Nintendo NX adalah Gabungan Konsol dan Smartphone, Bakal Sekuat PS4!

Nintendo-NX-3

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Padahal Sony dan Microsoft baru aja jual PlayStation 4 dan Xbox One, Nintendo segera ngajak berantem lagi dengan lawan konsol next-gen yang baru!
Baca Juga

Pertengahan Maret 2015 lalu, Nintendo bikin geger dengan mengkonfirmasikan kerjasama mereka dengan DeNA, yang selama ini identik dengan game sosial dan mobile di Jepang. Kabar tersebut ramai menjadi buah bibir, apalagi dengan kenyataan sebelumnya Nintendo selalu mengelak ketika ditanya apakah mereka bakal terjun ke bisnis game mobile. Namun sepertinya Nintendo punya rencana lain. Mereka akhirnya membuka diri menerima eksistensi game mobile yang tak terbendung di Jepang, dan mengkonfirmasikan persetujuan mobile gaming dengan DeNA. Selain konferensi pers yang begitu mengejutkan tersebut, karena bahwa Nintendo akhirnya mau merelakan ikon-ikon mereka muncul di platform mobile, yang tak kalah menarik adalah ketika bos Nintendo, Satoru Iwata juga sekilas menyebutkan satu proyek sistem baru Nintendo, yang sementara ini disebut dengan kode “NX.”

Nintendo-NX

Nintendo NX, Calon Platform Game Nintendo, Diduga Gunakan OS Android!

Tenang, ini hanya salah satu cara Nintendo menarik kembali developer game agar mau membuat game untuk mesin game mereka, bukan untuk memproduksi smartphone mereka sendiri.
Baca Juga

Setelah beberapa bulan ini tidak terendus kabarnya, kini kami mendapatkan update mengenai eksistensi calon platform baru Nintendo tersebut. Seperti yang banyak diduga sebelumnya, ternyata Nintendo NX adalah benar perpaduan dari konsol dan handheld. Bahkan saat ini dikabarkan Nintendo telah merampungkan development kit-nya, serta sudah dikirimkan kepada para developer agar mereka bisa mengembangkan software untuk Nintendo NX. Memang ini masih rumor, belum ada pernyataan resmi lagi dari Nintendo, namun sumber kami mendapatkan berita jika Nintendo memang berencana mengenalkan produk barunya ini secepatnya awal tahun depan.

Game-Nintendo-NX-2

Selain menyebarkan development kit, Nintendo sendiri juga dikabarkan sudah menyiapkan banyak software untuk Nintendo NX. Saat ini flagship Nintendo adalah Wii U, konsol yang diposisikan sebagai hiburan di rumah. Sedangkan handheld mereka 3DS juga sudah identik sebagai media gaming portable yang bisa dibawa kemana-mana. Analis menyimpulkan, jika Nintendo bakal menyatukan dua konsep tersebut. Gamenya, bisa dimainkan di rumah, atau bisa juga dibawa mobile. Hal ini juga mengindikasikan jika nantinya developer bisa dengan mudah membuat game yang memang difokuskan untuk dimainkan di konsolnya, namun bisa dengan mudah di-port ke handheld-nya, atau sejalan dengan rencana jangka panjang yang diungkapkan Nintendo beberapa waktu lalu. Itu baru dugaan saja, karena seperti apa bentuk hardware Nintendo NX ini juga masih misterius. Namun Nintendo juga diyakini bakal menanamkan chipset yang sangat kuat untuk bagian konsol NX, sehingga bisa berkompetisi dengan PlayStation 4 dan Xbox One.

Sejauh ini kami sudah mengetahui jika Square Enix siap membawa salah satu role-playing game terbaru mereka, Dragon Quest untuk Nintendo NX. Selain untuk platform baru tersebut, Dragon Quest XI, juga sedang dikembangkan untuk 3DS dan PlayStation 4.

Nintendo-NX-2

Wii U Menjadi Masa Depan Game Nintendo NX, Bukan 3DS!

Nintendo ingin seperti iOS dan Android, tiap tahun bisa muncul mesin game baru ber-merk Nintendo!
Baca Juga

Awal Juni 2015 lalu, juga sempat beredar kabar yang tak kalah menghebohkan. Disebutkan jika OS untuk platform Nintendo NX tersebut nantinya bakal berbasis pada sistem operasinya Google, yaitu Android. Jika benar seperti itu, maka jelas bakal merubah drastis paradigma yang selama ini dipegang Nintendo, dan pastinya itu bakal mempengaruhi kebijakan bisnis mereka ke depannya — yah, jika dilakukan tidak dengan cara yang mulus, ujung-ujungnya bisa muncul ketegangan internal, seperti yang terjadi di tubuh Konami seperti yang kami beritakan sebelumnya. Alasannya adalah karena saat ini keadaan Nintendo yang satu-demi-satu ditinggalkan developer game third-party, akhirnya memunculkan titik balik bagi Nintendo. Meskipun selama ini mereka memiliki filosofi mengembangkan software dan hardware mereka sendiri secara internal, titik balik tersebut sepertinya membuat Nintendo sadar, dan kini mereka bersiap merangkul platform yang lebih terbuka dengan Android, untuk memungkinkan (atau menarik kembali) developer masuk ke sistem baru mereka, yang sekaligus juga fleksibel agar konten tersebut bisa masuk ke smartphone dan tablet.

Bagaimana menurut kalian? Bakal seperti apakah Nintendo NX ini? Apakah bakal terwujud nantinya menggunakan OS Android-nya Goole? Karena sepertinya Nitendo NX dengan dua bagian yang terpisah, dan salah satunya bisa mobile, itu cocok banget jika dijadikan sebagai smartphone, ya!?

Sumber


SHARE
Previous articlePokémon GO Bernilai Lebih dari 400 Milyar, Bakal Menjadi Game Pokémon Terbesar!
Next articleResident Evil Akan Mendapatkan Film Animasi CGI Terbaru!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.