Lost in Forest, Game Horror RPG dari Indonesia, Berbasis RPG Maker VX

Lost-in-Forest-4

Program PC RPG Maker dari Enterbrain telah banyak membantu studio game indie mempermudah pengembangan ide dan konsep game mereka. Sudah ada tujuh program RPG Maker dirilis untuk PC, dengan yang terbaru RPG Maker MV. Salah satu studio game asal Indonesia, The Vires Production, juga diketahui memanfaatkan salah satu versi baru program tersebut, yaitu RPG Maker VX, dalam mengembangkan Lost in Forest untuk platform PC. Meskipun dikembangkan menggunakan RPG Maker VX, namun developer menyebut game ini game horror dengan unsur puzzle, action dan juga RPG. Mungkin karena keseluruhan permainannya yang sejauh ini diperkirakan mencapai sekitar 60 menit saja.

Lost-in-Forest-9 Lost-in-Forest-10 Lost-in-Forest-11

Lost in Forest bercerita tentang seorang ksatria bernama Ralph bersama dengan pelatihnya, Rudolf. Mereka sedang melakukan pelatihan khusus di hutan yang sangat jauh dari desanya. Di malam hari ke-4 pelatihan mereka, Ralph tersadar bahwa Rudolf sang pelatih menghilang begitu saja. Keadaan ini membuat Ralph bingung karena ia tersesat di hutan gelap yang ia sendiri tak mengenalinya. Kesialan Ralph belum selesai, teror-teror dari Bellum dan makhluk pelahap manusia berdatangan menyudutkan Ralph. Sampai ia benar-benar bisa keluar dari hutan terkutuk itu, Ralph terus berusaha bertahan hidup dan mencari kebenaran atas semua kejadian tersebut.

Lost-in-Forest-1

Fitur gameplay permainannya pun familiar bagi gamer yang kerap memainkan game yang dikembangkan menggunakan program RPG Maker. Keseluruhan tampilan game ini disajikan dalam bentuk 2D, dan tidak semua tampil menggunakan engine tersebut. Dari pengamatan kami, seperti tile, dan karakternya (yang jelas terlihat bergaya anime), sepertinya orisinal buatan The Vires Production. Kami juga mendapatkan pertarungan Turn Based, tipikal RPG-RPG klasik, dan sudut pandang pertarungannya first-person (karakter hanya muncul sebagai avatar). Dungeon yang dalam game ini disajikan di tengah hutan dengan atmosfer yang gelap, menjadi labirin yang membuat karakter kalian bisa tersesat. Semoga saja nanti bakal ada lebih banyak setting lain. Kemudian makin jauh kalian memainkan game, tingkat kesulitannya pun juga bertambah. Adanya pertarungan di tengah game, maka kalian bisa memperkuat karakter dengan item yang dijual melalui satu toko. Kemudian ada dua pilihan ending yang bisa dicapai, good dan bad.

Lost-in-Forest-3

Lost-in-Forest-6

Game ini dimainkan hanya menggunakan keyboard alias tanpa mouse. Lalu tombol yang digunakan dan fungsinya antaralain; Meggunakan tombol panah supaya karakter bergerak. Untuk berinteraksi tekan tombol “Z” / “Enter” lalu untuk batal tekan “X”. Tahan “Shift” untuk lari. Membuka tampilan menu dengan menekan tombol X/Esc. Kemudian ada scene yang mengharuskan karakter bertarung melawan para monster di kegelapan malam. Adapun intruksinya yaitu; pilih [Serang] untuk menyerang lawan, [Bertahan] membuat si karakter menerima kerusakan minimal. [Kemampuan] untuk mengaktifkan kekuatan yang dimiliki karakter. Dan yang terakhir [Barang] untuk membuka dan menapilkan barang yang dimiliki karakter. Sekali karakter bertarung, tidak ada kata kabur.

Lost-in-Forest-7 Lost-in-Forest-8

Mengenai studio pengembangnya, The Vires Production, mereka berawal dari sekumpulan remaja SMA yang saling bertukar informasi mengenai dunia gamedev, sampai akhirnya mendapatkan ide untuk membentuk sebuah tim gamedev. Dengan visi dan misi sama, The Vires Production terbentuk.

Lost-in-Forest-5

Bagi kalian yang penasaran dengan Lost in Forest, kalian bisa mencicipinya saat GDG Prime 2015 yang berlangsung 7 November 2015 mendatang di Bandung, karena Lost in Forest merupakan salah satu game yang masuk nominasi YummyYummyTummy Challenge.


SHARE
Previous articleRiCes, Idol Group Unik Terbaru Dari Jepang!
Next articleBerperan di Suicide Squad Berhasil Membuat Jared Leto Gila!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.