[Teori] Benarkah Batman di Film Batman V Superman Bukan Bruce Wayne?

Muncul teori kalau Batman dan Alfred di film Batman V Superman bukan benar-benar Bruce Wayne dan Alfred. Tapi benarkah? Mari kita lihat teorinya dan kenapa pendapat ini bisa salah!

[Teori] Benarkah Batman di Film Batman V Superman Bukan Bruce Wayne?

Peran Batman - Batman V Superman

Muncul teori menarik kalau Batman di film Batman V Superman bukanlah Bruce Wayne seperti yang kita kenal. Tak hanya itu, Bruce Wayne sejati ternyata adalah Bruce Wayne versi The Dark Knight Trilogy! Tapi apakah teori ini benar?

Ini bukan sekedar teori yang disajikan dalam 300 kata atau kurang lewat media seperti Facebook, Twitter, hingga pos di forum, Imageboard, dan Reddit. Penulis teori ini - Rick, editor dari Total Spoiler - bahkan bisa menyebutnya sebagai tesis. Dan panjang postingannya sendiri cukup heboh, hingga bisa dipercaya kalau dicetak ini mungkin akan setara dengan tebal tugas akhir mahasiswa.

Kamu bisa membaca teori sinting tentang film Batman V Superman ini lewat tautan di bawah.

[embedly url="https://static.duniaku.net/2015/04/Batman-v-Superman-1.jpg">Film Batman V SupermanInilah inti dari teori panjang Total Spoiler. Batman yang kamu lihat di trailer, yang berdansa dengan Diana Prince, berjibaku dengan Superman, hingga menyaksikan aksi destruktif Superman di Metropolis bukanlah Bruce Wayne. Ben Affleck bahkan tidak memerankan Bruce Wayne. Dia sebenarnya memerankan Slade Wilson, alias... Deathstroke.

Film Batman V Superman - DeathstrokeDari segi kemampuan, Deathstroke dan Batman memang berada di taraf yang sama. Deathstroke bahkan lebih unggul dari segi pengalaman, karena ia telah lebih lama berada di medan pertempuran. Dan ia sama sekali tidak terikat dengan moralitas dan aturan untuk tidak membunuh. Deathstroke juga memiliki seorang butler, Wintergreen, sehingga Rick menganggap kalau Alfred yang diperankan oleh Jeremy Irons sebenarnya adalah Wintergreen. (Terutama karena Irons menyampaikan kalau Alfred yang ia perankan akan berbeda dari sebelum-sebelumnya).

Rick juga menyorot kostum Batman yang mirip dengan kostum Batman versi Slade Wilson...

Film Batman V Superman - CostumeHingga kata-kata "Do you bleed? You will," yang mirip dengan kata-kata Deathstroke versi Injustice.

Film Batman V Superman - Quotesd


[page_break no="2" title="Lalu Siapakah Bruce Wayne Sejati? Christian Bale"]


Film Batman V Superman - Bruce WaynePertimbangan teori ini terutama adalah keterlibatan Christoper Nolan, sang penggagas The Dark Knight Trilogy, sebagai Executive Producer. Rick sang penulis tesis beranggapan kalau Batman V Superman ditulis begitu bukan untuk gaya-gayaan atau gimana. V di Batman V Superman adalah petunjuk kalau ini film kelima. Tiga film sebelumnya adalah The Dark Knight Trilogy, film keempat adalah Man of Steel, dan film kelima adalah Batman V Superman ini.

Dengan kata lain, kalau teori ini benar, sejak awal film-film Zack Snyder juga tergabung ke Nolanverse.

Rick juga menyebutkan berita-berita sebelumnya, yang sudah menduga hal sama.

Film Batman V Superman - Previous ReferenceArtikel ini menyebutkan kalau tetap akan ada beberapa perbedaan, termasuk membuat tidak canon kematian Thalia Al-Ghul dan Bane dari Dark Knight Rises. Namun Dark Knight Rises tak sepenuhnya dibuat non-canon, karena nasib Bruce Wayne setelah itu (pensiun dan hidup bersama Selina Kyle di Italia) tetap dipertahankan. Karena itu Bruce Wayne digantikan oleh Deathstroke.

