Komik Gundala Putra Petir Kembali Lewat Harian Kompas

Jagoan legendaris asal Indonesia Gundala Putra Petir akan kembali menyapa penggemarnya dengan cerita yang lebih fresh. Rencananya komik akan terbit di harian kompas baik versi cetak maupun ePaper.

Komik Gundala Putra Petir Kembali Lewat Harian Kompas

Komik Gundala Putra Petir Kembali Lewat Harian Kompas

Komik Gundala dikabarkan akan kembali eksis lewat harian Kompas. Sang komikus Hasmi akan kembali menulis tokoh fiksi yang populer di tahun 60-an yang berjudul 'Gundala Putra Petir'. Ia akan segera merilis seri terbaru dari petualangan Gundala dengan tampilan lebih ekspresif.

Sebelumnya, di awal tahun 2015 Hasmi sempat mempublikasikan kabar gembira ini. Dalam pengakuannya komik Gundala akan dibuat berwarna. Namun saat itu Hasmi tidak memberikan penjabaran detail apakah komik merupakan mebaharuan versi lawas atau dibuatkan cerita baru.

Kini puzzle informasi tentang superhero legendaris tersebut mulai jelas. Hasmi akan meluncurkan petualangan terbaru Gundala dalam episode 'Bangkitnya Ki Wiluwak'. Di bawah naungan BumiLangit, komik Gundala akan menyapa masyarakat Indonesia modern lewat harian Kompas. Baik itu versi cetak maupun ePaper. BumiLangit sendiri merupakan pengelola dari sejumlah IP-IP karakter komik lokal klasi. Sejumlah komik populer di bawah benderanya ialah Si Buta dari Gua Hantu, Godam, Mandala, Sri Asih dan sebagainya.

Siapa Itu Gundala Putra Petir?

Komik Gundala Putra Petir Kembali Lewat Harian Kompas

[read_more id="225655"]

Anak-anak masa kini mungkin belum banyak mengenal sosok superhero dari Tanah Air ini. Bukan hanya Amerika yang punya pahlawan beken seperti 'Captain America' atau 'Iron Man'. Jika mau sedikit menengok sejarah Indonesia sudah punya tokoh superhero yang tak kalah keren. Bahkan kemunculannya jauh sebelum pahlawan-pahlawan modern itu dikenal.

Gundala Putra Petir muncul pertama kali di tahun 1969. Komik bergenre fantasi tersebut memang dipengaruhi gaya Amerika dengan isi cerita lokal. Latar setting biasanya digambarkan di Yogyakarta atau Jakarta. Nama asli dari sosok Gundala ialah Sancaka.

Pria tersebut merupakan pemuda tampan yang memiliki kekuatan super untuk mengendalikan dan menangkap petir. Menurut cerita Hasmi, kekuatan Gundala terinspirasi dari tokoh legenda Jawa bernama Ki Ageng Sela yang dalam ceritanya mampu mengendalikan petir. Sedangkan gambar sosoknya di dapat dari karakter The Flash karya Gardner Fox, DC Comics.

Sancaka memiliki karakter ambisius dan terlalu fokus pada penelitiannya. Ia pun sempat melupakan hari penting kekasihnya hingga putus hubungan. Saat patah hati tersebut Sancaka tersambar petir, diculik Raja Kerajaan Petir hingga akhirnya diberi kemampuan super. Setelah itu Sancaka muncul sebagai pahlawan penumpas kejahatan lengkap dengan kostum yang bertopeng. Selain petir Gundala juga sangat cepat dalam berlari.

Kembalinya Sang Legenda Gundala Putra Petir

Komik Gundala Putra Petir Kembali Lewat Harian Kompas

[read_more id="201393"]

Komik Hasmi ini merupakan salah satu yang jadi legenda selain Si Buta dari Gua Hantu dan sebagainya. Sosok Gundala juga pernah hadir dalam versi film tahun 1981. Bahkan ada sejumlah pemberitaan yang mengulas bahwa jagoan Tanah Air ini berpotensi besar go internasional. Gundala disebut-sebut punya peluang besar jadi salah satu tokoh hero di serial film Avengers 3.

Di akhir seri sebelumnya Hulk menghilang diperairan Indonesia dan pengelola film mengabarkan bakal ada penambahan sosok jagoan. Harapan ini bukan tidak mungkin jika melihat kemajuan pesat film bergenre fantasi dan action dari Indonesia. Cerita petualangan jagoan satu ini juga tengah bersiap kembali ke layar lebar dan sedang memulai syuting.

Akhir tahun lalu sutradara kondang Hanung Brahmantyo mempublikasikan akan segera menggarap film tentang Gundala Putra Petir dengan jadwal rilis tahun 2016. Mengenai komik hingga kini belum diketahui jadwal terbitnya. Pengelola dan pihak Kompas masih dalam tahap diskusi untuk serialisasi komik Gundala. Bagi yang penasaran dan tidak sabar bisa melihat teaser berwarnanya yang sudah banyak tersebar di Internet.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU