Disney Bakal Ciptakan Buku Gambar Augment Reality untuk Android dan iPhone

gambar Augment Reality

Tertarik pada ColAR Mix/Quiver, Disney mempelajari seluk beluknya dan bakal rilis buku gambar Augment Reality.

Ditahun 90-an, bagi para pembaca yang masih di jenjang taman kanak-kanak pasti mengalami donk yang namanya kegiatan mewarnai. Pada jaman itu, banyak sekali buku-buku bergambar yang dijual, biasanya kita memilih karakter yang kita suka lalu diwarnai menggunakan pensil gambar. Hal tersebut sangat menyenangkan, namun kini mulai tergeser dengan namanya smartphone. Nah, menariknya terdapat sebuah aplikasi smartphone yang membantu anak-anak untuk bisa belajar mewarnai sambil bermain. Aplikasi tersebut  bernama ColAR Mix. Bagaimana bisa sebuah aplikasi smartphone, dapat membantu anak-anak kita belajar mewarnai? Tenang, aplikasi ColAR Mix ini dilengkapi dengan fitur Augment Reality, dimana bisa membentuk sebuah render 3D karakter dari gambar 2D. Jadi, anak-anak kita bakal tertarik untuk mewarnai karakter yang nantinya bisa ia mainkan di smartphone. Untuk lebih jelas sistem bekerjanya, bisa kita lihat bersama videonya:

Yap, begitulah cara bekerja ColAR Mix yang mengandalkan fitur Augment Reality ini. Kita bisa mengunduh gambar yang disukai di website yang sudah disediakan nantinya. Lalu kita bisa print dan mulai mewarnai-nya. Semua tekstur yang ditampilkan dari alat pewarna bakal terdeteksi oleh kamera Smartphone kita, lalu karakter yang kita buat tersebut bakal muncul dalam bentuk render 3D lengkap dengan warnanya! Lebih menariknya lagi, karakter yang kita warnai itu bisa kita mainkan loh!

Tampaknya fitur buku gambar Augment Reality ini juga mampu membuat pihak Disney tertarik. Mereka langsung berencana mengadakan penelitian lebih lanjut untuk bisa mengembangkan sebuah aplikasi berbasis Augment Reality seperti ColAR Mix atau yang kini dikenal sebagai Quiver ini. Melalui berbagai penelitian, akhirnya Disney secara resmi memberikan pengetahuannya terhadap buku gambar Augment Reality ini di channel Youtube Disney Research-nya:

Dan dari hasil penelitian mereka, Disney berencana akan merilis sebuah aplikasi yang mampu memberikan koneksi lebih jauh lagi dari sebuah gambar animasi 3D yang dibuat dari gambar versi 2D ini. Tentu saja aplikasi baru ini bakal menggunakan teknologi yang lebih baru. Belum jelas kapan Disney bakal merilis buku gambar Augment Reality mereka, yang jelas mereka mengatakan aplikasi barunya tersebut memungkinkan untuk diakses baik di Android maupun iOS. Mungkinkah sebuah buku gambar Augment Reality yang isinya penuh karakter-karakter Disney? Siapa yang tahu? Hehe…


SHARE
Previous articleGamera Bakal Muncul Kembali dalam Format Tokusatsu Modern
Next articleLagi Krisis, Tales from the Borderlands Justru Digratiskan untuk Android dan iPhone
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.