Persaingan Virtual Reality Makin Memanas! Sony Kini Punya Teknologi ala Kinect!

PlayStation-VR-Virtual-Reality 2

Harga Oculus Rift dan PlayStation VR Bisa Bikin Shock Secara Virtual Reality!

Tenang, harganya masih lebih murah dibandingkan motor matic generasi terbaru kok!
Baca Juga

Selama event TGS 2015 lalu, Sony Computer Entertainment mengumumkan PlayStation VR, nama baru untuk Virtual Reality Headset yang sebelumnya kita kenal dengan kode Project Morpheus. PlayStation VR direncanakan bakal dirilis mulai pertengahan tahun 2016 mendatang. Meskipun perangkat tersebut bukan “barang” baru di ranah industri game dunia, namun kehadirannya selama TGS 2015 lalu sontak membuat publik makin yakin jika virtual reality adalah salah satu bagian masa depan dunia game. Sepertinya Sony paham akan hal itu, dan mereka pun berusaha makin mengukuhkan posisinya di tengah persaingan melawan rivalnya Oculus Rift milik Facebook, dengan salah satu caranya mengakuisisi SoftKinetic, sebuah perusahaan startup asal Belgia dengan spesialisasi mereka dalam teknologi Range Image Sensor menggunakan kamera dalam mengukur tingkat kedalaman, yang kemudian bisa melacak sesuatu, seperti gerakan apa yang dibuat oleh tangan.

PlayStation-VR-Virtual-Reality 3

Jangan Ngaku Penggemar Sony Xperia Sebelum Tahu Aksesoris Pelengkapnya Ini!

Hidup maniak gadget belum lengkap tanpa perlengkapan hi-tech dari Sony berikut ini...
Baca Juga
[clearboth]

Langkah Sony ini masuk akal, mengingat saat ini selain Sony Computer Entertainment sedang menyiapkan headset virtual reality PlayStation VR, Sony sendiri juga dikabarkan sedangkan mengerjakan sebuah smart glass bernama SmartEyeglass, kacamata cerdas ala Google Glass yang mendukung fungsi augmented reality. SoftKinetic sendiri memegang hak paten atas teknologi yang memungkinkan sensor kamera mereka mendeteksi gerakan tangan, dan juga pernah dilisensikan kepada Sony dan Intel. Perangkat mereka bisa diterapkan ke dalam kamera yang terintegrasi pada hardware Augmented Reality dan Virtual Reality, agar bisa melacak gerakan tangan.

PlayStation-VR-Virtual-Reality 4

9 Cewek Dead or Alive Xtreme 3 Bakal Bisa Dimainin Pakai PlayStation VR Lho!

Jika beneran bisa, bakalan menjadi bencana nasional! Bayangkan saja, jika para jomblo sudah cukup puas memiliki pacar virtual salah satu dari 9 "bidadari" Dead or Alive ini? Lantas cewek di dunia nyata dikemanain?
Baca Juga
[clearboth]

Kamera mereka dijuluki “time of flight,” dimana cara kerjanya memancarkan laser yang menyebar, dan mengukur berapa lama laser tersebut memantul kembali. Prinsipnya sama seperti bagaimana kamera Kinect pada Xbox One mengenali gerakan kita. Dengan demikian, teknologi SoftKinetic tesebut memungkinkan seseorang bisa melihat dan menggunakan tanbgannya untuk menggenggam, memanipulasi, atau juga berinteraksi dengan obyek secara virtual, meskipun masih mengenakan headset virtual reality seperti PlayStation VR, yang seharusnya membuat mereka tidak mungkin melihat. Untuk lebih memahami seperti apa teknologi mereka, tonton saja beberapa video berikut ini:

Oculus-Rift-13

Ini Masa Depan, Oculus Medium Mungkinkan Dua Orang Bersentuhan di Dunia Virtual!

Ingat adegan dalam film Ghost, ketika Demi Moore membuat patung tanah liat bersama si om hantu? Ya, kalian bisa mewujudkannya nanti melalui virtual reality dari Oculus Rift ini!
Baca Juga

Yup, prinsip kerja tersebut sama seperti kontroler Oculus Touch milik Oculus VR, yang bisa berkerja secara tandem dengan headset virtual reality Oculus Rift. Oculus menjelaskan jika menggunakan Oculus Touch penggunanya bisa membentuk item dan obyek baru di dalam dunia VR. Oculus Touch diungkapkan pertengahan tahun ini, dan membuat gadget virtual reality yang merupakan bagian dari Facebook tersebut unggul dibandingkan PlayStation VR. Bisa jadi Sony tidak ingin kecolongan dan dianggap perangkat virtual rality mereka kalah fitur, sehingga jalan pintas yang tercepat adalah dengan mengamankan SoftKinetic, agar bisa segera menggunakan teknologi mereka untuk memperkuat PlayStation VR. Bahkan dibandingkan Oculus Touch, beberapa bukti konsep yang dimiliki SoftKinetic sepertinya lebih praktis dan fleksibel dibandingkan kalian harus kerepotan menggenggam dua kontroler Oculus Touch.

Sony sendiri tidak menyebutkan berapa duit yang mereka keluarkan untuk mengakuisisi SoftKinetic. Namun kami yakin cukup besar jumlahnya. Bagaimana menurut kalian, kira-kira apa yang akan dilakukan Sony dengan teknologi SoftKinetic? Apakah untuk melengkapi gadget virtual reality PlayStation VR agar makin canggih fiturnya?

Sumber


SHARE
Previous articleGamer Indonesia Kembali Dapatkan Kesempatan Masuk Street Fighter V Beta!
Next articleResmi Sudah, Sequel Ant-Man Akan Dirilis Tahun 2018!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.