Meetup GemuGemu Depok, Hadirkan Resep Sukses Merilis Game Mobile

GemuGemu Depok

Setelah Yogyakarta dan Bandung, kini giliran Depok yang menjadi tempat digelarnya dua meetup terakhir dari GemuGemu. Seseru apa acaranya?

Meetup GemuGemu Yogyakarta: Pentingnya Harmonisasi Developer dan Publisher agar Sukses Merilis Game

Memahami perbedaan antara tugas developer dan publisher ini penting sebelum merilis game, agar bisa sukses di pasaran
Baca Juga

Setelah mengadakan roadshow di Yogyakarta dan Bandung, GemuGemu akhirnya menggelar roadshow serupa di Depok. Ada yang berbeda dengan roadshow GemuGemu di Depok ini, karena mereka menggelar dua kali meetup dalam dua hari. Meetup pertama digelar di Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada tanggal 27 Oktober 2015, dan yang kedua digelar di Code Margonda pada tanggal 28 Oktober 2015 kemarin.

Dua meetup ini menghadirkan dua tema yang berbeda karena menyesuaikan dengan para pesertanya. Untuk meetup pertama di UI, meetup lebih bertema kepada pengenalan industri game secara umum, baik di lokal maupun internasional dan juga potensi besarnya, karena memang sebagian besar peserta yang hadir masih berstatus mahasiswa semester awal. Dalam meetup di UI ini, GemuGemu kembali diwakili oleh Ihsan Wahab, Board of Director dari GemuGemu yang memaparkan industri game secara garis besar dari pandangan mata sebagai publisher.

meetup gemugemu depok

Ihsan banyak menyajikan data-data serta statistik mengenai industri game, mulai dari seberapa besar pangsa pasarnya di dunia, hingga apa saja peluang dan tantangan yang dihadapi saat terjun ke industri ini. Jika developer mengalami kebingungan untuk menarget pasar mana yang akan dituju oleh game-nya, maka di sinilah peran dari publisher untuk memberikan insight mereka. GemuGemu sebagai publisher siap untuk duduk bersama developer guna memecahkan masalah-masalah tersebut, dan mereka siap untuk bekerja sama baik untuk mengembangkan game yang masih berupa konsep, setengah jadi, ataupun game yang sudah jadi dan tinggal dipublikasikan saja.

meetup gemugemu depok
Ihsan Wahab

Selain Ihsan Wahab, hadir pula Vanna Indah Pradipta, Project Manager dari GameLevelOne, developer yang sudah mengembangkan game untuk GemuGemu. Vanna lebih banyak membahas mengenai industri game dari kacamata seorang developer game, apa saja skill yang dibutuhkan, serta bagaimana tips dan trik untuk para mahasiswa yang ingin terjun ke industri game nantinya. Terakhir, ada perwakilan dari Komunitas Android UI yang mengenalkan komunitas mereka dan juga beberapa aplikasi yang sudah mereka buat.

meetup gemugemu depok
Vanna Indah Pradipta, Project Manager GameLevelOne

meetup gemugemu depok

Sedangkan untuk meetup kedua yang berlangsung di Code Margonda hari Rabu, 28 Oktober 2015 malam banyak membahas materi yang lebih dalam mengenai development game, karena memang audiens yang hadir mayoritas adalah developer game dan aplikasi. Ihsan Wahab kembali menyajikan materi harmonisasi developer dan publisher game, yang bisa menciptakan ekosistem industri game Indonesia yang lebih baik. Selain Ihsan, hadir pula VP Business Developmet dari Valuepotion Dennis Juan dan juga Ikhlas Risandy yang merupakan co-founder dari StudioIndependent.

meetup gemugemu depok
VP Business Development dari Valuepotion, Dennis Juan

Valuepotion: GDG Prime 2015 Bisa Bawa Industri Game Indonesia Naik Level

Yuk mengenal lebih dekat Valuepotion dan juga materi yang akan mereka bawakan ke GDG Prime 2015!
Baca Juga

Dennis Juan memperkenalkan produk dari Valuepotion, sebuah perusahaan mobile-app lifetime value (LTV) maximization yang memiliki spesialisasi di bidang analitik dan marketing. Valuepotion sendiri membantu developer untuk mendapatkan user yang loyal melalui berbagai analisis akuisisi user dan channel. Selain itu, perusahaan yang berbasis di Seoul, Korea Selatan ini juga menyediakan pilihan ad network yang beragam untuk membantu developer dalam meningkatkan revenue yang didapat dari aplikasi yang dibuat. Semua fitur ini ditawarkan dalam sebuah SDK berukuran kecil yang bisa diintegrasikan dengan mudah, dan juga dengan biaya bulanan terjangkau yang dihitung berdasarkan user aktif dari game atau aplikasi tersebut. Kamu bisa mengunjungi website resmi Valuepotion untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

meetup gemugemu depok
Co-founder dari StudioIndependent, Ikhlas Risandy

Terakhir, Ikhlas Risandy membagikan banyak insight menarik dari sisi development game berdasarkan pengalaman studionya selama kurang lebih enam tahun berkecimpung di industri game. StudioIndependent sendiri sudah banyak merilis game dalam berbagai platform dan juga sudah banyak bekerja sama dengan publisher di berbagai negara untuk memahami pasar di tiap-tiap negara tersebut.

meetup gemugemu depok

duniaku-meetupgemugemu-5

Seperti di dua kota sebelumnya, GemuGemu juga berkesempatan untuk bertemu dengan beberapa developer game Jakarta dan Depok seperti Tebak Gambar dan Nusantara Beta Studio, serta berkunjung ke markas Chocoarts. Bagi kamu yang tidak sempat menghadiri meetup GemuGemu di tiga kota ini, kamu masih berkesempatan untuk menimba ilmu di GDG Prime 2015 tanggal 7 November 2015 nanti di Bandung. Di GDG Prime 2015, baik GemuGemu ataupun Valuepotion akan hadir dan menjadi pembicara dalam beberapa sesi yang disajikan.


SHARE
Previous articleBart Simpsons Terbunuh di Treehouse of Horror XXVI !
Next articleVideo Star Wars Battlefront Perlihatkan Serunya Perang Rebel vs Imperial
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.