Pokemon Revolution Online, Sangat Sempurna untuk Sebuah Game Fanmade

Pokemon Revolution Online

Pokemon Revolution Online menjadi game fanmade Pokemon paling sempurna dengan fitur yang ada di seri game Pokemon orisinalnya.

Pada awal bulan September 2014 lalu, sekelompok pengembang game indie merencanakan untuk membuat sebuah game MMO bertema Pokemon untuk PC. Mereka menamakan diri mereka sebagai PRO, yang juga digunakan sebagai judul game MMO fanmade tersebut yaitu Pokemon Revolution Online. Game ini dikembangkan secara serius, berbasiskan dari game Orisinalnya yang dikembangkan oleh Game Freak Inc. untuk Nintendo. Namun game ini sendiri menggunakan engine dan code sendiri untuk mengembangkannya, mereka juga tidak berafilasi dengan perusahaan pengembang Pokemon orisinal tersebut. Jadi game ini benar-benar murni sebuah fanmade. Tujuan mereka membuat game Pokemon Revolution Online ini sendiri adalah untuk menciptakan sebuah MMO Pokemon yang memanfaatkan interaksi antar trainer (pemain) di dalamnya.

https://www.youtube.com/watch?v=OTLE57n4EIM

Dari berbagai percobaan dan perbaikan yang sudah dilakukan, PRO mengumumkan server BETA pertamanya pada tanggal 10 Oktober 2015 kemarin. Untuk server BETA-nya sendiri, kamu hanya perlu mendaftarkan diri untuk bisa bermain secara gratis (tidak memerlukan CBT Key) di website-nya. Nah, untuk gameplay-nya akan seperti game Pokemon yang sudah kita mainkan di handheld Nintendo. Bedanya, kini kita bisa kustomisasi karakter kita sendiri. ID yang kamu daftarkan akan langsung menjadi nick karakter yang kamu mainkan. Akan ada beberapa model rambut yang bisa kamu pilih dan juga warnanya. Kamu juga bisa mengkustomisasi warna pakaian dan kulit.

Pokemon Revolution OnlineSedangkan untuk battle-nya sendiri, kita tidak berpindah tempat. Akan ada pop-up yang menampilkan layar battle. Untuk command, kamu bisa memencet salah satu dari empat tombol pilihan di sisi kanan layar. Ada perintah Fight untuk melawan Pokemon di depanmu, nantinya akan muncul pilihan serangan yang dikuasai Pokemonmu. Lalu kamu bisa menggunakan Item untuk menangkap Pokemon liar atau mengobati Pokemon-mu yang terluka. Kamu juga bisa men-switch Pokemon, atau melarikan diri dari pertempuran. Sesuai dengan game orisinalnya, sebagai MMORPG, Pokemon Revolution Online juga menghadirkan latar belakang cerita dan juga berbagai scene! Awalnya kamu bukan seorang pelatih, dan bertemu Professor Oak yang memberikan salah satu dari ketiga Pokemon miliknya (Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle).  Bahkan ada NPC saingan yang bernama Jackson, ia menjinakan Eevee dan melawanmu diawal permainan.

Pokemon Revolution OnlineSeperti game Pokemon yang kita kenal, kamu bisa mencari Pokemon liar dengan berkeliling di daratan berrumput seperti diatas, atau mencari Pokemon tipe air di suangai atau lautan. Nantinya juga ada fitur mount dimana pemain bisa menggunakan sepeda atau Pokemon untuk mengelilingi wilayah disetiap map lebih cepat. Selain itu game ini juga menawarkan mata uang bernama Pokedollar, yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja item atau kamu gunakan sebagai alat tukar menukar dengan pemain lain. Hasil tangkapan Pokemon-mu bisa kamu jual dengan uang maya tersebut. Kumpulkan Pokemon terkuatmu, dan kamu bisa bertanding melawan pemain lainnya. Cetak skor tinggi dan namamu akan terpampang di leaderboard-nya.

Pokemon Revolution OnlinePokemon Revolution Online hingga bakal menampilkan tiga region (Kanto, Johto, dan menyusul Hoenn) yang bisa kamu jelajahi untuk mengumpulkan Badge dari para Gym master yang menguasai kota-kota di region yang ada. Selain itu sudah dikonfirmasi bahwa game ini akan menampilkan fitur hingga Mega Pokemon loh! Jadi kemungkinan besar game ini menghadirkan pokemon generasi X & Y juga. Hingga saat ini game ini masih dikembangkan lebih lanjut, pastikan kamu sudah mencoba versi BETA-nya ya! Oh ya, Pokemon Revolution Online juga akan dikembangkan untuk android loh. Namun hingga kini, versi android-nya masih belum selesai pengembangannya.


SHARE
Previous articleOverwatch Closed Beta Sudah Dibuka!
Next articleAnthony Mackie Ternyata Membenci Man of Steel!
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.