Ranch Paradise, Harvest Moon dengan Cita Rasa Indonesia!

Ranch-Paradise-6

Ranch Paradise adalah game farm ranching simulation dengan cross over genre dengan romance dating simulation game.

Penggemar Harvest Moon bakal menemukan nuansa yang mereka sukai dari serial tersebut dalam Ranch Paradise, game garapan G.U.I.L.D Entertainment, game developer berasal dari Jakarta, Indonesia. Apa yang kami sukai dari Harvest Moon adalah, kehidupan pedesaan dengan tugas mengelola dan mengembangkan pertanian dengan menanam tanaman, mengurus hewan, hingga membina kehidupan sosial dengan warga desa. Tantangan utamanya adalah bagaimana mengatur waktu, karena kalian hanya mendapatkan sedikit waktu setiap harinya, energi yang juga terbatas, untuk melakukan pekerjaan di ladang, sambil terus dan menjalin persahabatan dengan penduduk kota. Pada seri-seri barunya, spin-off Harvest Moon mulai memasukkan unsur simulasi kencan. Kalian bisa menikahi seorang wanita (apabila karakter utama adalah pria, dan sebaliknya seorang pria jika kalian memilih karakter wanita), serta bisa dilakukan bila pemain telah merebut hati pasangannya tersebut. Harvest Moon banyak disukai karena konsepnya yang simpel, dan mengingatkan pada kehidupan sehari-hari, khususnya dengan setting di pedesaan.

Ranch-Paradise-3

Dalam Ranch Paradise, kalian temukan beberapa aspek Harvest Moon tersebut, namun di sini, akan ada banyak elemen asli Indonesia yang digunakan. Game yang bakal dirilis untuk PC ini mengkolaborasikan simulasi berkebun dengan genre simulasi kencan. Kalian memainkan seorang pria muda yang kehilangan ingatan, dan dia hanya memiliki satu tujuan, tiba di stone city, satu-satunya kota dimana dia ingat pernah terdampar. Selama permainan, dia mendapatkan tugas mengelola sebuah peternakan dan lahan pertanian yang sebelumnya telah diabaikan. Makin jauh permainan berjalan, karakter kalian perlahan mulai mendapatkan kembali ingatannya yang telah hilang, sembari berinteraksi dengan penduduk kota batu.

Ranch-Paradise-7

Seperti tipikal game bergenre simulasi lainnya, sikap yang kalian tunjukkan kepada para penduduk bakal mempengaruhi permainan. Seperti interaksi negatif, menghasilkan karakter kalian hanya akan mendapatkan ingatannya kembali, namun yang buruk saja. Hasilnya, justru menghancurkan dunia. Namun interaksi yang baik membuatnya berhasil mengingat kenangan yang baik, yang mengungkapkan bahwa sebenarnya dia itu seorang demi-god, serta telah sering mengunjungi kota batu di masa lalu.

Ranch-Paradise-5

Karena karakter seorang entitas setengah dewa, kurang lengkap jika kalian tidak bertemu dengan seorang dewi di kota. Jika kalian berhasil mengarahkan dengan benar permainan ini, yang semuanya dipengaruhi interaksi dengan penduduk lainnya, maka tersedia beberapa jenis ending yang bisa ditemui pada tahun kelimanya. Ending tersebut antara lain, bad ending, good ending, atau true ending. Karakter juga bisa menikah, dan memiliki keturunan. Selain mengelola lahan pertanian, kalian juga disodori quest yang mendukung progress karakter selama dia menghabiskan hidupnya di stone city.

Ranch-Paradise-8

Mengenai developernya, G.U.I.L.D Entertainment, mereka berambisi untuk membuat game berkualitas tinggi. Bahkan Ranch Paradise telah berhasil terpilih melewati ronde penyisihan untuk Casual Connect Asia 2015. Game pertama mereka adalah Guild of Souls juga telah banyak mendapatkan kesempatan untuk bertanding dan melewati kualifikasi internasional. Untuk Ranch Paradise, mereka mengembangkannya menggunakna Engine Unity3d. Developer juga mengakui jika Ranch Paradise banyak dipengaruhi oleh Harvest Moon: Back to Nature, namun mereka memberikan sentuhan yang lebih baik di sisi artstyle dan eksplorasi yang lebih dalam pada bagian simulasinya.

Bagi kalian yang penasaran dengan Ranch Paradise, kalian bisa mencicipinya saat GDG Prime 2015 nanti karena Ranch Paradise merupakan salah satu game yang masuk nominasi YummyYummyTummy Challenge.


SHARE
Previous articleNusakana, Hadirkan Nuansa Atelier dan Rune Factory di Pulau Tropis!
Next articleSistem Rating Game Indonesia Segera Diresmikan, Ini Rancangannya!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.