Smartphone HTC, LG dan Samsung Juga Kebagian Update Android Marshmallow

Android-Marshmallow-7

Siapkan Smartphone Kalian, Update Android Marshmallow Segera Dirilis!

Siapkan Smartphone, Update Android Marshmallow Segera Dirilis! Update Android 6.0, download Android Marshmallow, download Android 6.0
Baca Juga

Google resmi mengkonfirmasikan Android 6.0 Marshmallow pertengahan Agustus 2015 lalu, dan yang dipastikan mendapatkannya terlebih dahulu adalah keluarga Android-nya Google, yaitu Nexus. Dua Nexus terbaru Google, Nexus 6P dari Huawei dan Nexus 5X dari LG juga telah diluncurkan akhir September kemarin, dan keduanya langsung hadir di pasaran menjalankan OS Android paling canggih tersebut. Sedangkan untuk keluarga Nexus lainnya, yang sudah kami tuliskan sebelumnya, mendapatkan update secara OTA mulai minggu ini. Namun tentu saja itu semua bergantung pada wilayah dimana Nexus Google tersebut kalian gunakan, atau, dukungan operator. Sedangkan untuk Android dari brand lainnya, juga sudah dikonfirmasikan oleh masing-masing vendor.

Spesifikasi HTC One M9 Cukup Untuk Hadapi Galaxy S6

Spesifikasi HTC One M9 Cukup Untuk Tandingi Galaxy S6. HTC One M9 vs Samsung Galaxy S6. Harga HTC One M9. HTC One M9 Dijual. HTC One M9 Dirilis.
Baca Juga
[clearboth]

Setelah sebelumnya kami menuliskan Android dari Sony Mobile dan Motorola apa saja yang bakal mendapatkannya update Android Marshmallow, berikut konfirmasi resmi dari HTC yang memastikan beberapa smartphone mereka yang kebagian versi OS baru yang sebelumnya dikenal sebagai Android M ini. Mulai pertengahan Agustus lalu, Google mengungkapkan apa kepanjangan dari huruf “M” tersebut, yaitu Marshmallow, yang mewakili jenis makanan berbentuk manisan kenyal, makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dalam berbagai bentuk, aroma dan warna.

HTC, vendor smartphone asal Taiwan tersebut memastikan jika keluarga Android papan atasnya, HTC One, bakal mendapatkan update Android Marshmallow. Mulai dari HTC One M8 sampai yang terbaru, HTC One M9+, dan juga varian ekonomisnya yang mengawarkan opsi dual SIM, HTC One E8 dan One E9+. Beberapa tipe kelas menengahnya yang disebut HTC Desire pun kebagian Android M. HTC menjanjikan keluarga Android tersebut mendapatkan update Android Marshmallow akhir tahun ini

LG-G4

LG V10, Android Keren dengan 2 Layar dan 2 Kamera Depan

LG V10, Android Keren dengan Dua Layar dan Kamera Depan, Fitur ala DSLR! Spesifikasi LG V10, cara root LG V10, harga LG V10, benchmark LG V10, video LG V10
Baca Juga

Dari Taiwan, kita terbang ke Utara. Dua vendor Korea Selatan, Samsung dan LG, memang belum bersuara soal update Android Marshmallow untuk Android mereka. Namun dari keterangan beberapa operator Amerika, kita bisa mendapatkan kepastian tipe Android mereka yang masuk ke rencana update. Untuk LG, yang sudah pasti berada di daftar teratas mereka adalah LG G4 dan LG G3, dan beberapa variannya. Kalian pengguna kedua flagship LG yang terkenal karena penempatan tombolnya yang unik tersebut, pasti menyadari keduanya masih saja tertahan pada Android 5.1. Kemungkinan besar LG melompati Android 5.1.1, dan mereka langsung memberikan update Android Marshmallow. Belum ada keterangan resmi, namun laman support resmi mereka menunjukkan referensi pada Android 6.0 Marshmallow sebagai pilihan OS. Sedangkan smartphone terbaru mereka, LG V10, bakal langsung menjalankan OS terbaru Google ketika dirilis nantinya.

Android-Marshmallow-6

Sedangkan untuk Samsung, kami mendapatkan informasi melalui operator Amerika T-Mobile, Galaxy apa saja yang bakal mendapatkan update Android Marshmallow. Memang seperti LG, Samsung belum memberikan keterangan resmi. Namun keterangan operator seluler biasanya cukup valid apalagi jika itu juga mereka posting melalui laman resminya. Menurut T-Mobile, Galaxy Samsung yang bakal mendapatkan update Android Marshmallow antara lain sebagai berikut:

Android-Marshmallow-3

Android Marshmallow bakal menawarkan fitur baru, seperti mode penghematan baterai yang lebih baik, yang disebut Doze serta manajemen App Standby. Skema manajemen tenaga tersebut aktif saat kalian menggunakan Android dengan tenaga baterai, dan fungsinya mengurangi aktivitas aplikasi di background ketika sensor gerakan Android tersebut mendeteksi jika sensornya tidak sedang digunakan oleh pengguna (atau singkatnya, ketika OS mendeteksi kalian tidak menggunakannya, maka langsung masuk ke kondisi low-power). Selain itu, dalam kondisi tersebut, konektivitas melalui GSM dan proses di background juga dibatasi, hanya notifikasi yang prioritasnya tinggi saja yang diproses.

Android-Marshmallow-4

Versi baru Android ini mendesain ulang perijinan dalam OS Android, dan kini hanya ada 8 kategori permission, dan aplikasi kini juga tidak lagi otomatis mendapatkan ijin pada permission tertentu selama kalian meng-installnya. Ya, memang opsi notifikasi agar kita bisa memilih permission apa saja yang diberikan selama meng-install aplikasi sudah banyak diterapkan vendor smartphone Android melalui software racikan mereka sendiri. Namun kini Google membuatnya menjadi fungsi dasar Android Masrhmallow. Google menerapkan opsi dalam sistemnya, sehingga kalian mendapatkan opsi system, dimana kalian bisa memberikan atau menolak aplikasi mendapatkan ijin menggunakan fitur tertentu dari Android.

Android-Marshmallow-5

Mengenai sensor sidik jari, Android Marshmallow memberikan dukungan bawaan untuk pengenalan sidik jari, memungkinkan kalian menggunakan fingerprint untuk membuka kunci perangkat Android yang memang memiliki sensor tersebut, dan bisa juga digunakan sebagai otentikasi pembelian melalui Play Store and Android Pay. Google pun menyediakan API standar agar developer bisa mengimplementasikan otentikasi berbasis fingerprint untuk aplikasi mereka.

Android Marshmallow juga mendukung pengoperasian USB Type-C, termasuk itu kemampuan untuk memerintahkan perangkat yang memiliki USB Type-C untuk men-charge perangkat lainnya melalui USB. Dan terakhir, yang masuk dalam standar keamanan Android Marshmallow, kini dikenalkan “verified links” yang bisa dikonfigurasi agar langsung terbuka melalui aplikasi yang memang sudah kalian atur sebelumnya, tanpa perlu meminta persetujuan penggunanya lagi, untuk menghemat waktu.


SHARE
Previous articleDaftar Smartphone Motorola yang Menerima Update Android Marshmallow
Next articleOne Piece 803: Markas Besar Revolutionary Army Ketahuan!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.