Shin Megami Tensei X Fire Emblem Bantu Kalian Menjadi Artis J-Pop!

Shin-Megami-Tensei-FE-10

Game Persona Untuk Wii U Akhirnya Lahir Dari Kolaborasi Atlus X Nintendo!

Game "Persona" terbaru dengan banyak karakternya yang berpenampilan seksi ini dirilis eksklusif untuk Wii U lho!
Baca Juga

Awal tahun ini Nintendo dan Atlus resmi mengkonfirmasikan game crossover yang sudah lama mereka kembangkan secara rahasia, yaitu Shin Megami Tensei X Fire Emblem, atau yang juga disebut sebagai Genei Ibunroku #FE (atau terjemahannya, Illusory Revelations Sharp FE, dimana “FE” di sana jelas menunjuk pada Fire Emblem) di Jepang. Nintendo mengungkapkan bakal merilis game ini untuk Wii U 26 Desember 2015 mendatang di Jepang serta tahun 2016 di Amerika Utara dan Eropa. Game ini juga disebutkan bakal tampil sebagai RPG modern dengan setting di kota Tokyo, dimana dunia sehari-hari (mewakili Shin Megami Tensei) eksis berdampingan dengan dunia alternatif fantasi, dan bakal dibintangi para karakter serial Fire Emblem.

Wii U – Genei Ibun Roku #FE E3 2015 Trailer

Game ini sangat kontras dengan ekspektasi penggemar, apalagi Fire Emblem, yang menjadi seri utama atau yang lebih dominan di sini karakter karakter yang digunakan dari serial game tersebut. Satu hal yang sudah pasti bakal berseberangan dengan harapan penggemar aslinya adalah dunia modern. Hasilnya, Genei Ibunroku #FE alias Shin Megami Tensei X Fire Emblem ini nantinya menjadi RPG dengan setting Jepang masa kini, namun terfokus pada perkembangan sekelompok karakter yang digambarkan realistis, lengkap dengan masalah hidup di jaman modern. Ya, langsung mengingatkan kami pada tipikal game Persona. Berikut bisa kalian lihat kembali video live demonya yang dirilis selama E3 2015 lalu:

Nintendo Treehouse Live @ E3 2015 Day 2 Genei Ibun Roku #FE

  • Apa yang bisa kalian lihat melalui demo tersebut, pertama, mengambil setting di Shibuya, fokusnya jelas, persimpangan Shibuya Crossing yang sangat tersohor itu (karena ga pernah sepi).
  • Keseluruhan settingnya di Tokyo modern, dimana dunia mulai mengalami masalah serbuan trend dari dunia lain yang dikenal sebagai Idolsphere, dan makhluk yang dijuluki Mirage mulai menyerbu. Nintendo sendiri menyebut RPG ini sebagai J-Pop RPG, karena banyaknya pengaruh musik di dalamnya. Bahkan musik berperan penting menentukan bagaimana dunia dalam game berubah seiring permainan.

Shin-Megami-Tensei-FE-1

  • Misalnya, jika karakter utama wanita memulai debutnya sebagai idol, maka poster single debutnya bakal terpampang di kota dan lagunya juga diputar di toko.
  • Protagonis kalian seorang pemuda bernama Itsuki Aoi. Karakter orisinal. Namun bakal ada banyak karakter yang mengingatkan kalian pada Fire Emblem (khususnya dari Fire Emblem: Shadow Dragon and the Blade of Light dan Fire Emblem: Awakening. Seperti penjaga toko bernama Anna, yang juga menjadi karakter yang selalu muncul dalam tiap game Fire Emblem.

Shin-Megami-Tensei-FE-2

  • Karakter Fire Emblem lainnya juga muncul sebagai teman, atau musuh.
  • Karakter utama kalian adalah Mirage Master yang bermimpi menjadi artis, dan dia bertarung bersama Mirage (ini semacam Persona dalam serial Shin Megami Tensei).
  • Semua lagu dalam game dikerjakan dan diproduseri oleh penulis lagu terkenal Jepang, yang biasa memproduseri artis terkenal Jepang. Kemudian semua tarian yang kalian temui dalam game, juga diarahkan oleh koreografer tarian terkenal. Bahkan semua pengisi suara karakter dalam game ini pun dituntut untuk bisa bernyanyi, karena karakter tersebut juga harus bernyanyi dalam game.

