Ascender, Siap Hadirkan Perspektif Baru dalam Genre Puzzle Platformer

ascender: the enigmatic journey

Melalui seri game Ascender ini, GameChanger Team ingin memaksimalkan potensi yang bisa dicapai oleh sebuah game puzzle platformer.

Ini Daftar Game yang Lolos Seleksi GDG Prime 2015-YummyYummyTummy Challenge!

Game-game ini lolos seleksi GDG Prime 2015 - YummyYummyTummy Challenge serta berhak untuk mengikuti showcase dan penjurian final di GDG Prime 2015 Bandung!
Baca Juga

Genre puzzle platformer merupakan salah satu genre dengan potensi pengembangan yang besar. Jika tim pengembang memiliki banyak ide kreatif, mulai dari desain level, puzzle hingga kemungkinan “dicampur” dengan genre lain, maka genre ini bisa dikembangkan menjadi game yang lebih menarik. Hal itulah yang dicoba oleh GameChanger Team lewat game yang tengah mereka kembangkan berjudul Ascender: The Enigmatic Journey ini yang akan mengkombinasikan genre puzzle platformer dengan RPG dan dunia yang bebas dieksplorasi.

GameChanger Team mendiskripsikan Ascender: The Enigmatic Journey ini sebagai sebuah game puzzling explorative adventure, dimana pemain bisa mengeksplorasi dunia secara bebas dan menamatkan permainan lewat cara yang mereka inginkan. Game ini mengisahkan sesosok robot bernama SKY yang dibuat untuk membantu sang kreator, Profesor Toro Hudo untuk menjelajahi area GOA. Tujuan dari penjelajahan tersebut adalah untuk mencari empat metal legenda dan beberapa bahan lain yang digunakan untuk melengkapi perangkat pembantu Ocean, sosok gadis yang ditemukannya.

Ascender: The Enigmatic Journey ini sendiri merupakan seri pertama dari serial Ascender yang rencananya akan dibuat dalam empat seri dengan setting yang berbeda-beda. Diawali dengan peradaban GOA yang nama-namanya terinspirasi dari Himalaya, GameChanger Team juga menyiapkan beberapa peradaban lain untuk seri-seri Ascender selanjutnya seperti ATLAS, LUT dan ATARAN. GameChanger rupanya menyiapkan universe yang cukup luas bagi Ascender ini.

ascender: the enigmatic journey

Lantas bagaimana dengan gameplay yang ditawarkan? Ascender: The Enigmatic Journey menawarkan genre puzzle platformer dengan menggunakan grafis 2D. Kamu akan memerankan sosok robot SKY yang harus menjelajahi berbagai area dan memecahkan puzzle yang ditemui dalam petualangannya. Awalnya, SKY hanya bisa melompat dan mendorong item. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa menambahkan berbagai macam skill untuk SKY dengan menggunakan OpenChip System.

ascender: the enigmatic journey

Nah, OpenChip System inilah yang membedakan game ini dengan game-game puzzle platformer sejenisnya. Dalam sistem ini, kamu bisa mengumpulkan berbagai macam bentuk chip yang bisa kamu pasang di slot. Chip dan slot-nya ini terbentuk dari beberapa persegi yang dirangkai menjadi sebuah bentuk. Untuk memasang chip pada slotnya, kamu dituntut untuk menyesuaikan bentuknya. Jika kamu memiliki dua chip, sedangkan slot yang kamu miliki tidak muat untuk menampung keduanya, maka kamu harus mengorbankan salah satu skill, atau menunggu hingga slot-mu ter-upgrade dengan tambahan beberapa slot lagi.

ascender: the enigmatic journey

Game ini menyediakan berbagai quest yang bisa kamu selesaikan, dimana di setiap quest akan ada beragam puzzle yang harus kamu hadapi. Beberapa tipe puzzle yang sudah disiapkan antara lain Block Puzzle (meletakkan balok di tempat yang ditentukan), Laser Puzzle (menyambungkan titik-titik sesuai angka yang berurutan) dan Boss Puzzle yang berbeda-beda setiap boss yang kamu hadapi.

ascender: the enigmatic journey

Dengan konsep yang menarik ini, Ascender: The Enigmatic Journey berhasil meraih beberapa gelar dari event yang diikuti, seperti nominator kategori Best Game dalam INAICTA 2015 dan Runner Up Kategori Game dalam COMPFEST 2015. Jika kamu tertarik mencicipi game ini, kamu bisa mencoba prototype-nya yang sudah dirilis melalui tautan Itch.io di bawah ini, atau mencicipinya langsung di GDG Prime 2015 yang akan datang karena game ini merupakan salah satu finalis dari YummyYummyTummy Challenge.

Download Prototype Ascender: The Enigmatic Journey