Sistem Rating Game Indonesia Segera Diresmikan, Ini Rancangannya!

sistem rating game indonesia

Kemenkominfo akhirnya menyelesaikan rancangan sistem rating game Indonesia. Kamu bisa memberikan masukan dan tanggapan sebelum rancangan ini disahkan.

Sistem Rating Game Indonesia Bakal Permudah Misi Mendikbud dalam Pendidikan Game

Pendidikan game di Indonesia, utamanya mengenai sistem rating masih sangat kurang. Dengan hadirnya sistem rating game Indonesia, diharap bisa mempermudahnya
Baca Juga

Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun terakhir, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan beberapa pelaku industri game di Indonesia membuat sebuah rancangan sistem rating game Indonesia atau yang juga dikenal dengan Indonesia Game Rating System (IGRS). Sama seperti sistem rating yang berlaku di beberapa negara lain seperti ESRB (Amerika Serikat) atau PEGI (Eropa), sistem rating game Indonesia ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai konten game mana yang cocok sesuai dengan umur mereka dan juga karakter budaya Indonesia.

Nah, setelah melalui beberapa diskusi, akhirnya rancangan dari sistem rating game Indonesia ini akhirnya selesai. Melalui press release yang disampaikan oleh Kemenkominfo pagi ini (20 Oktober 2015), draft rancangan yang disebut dengan Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (RPM) tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik ini sudah dirilis ke publik untuk mendapatkan tanggapan dan masukan. Berikut kutipan dari pernyataan resmi Kemenkominfo.

Sistem rating game indonesia
Suasana salah satu diskusi mengenai Sistem Rating Game Indonesia yang diselenggarakan di Surabaya

Dalam rangka memfasilitasi pemanfaatan teknologi informasi dan melindungi kepentingan umum dari penyalahgunaan informasi elektronik yang mengganggu ketertiban umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan melindungi masyarakat dalam penggunaan produk teknologi informasi yang sesuai dengan karakter budaya dan norma di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merampungkan penyusunan Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (RPM) tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik.

RPM tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik disusun atas dasar inisiasi bersama antara pemerintah dan pelaku industri game mengingat belum tersedianya regulasi pendukung industri game. Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik dalam RPM dimaksud mengacu pada regulasi dan badan rating system (sistem klasifikasi) pada beberapa negara seperti ESRB (Amerika Serikat), PEGI (Eropa), CERO (Jepang), ACB (Australia), dan negara lainnya. RPM tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik mengatur klasifikasi permainan interaktif elektronik berdasarkan kategori konten dan kelompok usia pengguna.

Materi RPM tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik ini mencakup 6 bab dan 21 pasal. Bagi kamu yang penasaran dengan rancangan sistem rating game Indonesia ini, kamu bisa mengunduh file PDF-nya melalui tautan di bawah ini.

RPM tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik

sistem rating esrb
Contoh sistem rating ESRB dari Amerika Serikat yang banyak digunakan di seluruh dunia

Karena masih bersifat rancangan, maka masyarakat baik pelaku industri game maupun masyarakat umum bisa memberikan tanggapan atau masukan mengenai rancangan ini. Semua masukan dan tanggapan bisa disampaikan kepada Anthonius Malau (Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Ditjen Aplikasi Informatika) melalui alamat email anto013@kominfo.go.id dan Ferdinandus Setu (Kepala Subbagian Penyusunan Rancangan Peraturan) melalui alamat email ferdinandus.setu@kominfo.go.id. Kemenkominfo memberikan batas waktu mulai 16 Oktober 2015 hingga 30 Oktober 2015 bagi masyarakat untuk memberikan masukan sebelum rancangan ini akhirnya disahkan.

Ada masukan atau tanggapan? Sampaikan kepada Kemenkominfo untuk membuat industri game Indonesia jadi lebih baik!