Deathstroke versi Ben Affleck pun tampaknya tidak sekejam yang di komik, karena ia mau saja mengemban tanggung jawab seperti itu. Aksinya mungkin brutal (dia disebut sebagai teroris oleh Perry White di trailer Comic Con Batman V Superman) dan salah satu aksinya bisa jadi membunuh orang. Ingat adegan dari trailer teaser pertama film Batman V Superman ini?

Film Batman V Superman - Aggresive BatmanMobil itu diledakkan pesawat Batman saat sedang ada yang menembak dari belakangnya. Singkat kata, orang itu antara mati atau akan cidera parah karena berdiri sedekat itu dengan pusat ledakan.

Foto Terbaru Batman V Superman - BatmanJadi adegan ini? Bila teori ini benar maka Batman bukan hanya memanggil Batman. Dia sedang menghubungi Batman sejati, yakni Batman Christian Bale.

Lanjut ke halaman 2...


[page_break no="3" title="Tapi Apakah Teori Ini Benar?"]


Peran Batman V Superman[read_more id="228632"][clearboth]

Harus diakui, teori ini memang sangat menarik. Kembalinya Christian Bale, dan terintegrasinya The Dark Knight Trilogy ke dalam DC Cinematic Universe adalah langkah yang sangat strategis untuk mengimbangi dominasi Marvel Cinematic Universe. Masih disayangkan Warner Bros tak dapat melakukan itu karena Christopher Nolan tak berminat membagi dunia Batmannya dengan unsur-unsur superhero yang lebih fantastis.

Namun, untuk sekarang teori ini belum diketahui benar-tidaknya. Masih perlu lebih banyak materi promo untuk sepenuhnya mengonfirmasi benar-tidaknya teori film Batman V Superman dari Total Spoiler ini. Tapi ada beberapa alasan teori ini bisa jadi salah total. Empat pertanyaan menganga yang tak sepenuhnya bisa dijawab oleh teori ini adalah:

1. Tokoh "Bruce Wayne" di Film Batman V Superman Masih Memimpin Wayne Industries

Deathstroke mungkin bisa menggantikan Batman. Tapi apakah tentara bayaran handal ini mau sekalian memerankan Bruce Wayne dalam upaya "membosankan" seperti memajukan perusahaan orang yang tak ada hubungan dengan dia? Karena dari banyak materi promosi, bahkan adegan di Metropolis, terlihat jelas kalau Bruce Wayne, atau Slade Wilson, atau siapalah ini masih berbisnis dan memimpin perusahaannya.

Masih tanda tanya kenapa Bruce Wayne berada di Metropolis di hari klimaks Man of Steel. Namun gambar di bawah ini, yang diartikan oleh Rick sebagai indikasi kalau Joker mengejek kematian keluarga Slade Wilson...

[Teori] Benarkah Batman di Film Batman V Superman Bukan Bruce Wayne?Jauh lebih masuk akal bila disorot dari sudut pandang Bruce Wayne. Ia sudah kehilangan keluarganya sekali, Wayne Manor sudah terbakar, dan kali ini ia juga kehilangan gedung perusahaannya (antara cabang Metropolis, atau tanpa kita sadari pertempuran di Man of Steel juga mencapai Gotham).

Lanjut ke halaman 3...

2. Batman Yang Lebih Ganas? Superman Pun Demikian

Trailer Lengkap Batman V Superman - Armor BatmanMasih ingat apa yang terjadi di Man of Steel? Terutama, saat Superman memutuskan mematahkan leher Jenderal Zod? Ketimbang Ben Affleck memerankan Slade Wilson, ada alasan yang lebih mudah untuk dicetuskan tentang tingkat kekerasan dan bahkan implikasi pembunuhan Batman di film Batman V Superman: Zack Snyder memang lebih menyukai para hero-nya memiliki sisi gelap.

