Lightning Returns Final Fantasy XIII Versi PC Rilis Desember!

Lightning-Returns-1

Seperti yang sudah diungkapkan Square Enix selama perhelatan TGS 2014 tahun lalu, mereka bakal menyenangkan para pemilik PC melalui port trilogi Final Fantasy XIII. Sebagai permulaan, Square Enix telah merilis bagian pertama trilogi Lightning, melalui Final Fantasy XIII di Online Store dan Steam pada 9 Oktober 2014 lalu. Kalian yang belum memainkannya, bisa masuk ke halaman resmi Steam dari FF XIII. Tawaran yang sangat menggiurkan, mengingat harga versi digital tersebut hanya Rp 150.000 saja. Sayangnya, port tersebut ternyata bermasalah, dan Square Enix dituding hanya asal saja memberikan port. Bahkan mereka pun sama sekali tidak menggubris banyaknya keluhan dari gamer yang memainkannya, dengan sama sekali tidak memberikan patch untuk game ini. Terlepas dari dilema port Final Fantasy XIII, banyak juga ternyata yang cukup puas dengan hasil yang diberikan Square Enix. Setidaknya kita bisa memainkan Final Fantasy XIII melalui PC, dan dengan harga yang termasuk murah untuk ukuran port game konsol.

Lightning-Returns-FFXIII-3

Bagian kedua triloginya, Final Fantasy XIII-2, dirilis tidak lama kemudian, yaitu pada 11 Desember 2014, dengan harga Rp. 190.000. Setidaknya, Square Enix memberikan beberapa pembenagan. Mulai konten downloadable dari konsolnya yang dipaketkan langsung, ada pilihan voice acting Inggris atau Jepang (trilogi pertamanya hanya Jepang), 60 frames-per-second, dan juga opsi untuk memiliki resolusinya, 720p, 1080p, dan bahkan lebih lagi. Trilogi sebelumnya, dikunci pada satu resolusi saja, 720p.

teleport di Lightning Returns

Bagaimana dengan game ketiganya, Lightning Returns Final Fantasy XIII? Kemarin kami mendapatkan kepastiannya. Menurut akun Twitter sang produser, Yoshinori Kitase, pihaknya sedang memberikan sentuhan akhir untuk Lightning Returns Final Fantasy XIII. Game tersebut rencananya dirilis Desember 2015 mendatang. Yah, semoga saja sentuhan akhir tersebut adalah hasil dari feedback yang mereka terima dari Final Fantasy XIII. Kami memastikan usaha di pihak developer memberikan penyesuaian yang sepadan dengan apa yang mampu diberikan sistem PC seperti pada game kedua, bakal kembali di sini. Dan semoga, tekstur visualnya juga diperbaiki menyesuaikan kemampuan PC. Kitase juga mengatakan, pihaknya bakal memberikan update lebih lanjut nantinya.

Lightning-Returns-Final-Fantasy-XIII_2013_07-02-13_001

Butuh jeda waktu nyaris setahun untuk menyiapkan penutup trilogi ini, semoga itu digunakan Square Enix untuk memberikan penutup trilogi dengan hasil yang baik, karena Desember sendiri sudah lewat dari rencana awalnya, yang seharusnya dirilis kuartal ketiga tahun ini. Dan, oh ya, Desember nanti Xenoblade Chronicles X dirilis untuk Wii U, sepertinya Lightning Returns Final Fantasy XIII bakal mendapatkan musuh yang kuat di tengah pilihan genre RPG.


SHARE
Previous articleRise of the Tomb Raider, Semua yang Perlu Kalian Ketahui dari Bundle Pre-Ordernya!
Next article18 Game dan Aplikasi Edukasi Indonesia Raih Penghargaan dari Dicoding dan Intel!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.