Masashi Kishimoto: Aku Tidak Pernah Menggambar Secara Digital!

masashi kishimoto

Istri Masashi Kishimoto Sempat Marah Saat Tahu Naruto Menikah Dengan Hinata!

Masashi Kishimoto mengakui bahwa dia tidak sadar kalau Naruto menikah dengan Hinata bikin marah fans NaruSaku –dan juga istrinya sendiri! UPS!
Baca Juga

Masashi Kishimoto ungkapkan bahwa selama mengerjakan Naruto, beliau tidak pernah menggunakan media digital. Perlihatkan bagaimana dia menggambar Jiraiya secara manual! (Video)

Pada zaman yang serba digital ini, rasanya sulit membayangkan seseorang melakukan segala sesuatu secara manual –termasuk para mangaka yang menggambar manga mereka. Akan tetapi, tampaknya beberapa mangaka tetap setia mengerjakan manga secara manual, dan salah satunya adalah Masashi Kishimoto.

Dalam sebuah interview di New York (via ANN), Masashi Kishimoto mendeskripsikan bagaimana proses kreatifnya selama mengerjakan Naruto mulai dari sketsa hingga storyboards dan artwork yang dia selesaikan secara manual dan bukan secara digital.

“Aku sebenarnya cukup analog. Aku belum pernah menggambar manga secara digital. Kita mendapatkan banyak lembar stiker dengan tone dan shades yang berbeda. Bukan hanya aku saja yang melakukannya, asisten-asistenku dan aku bersama-sama menikmati pemasangan tone secara manual.”

Masashi Kishimoto: Aku Tidak Pernah Menggambar Secara Digital!

Masashi Kishimoto ungkapkan bahwa selama mengerjakan Naruto, beliau tidak pernah menggunakan media digital. Perlihatkan bagaimana dia menggambar Jiraiya secara manual! (Video)

Abaikan

Meskipun tidak pernah menggunakan media digital untuk membuat manga, bukan berarti Kishimoto-sensei tidak menyukai media digital. Beliau bahkan merekomendasikan pada para mangaka sekarang untuk mulai go digital.

“Aku tidak merekomendasikan metode manual. Metode tersebut menghabiskan banyak uang, sulit, dan menyita banyak waktu. Aku merekomendasikan, untuk kamu yang sedang memulai atau belum mulai membuat manga, untuk menggunakan media digital.”

live-action bakuman rajai box office
Live-Action Bakuman

Eiichiro Oda: Kalian Harus Nonton Live-Action Bakuman!

Eichiiro Oda mengemukakan pendapatnya mengenai film live-action Bakuman yang sebentar lagi akan dirilis di Jepang.
Baca Juga

Yah, menciptakan suatu manga bukanlah sesuatu yang mudah. Perlu banyak waktu, kesabaran dan juga tentunya modal untuk bisa menciptakan sebuah manga. Dan mungkin, sesuai apa yang Kishimoto-sensei rekomendasikan, membuat manga secara digital akan mempermudahmu dalam membuat sebuah manga. Meski begitu, Kishimoto-sensei juga mengingatkan bahwa tidak ada software dan teknologi digital diluar sana yang akan membantumu membuat cerita yang bagus.

Selain ditanyai mengenai proses kreatif pembuatan manga, Masashi Kishimoto juga sempat ditanyai pendapatnya mengenai Bakuman –sebuah manga karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata yang kini tengah diadaptasi menjadi live-action.

“Pastinya aku pernah benar-benar dimarahi oleh editor, khusus-nya tentang deadline. Kupikir 99% dari cerita Bakuman itu benar. Tetapi aku pikir tidak mungkin bagi seorang murid SMA untuk menjadi mangaka profesional dan pergi ke sekolah pada saat yang bersamaan! Aku masih harus bekerja bahkan ketika aku jatuh sakit.”

Apakah kamu suka menggambar dan membuat manga? Media apakah yang kamu gunakan? Bagi pengalamanmu selama menggambar manga dalam kolom komentar ya…

Sumber: ANN


SHARE
Previous articleVideo Fatal Frame Maiden of Black Water Ini Bakal Bikin Kalian Basah Karena Takut!
Next articlePreview Anthem of Heart, Anime Terlaris di Jepang Saat Ini!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.