Di Man of Steel, Snyder sudah membuktikan dirinya tak punya masalah memperlihatkan Superman bisa membunuh saat terpaksa, tak seperti Superman versi komik yang akan melakukan apapun agar musuhnya tak kehilangan nyawa. Ini adalah Superman, tolak ukur moralnya DC Comics.

Di sisi lain, Batman selalu digambarkan lebih gelap dari Superman. Di dunia di mana Superman sudah diperlihatkan rela membunuh, kenapa begitu sulit untuk percaya kalau Snyder mau menampilkan Batman yang lebih brutal?

Lagi pula, melihat dedikasi Rick dari Total Spoiler untuk menganalisa bukti-bukti dari trailer dan menghubungkannya dengan komik, tampaknya dia adalah fans komik yang sangat pakar. Namun Snyder sudah terbukti tak ragu-ragu menyimpang dari komik untuk menerapkan visinya.

Lanjut ke halaman 4...

3. Bat Signal? Fungsinya Jelas Bukan Untuk Memanggil Batman Sendiri

Film Batman V Superman - Bat SignalDi atas tesis, Rick menyampaikan implikasi kalau Batman menyalakan bat signal untuk memanggil Batman sejati. Mungkin saja itu benar. Tapi ada alasan yang lebih mudah dan masuk akal. Coba cek lagi semua adegan pertarungan Batman dan Superman di trailer, terutama kemunculan Superman di teaser pertama. Saat itu malam dan hujan lebat, sama seperti gambar di atas.

Singkatnya? Batman bukan menyalakan sinyal untuk memanggil Batman. Dia menyalakan sinyal itu untuk memanggil Superman. Lihat kostumnya, di sini Batman sudah siap untuk bertarung... namun agar ia dapat mengalahkan Superman, ia harus memancing rivalnya itu ke perangkapnya.

Lanjut ke halaman 5...

4. Bila Ini Masih Nolanverse, Buat Apa Memperlihatkan Kematian Keluarga Wayne Lagi?

Film Batman V Superman -Thomas WayneWarner Bros sampai memilih aktor baru untuk memerankan Thomas Wayne: Jeffrey Dean Morgan, sang Comedian. Jeffrey Dean Morgan sendiri masih mencoba menutup-nutupi benar tidak karakternya di atas adalah Thomas Wayne, ayah dari Bruce. Tapi mengingat dia sedang berada di jalan gelap, dia disergap oleh seseorang berpistol, dan ada anak menjerit...

Film Batman V Superman - Bruce WayneBisa saja ini adalah adegan lain, anak itu bukan Bruce Wayne, dan Jeffrey Dean Morgan adalah karakter lain. Mungkin mereka adalah tokoh random yang gagal Batman Deathstroke selamatkan. Tapi untuk sekarang, ada indikasi kuat kalau ini adalah Bruce Wayne dan Thomas Wayne.

Untuk apa mengganti Bruce Wayne kecil kalau ujung-ujungnya Batman adalah Christian Bale? Untuk apa pula Batman Christian Bale mengenang lagi kejadian ini? Dengan versi berbeda pula.

Akan lebih murah, mengejutkan, dan sekaligus membuat fans girang kalau Snyder hanya menggunakan adegan dari Batman Begins. Itu akan membuktikan dengan jelas kalau teori Total Spoiler ini benar, dan langsung mengaitkan The Dark Knight Trilogy dengan Snyderverse.

Namun yang terasa sih... Snyder memasukkan kembali adegan ini hanya untuk satu tujuan: menegaskan kalau filmnya berbeda dari The Dark Knight Trilogy.

Masih penasaran? Lihat saja dua trailer film Batman V Superman sebelumnya, lalu tentukan sendiri pendapatmu! Apakah tesis ini benar? Ataukah sangat meragukan?

Ini adalah trailer terbaru dari Comic-Con...

[youtube_embed id="0WWzgGyAH6Y"]

Dan yang ini adalah teaser pertama film Batman V Superman.

[youtube_embed id="IwfUnkBfdZ4"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU