Jam Kerja Eiichiro Oda Benar-Benar GILA!

Jam Kerja Eiichiro Oda thumbsJam kerja Eiichiro Oda selama membuat One Piece benar-benar membuat sang mangaka sibuk! Tidur sehari pun hanya beberapa jam!

Dressrosa Arc One Piece diceritakan Kembali dalam Bentuk Wayang!

Kalau dibuat versi wayang, jadi mirip Mahabarata atau Ramayana...
Baca Juga

Bagi sebagian orang, terutama yang hobi menggambar, menjadi seorang mangaka profesional adalah sesuatu yang benar-benar luar biasa bukan? Bayangkan saja, setiap hari kamu melakukan apa yang kamu suka dan mendapatkan bayaran atas hobimu tersebut –belum lagi kalau kamu berhasil membuat sebuah manga yang menjadi hit besar. Oke, kelihatannya benar-benar menggiurkan, akan tetapi sebelum kamu akhirnya memutuskan untuk meniti karir sebagai seorang mangaka pro, sebaiknya kamu tengok dulu jam kerja Eiichiro Oda ini.

Bagi kamu yang belum tahu (walau saya yakin semua orang sudah tahu), Eiichiro Oda adalah sang kreator dari salah satu manga populer saat ini, One Piece. Oda-sensei memulai debutnya saat umurnya berusia 22 tahun dan beliau sudah malang melintang sebagai mangaka dalam kurun waktu 18 tahun.

jam kerja eiichiro oda
Zou, ciptaan paling baru Eiichora Oda yang sempat bikin pembaca menganga…

Gajah Raksasa Zou dalam One Piece, Beneran Ada di Dunia Nyata Lho!

Apakah Eiichiro Oda mendapatkan inspirasinya dari sini?
Baca Juga

Nah, dalam kurun waktu tersebut, pastinya kamu akan menganggap bahwa Oda sudah memiliki formula tersendiri untuk menciptakan bab terbaru dari One Piece dengan mudah dan cepat. Akan tetapi, Oda tidaklah seperti itu.

Sekarang coba ingat-ingat kembali, selama 18 tahun, pasti kamu sangat jarang menerima komplain dari para fans bahwa One Piece mulai membosankan. Yah, itu semua karena Oda selalu memiliki ide-ide baru dengan berbagai twist disetiap bab barunya. Dan sepertinya, setiap pembuatan bab baru ini memberikan jam kerja yang sangat tinggi bagi Eiichiro Oda.

Jam kerja Eiichiro Oda
Salah satu plot twist dan kejutan yang diberikan oleh Eiichiro Oda di akhir Dressrosa Arc

Jadi, seberapa tinggikah jam kerja Eiichiro Oda? Berikut ini adalah keseharian Oda secara umum:

  1. Bangun jam 5 pagi, mulai bekerja
  2. Bekerja sepanjang hari, hanya beristirahat untuk hal tertentu seperti makan.
  3. Tidur jam 2 pagi.

Dengan kata lain, Oda-sensei hanya tidur selama 3 jam sehari! Perlu dicatat, bahwa aktivitas ini tidak hanya Oda-sensei lakukan saat periode tertentu, melainkan sepanjang tahun. Oda-sensei juga jarang liburan, bahkan saat weekend, lho! Untuk lebih detilnya, berikut ini perkerjaan Oda-sensei setiap minggunya:

  1. Senin – Rabu : Perencanaan layout dan dialog karakter
  2. Kamis – Sabtu: Menggambar dan inking
  3. Minggu: Coloring dan lain-lain

Kehidupan sehari-hari dan jam kerja Oda benar-benar mirip dengan kisah Bakuman ya? Yah, meski begitu, bukan berarti Oda tidak pernah libur sama sekali. Terkadang, Weekly Shounen Jump akan memberikan waktu dua minggu sebelum akhirnya mencetak volume berikutnya. Oda-sensei pun punya waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikan sebuah bab baru. Jadi, bagaimana Oda-sensei menghabiskan waktu ‘libur’-nya?

“Aku bertemu dengan asisten-asisten lamaku, atau dengan mangaka lain atau dengan teman yang telah membantuku, dan kita saling bercerita mengenai pekerjaan masing-masing.”

Dengan kata lain, bahkan saat libur pun Oda-sensei pun tetap menggunakan waktunya untuk membicarakan tentang manga. Yah, meskipun terlihat berat, semoga Oda-sensei tetap sehat sampai akhirnya One Piece tamat nanti.

Via: Rocketnews


SHARE
Previous article5 Desa Ninja Terkuat Naruto!
Next articleTembak Semua Kadal Alien di Game Shooter Mobile, Max Ammo
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.