Shin-Megami-Tensei-FE-3

  • Mirage merupakan makhluk dari dunia lain (dari dunia Fire Emblem) yang tertarik pada energi kreatif manusia, dan energi itu disebut Performa dalam game. Manusia yang memiliki Performa yang kuat bakal menarik Mirage kepada mereka, dan kemudian Mirage menghisap Performa-nya — ditandai dengan warna dari tubuh mereka yang memudar. Para Mirage tidak lain karakter yang kalian temui selama memainkan Fire Emblem Awakening dan Fire Emblem: Shadow Dragon and Blade of Light,
    seperti Tharja, Virion dan Draug.

Shin-Megami-Tensei-FE-4

  • Dengan Shibuya yang diserang Mirage dari dunia lain, dan penduduknya dihisap “warna tubuhnya”, Itsuki memasuki dungeon baru yang terbentuk di dalam gedung “106” di Shibuya, yang tidak lain dibuat berdasarkan gedung 109 di Shibuya. Dungeon tersebut menjadi salah satu dari banyak dungeon berbasis lokasi asli Jepang. Kemudian setiap dungeon juga memiliki puzzle-nya sendiri, yang semuanya diadaptasi dari fashion.
  • Di dungeon, kalian bertemu musuh (Mirage liar) yang terlihat pada layar, dan pertarungan dipicu dengan menyentuh mereka (bukan random encounter). Kalian juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menyerang mereka terlebih dahulu.

Shin-Megami-Tensei-FE-5

  • Mekanis piramida senjata yang dikenal dari Fire Emblem masih kalian temui di sini. Jadi kalian bakal sibuk mencari senjata ini kuat melawan senjata apa, dan juga sebaliknya, sekaligus mencari tahu kelemahan musuh. Atlus senditi mmeasukkan fitur serangan yang mereka sebut sebagai Session Attack. Itu adalah jenis serangan dimana beberapa karakter bisa berpartisipasi bersama. Serangan gabungan tersebut dipengaruhi faktor hubungan dekat antar karakter.
  • Menurut Atlus, kalian bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu 30 jam saja, atau 60 jam jika juga memainkan sub-questnya.
  • Tunggu ulasan kami selanjutnya, untuk melihat detail para karakter dan Mirage / Persona-nya dalam Shin Megami Tensei X Fire Emblem ini.

Shin-Megami-Tensei-FE-6

A tale of youth and heroes guided by destiny

Set in modern Tokyo, young people come together to weave an epic tale alongside heroes from an alternate world. This brand new RPG, developed by Atlus, is infused with elements of the popular Fire Emblem series. In the struggle between the worlds of glamour and darkness, these young heroes rise to face the challenge.

Features

Collaboration that blends the Shin Megami Tensei series with Fire Emblem characters.

“Mirages”—beings of immeasurable power hailing from another dimension—have begun invading our world. Some are evil, but others are drawn to humans with tremendous creative potential and have shared their powers to guard humanity.

Main characters fight as Mirage Masters and, at the same time, have big dreams to become great entertainers. They polish their singing and acting skills in the entertainment business in their daily life, and work as artists.

Young heroes must confront not only the invading Mirages but also the world of entertainment as they fight their way to stardom.

Shin-Megami-Tensei-FE-7 Shin-Megami-Tensei-FE-8 Shin-Megami-Tensei-FE-9


SHARE
Previous articleDarksiders II: Deathinitive Edition, Edisi “Permak Grafis” dengan Harga Murah Meriah
Next articleBosan dengan Jaman Modern, Far Cry Primal Bawa Kalian Kembali ke Jaman Batu
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.