A.L. baru dalam Fallout 4. Baru empat video S.P.E.C.I.A.L. saja yang dirilis Bethesda.

Fallout 4 S.P.E.C.I.A.L. Video Series – Strength

Fallout 4 S.P.E.C.I.A.L. Video Series – Perception

Fallout 4 S.P.E.C.I.A.L. Video Series – Endurance

Fallout 4 S.P.E.C.I.A.L. Video Series – Charisma

Game ini memberi pilihan memainkannya dalam tampilan first-person atau third-person, dan ada banyak opsi dialog muncul untuk setiap pilihan yang kalian temui. Setelah melakukan penjelajahan di dunia yang tandus tersebut, karakter menemukan kembali robot pelayannya, dan dia juga mendapati seekor anjing, yang kemudian juga menjadi partner perjalanannya, dan bisa diperintah karakter. Karakter juga menemukan Pip Boy pertamanya untuk mengatur status karakter, diperkenalkan juga sistem armor berlapis, kaset yang bisa didengarkan rekamannya, dan bahkan memainkan mini-game retro sebagai selingan yang menghibur melalui Pip Boy.

Fallout-4-6

Selama permainan, karakter bisa mendirikan pemukimannya sendiri, dan melalui sistem crafting-nya, kalian juga mencari material sisa-sisa dari sepanjang dunia game, menggunakannya untuk membangun pemukiman kalian secara real-time sembari kalian bertualang. Seiring pemukiman kalian berkembang, akan ada lebih banyak manusia yang datang membantu, sehingga makin cepat membesar. Sampai akhirnya kalian juga perlu memikirkan pertahanan pemukinan tersebut, untuk bertahan dari serangan perampok. Membangun pemukiman menjadi tugas opsional kalian dalam game, namun sepertinya bakal membuat permainan makin kompleks dan panjang.

Fallout-4-7

Bethesda menambahkan, selain pemukiman yang bisa dikembangkan dan dimodifikasi selama permainan, masih ada 50 base weapon yang mengarah pada lebih dari 700 modifikasi untuk senjata tersebut, menggunakan part yang ditemukan selama penjelajahan dunia Fallout 4. Bahkan juga bisa memodifikasi power armor kalian sendiri. Tidak ketinggalan, Bethesda juga menekankan jika Fallout 4 berjalan menggunakan versi baru Bethesda Softworks’ Creation Engine, dengan fitur baru seperti full physical-based rendering dan dynamic volumetric lighting, yang diklaim mampu memberikan duniaopen world sisa-sisa Boston yang lebih mendetail dibandingkan seri sebelumnya.

Fallout-4-8


SHARE
Previous articleMicrosoft Konfirmasikan Xbox One Fallout 4 Bundle
Next articleNaruto Versi Wayang Kulit Ini Benar-Benar Unik!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.