Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!

Siapa yang menyangka Attack on Titan hampir mengalami perubahan cerita karena alurnya dibilang membosankan? Berikut 4 anime yang diperkirakan akan gagal!

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Siapa yang menyangka kalau anime seperti Attack on Titan atau serial Mobile Suit Gundam diperkirakan akan mengalami kegagalan? Anime tersebut memiliki respon positif yang sangat minim pada awalnya sehingga banyak perusahaan menolak untuk menayangkan atau menerbitkannya. Namun, seperti yang kita ketahui anime tersebut justru mendapat respon yang sangat baik dan mendapatkan popularitas yang luar biasa dimasa depan. Berikut 4 anime yang diperkirakan akan gagal!


[page_break no="1" title="Serial Mobile Suit Gundam"]


Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!

[read_more id="223714"][clearboth]

Siapa yang tidak mengenal robot raksasa dengan beragam bentuk yang unik ini? Tapi apakah kamu tahu kalau Clover, perusahaan yang bertanggung jawab atas produksi action figure bertema Gundam, pada awalnya memotong jadwal tayang serial ini dari 52 menjadi 43 kali tayang? Alasannya adalah karena minimnya angka penjualan action figure tersebut.

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Namun, setelah Clover gagal untuk mempopulerkan mainan Gundam, hak cipta untuk memproduksi mainan tersebut diambil alih oleh Bandai. Action figure yang Clover gunakan untuk mempromosikan serial ini langsung dihentikan oleh Bandai, mereka justru membuat sebuah mainan yang dapat kita rakit sendiri. Pada waktu itu, mainan seperti ini masih menjadi suatu hal yang sangat baru sehingga rasa penasaran membuat angka penjualan meningkat drastis.

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Dengan meningkatnya angka penjualan, produksi dari serial Gundam dapat kembali berjalan. Mulai dari berbagai OVA, game, hingga serial yang mereka keluarkan, semua hal tersebut dapat dicapai berkat pengambil alihan hak cipta oleh Bandai.


[page_break no="2" title="Deadman Wonderland"]


Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Kesuksesan dari anime ini tidak berlaku di Jepang, negara asalnya sendiri. Walaupun manga dari serial ini mendapat kesuksesan di Jepang, adaptasi anime dari serial ini justru mendapat banyak kritik negatif dari banyak penggemarnya. Ada banyak alasan mengapa adaptasi anime ini dinyatakan sebagai produk gagal, diantaranya ada beberapa karakter yang dihapus, alur cerita yang terlalu dipercepat, dan berbagai adegan yang patut dipertanyakan.

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Namun, setelah mendapat respon yang kurang bagus dari negaranya sendiri, anime ini justru mendapat popularitas di negara lain. Anime ini menjadi salah satu anime yang paling banyak disaksikan di Toonami, salah satu program dari Cartoon Network yang menayangkan banyak anime jepang lainnya juga. Deadman Wonderland bahkan dapat mengalahkan rating dari Bleach yang juga tayang di Toonami.

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Kepopuleran anime ini di Amerika bahkan membuat Funanimation memproduksi blu-ray dari serial ini sebanyak dua kali karena banyaknya permintaan penggemar. Deadman Wonderland menjadi bukti bahwa kadang suatu anime yang tidak terkenal di negara asalnya sendiri, bisa jadi mendapat kesuksesan di negara lain.

Lanjut ke halaman 2...


[page_break no="3" title="Lupin III"]


Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Seperti Deadman Wonderland, serial ini juga memiliki manga yang cukup popular, namun, adaptasi animenya memiliki rating yang mengecewakan. Anime Lupin III memang pada awalnya ditargetkan untuk penonton dewasa, tapi pada saat itu anime ini gagal untuk mencapai penonton yang ditargetkan. Sebagai akibat dari rating yang rendah, penayangan Lupin III dipersingkat menjadi hanya 23 episode.

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Selama masa produksinya, Lupin III mengalami masalah produksi yang cukup banyak. Tim produksi merasa alur cerita dan sisi komedi dari anime ini terlalu gelap, hal tersebut membuat anime ini mendapat sutradara baru, Hayao Miyazaki dan Isao Takahata. Dibawah bimbingan dari mereka berdua, anime ini berhasil mendapatkan penayangan ulang dan popularitasnya pun meningkat drastis. Setelah empat serial, delapan film dan bahkan mendapatkan adaptasi live action, Monkey Punch telah berhasil membuat Lupin menjadi ikon populer di Jepang.


[page_break no="4" title="Attack on Titan"]


Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!

[read_more id="223136"][clearboth]

Saat ini live action dari Attack on Titan adalah salah satu film yang mendapat kepopuleran yang luar biasa, sehingga film ini menjadi salah satu film adaptasi anime paling dinantikan. Namun, tahukah kamu kalau serial ini pada awalnya harus mendapat perubahan cerita yang cukup besar agar dapat diterbitkan oleh salah satu penerbit populer?

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Untungnya Hajime Ishiyama, penulis dari serial ini menolak untuk merubah jalan cerita dan membawa naskahnya ke publisher lain, Kodansha. Kepopuleran dari manga Attack on Titan lalu berhasil mendapatkan adaptasi anime yang juga sukses dan kemudian adaptasi live action.  Saat ini serial Attack on Titan adalah salah satu serial terbesar di dunia, namun, Ishiyama pernah mengatakan bahwa dia akan mengakhiri manga serial ini pada jilid ke 20. Tapi pernyataan tersebut dia katakan pada tahun 2013.

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Saat ini serial Attack on Titan masih terus berjalan dan terus meraih kesuksesan. Bisa kamu bayangkan apa yang terjadi jika Ishiyama mengikuti perkataan penerbit pertamanya dan merubah alur cerita dari serial ini?

Attack on Titan dan Gundam Ternyata Termasuk Anime yang Diperkirakan Akan Gagal!Itulah 4 anime yang diperkirakan akan gagal! Siapa yang menyangka kalau serial sukses tersebut pada awalnya justru mendapatkan respon dan kritik yang negatif? Apa menurutmu ada anime lainnya yang awalnya mendapat perkiraan akan gagal? Berikan pendapatmu melalui kolom komentar yah!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU