GemuGemu: Fokus ke Game Mobile, Ingin Ciptakan Harmonisasi Developer dengan Publisher

gemugemu

Satu lagi publisher game mobile di Indonesia terbentuk, GemuGemu. Dengan misi menciptakan harmonisasi antara developer dan publisher, GemuGemu mengajak developer Indonesia untuk bekerja sama.

Meetup GemuGemu Yogyakarta: Pentingnya Harmonisasi Developer dan Publisher agar Sukses Merilis Game

Meetup GemuGemu di Yogyakarta membeberkan pentingnya harmonisasi tugas antara developer dan publisher agar game yang dirilis sukses di pasaran.
Baca Juga

Beberapa tahun terakhir, developer game Indonesia pun sudah menunjukkan bahwa mereka juga memiliki kemampuan dan kualitas untuk menghasilkan game yang bagus. Kualitas teknis dalam mengembangkan game tidak cukup untuk membuat game tersebut laris manis di pasaran. Setelah game dirilis, masih banyak “Pekerjaan Rumah” alias PR yang harus diselesaikan developer, seperti memperhatikan statistik, analitik, bagaimana mendapatkan user, update, event dan sebagainya.

Untuk itu, ada baiknya developer yang masih belum memiliki pengetahuan untuk hal-hal di luar “dapur” produksi menggandeng pihak lain, dalam hal ini publisher game. Selama ini, publisher game di Indonesia menjalankan bisnis dengan membeli game buatan developer mancanegara, lantas memasarkannya di Indonesia. Lalu, mengapa tidak jika publisher game bekerja sama dengan baik dengan developer lokal untuk memasarkan game mereka guna menciptakan ekosistem industri game yang lebih baik?

gemugemu

Meetup GemuGemu Bandung: Kolaborasi Developer dan Publisher untuk Ekosistem yang Lebih Baik

Setelah dari Yogyakarta, GemuGemu melanjutkan roadshow-nya di kota Bandung. Seperti apa serunya? Simak liputannya berikut ini!
Baca Juga

Hal tersebutlah yang mendasari munculnya GemuGemu, publisher khusus game mobile yang baru saja diluncurkan ini. GemuGemu sendiri berangkat dari sebuah platform arcade digital yang sempat dirilis di Android di awal tahun 2015 lalu. Pada saat itu, mereka mendapatkan dukungan dari Matahari Group dengan brand arcade center terbesar mereka di Indonesia, Timezone untuk melakukan ekspansi brand tersebut ke ranah digital. Namun seiring berjalannya waktu, arahan dari GemuGemu berubah dengan menggandeng developer lokal guna membangun sistem yang lebih baik. Dengan menghadirkan sistem-sistem seperti login, wallet, reward, social connect dan lainnya, GemuGemu pun akhirnya bertransformasi penuh menjadi publisher game mobile.

Meskipun masih tergolong baru, namun sosok-sosok di balik layar GemuGemu adalah sosok yang sudah berpengalaman lebih dari lima tahun di industri game. Sebagai publisher, GemuGemu bertugas menyelesaikan PR di luar dapur setelah game dirilis untuk membantu game buatan developer tersebut agar bisa ditemukan dengan mudah di toko aplikasi. Tujuannya tentu saja, agar menghasilkan monetisasi yang lebih baik bagi developer tersebut.

gemugemu

Meetup GemuGemu Depok, Hadirkan Resep Sukses Merilis Game Mobile

Setelah Yogyakarta dan Bandung, kini giliran Depok yang menjadi tempat digelarnya dua meetup terakhir dari GemuGemu. Seseru apa acaranya?
Baca Juga

GemuGemu saat ini memang terfokus pada pasar Indonesia, namun dalam waktu dekat mereka juga akan melebarkan sayap ke berbagai negara Asia Tenggara lainnya. Beberapa contoh tugas dari publisher yang dilakukan oleh GemuGemu adalah memberikan saran kepada developer untuk memonetisasi lebih baik dari game yang dikembangkan, menganalisa data-data analitik dan statistik, menyeleggarakan aktivitas-aktivitas marketing, dan juga menjaga komunitas game tersebut agar tetap hidup.

GemuGemu juga menyediakan reward system untuk mempertahankan retensi user. Dengan men-download game-game yang dipublikasikan GemuGemu, maka gamer bisa mendapatkan poin untuk ditukarkan dengan berbagai item fisik, seperti voucher pulsa, token listrik ataupun voucher berbelanja. Selain itu, untuk membeli item in-game yang dipublikasikan, GemuGemu menggunakan gold khusus yang disebut dengan GemuGold dengan berbagai kemudahan untuk top up saldonya.

GemuGemu Meetup
Ihsan Wahab, Board of Director dari GemuGemu

“Berangkat dari hobi dan profesionalisme di dunia game industri, kita harus memilih salah satu role yang benar-benar kita kuasai, sebagian orang bagus dalam development, sebagian lagi penetrasi sebagai payment gateway, sehingga membuat kita lebih mantap fokus akan satu hal dan berharap menjadi yang terbaik, yaitu menjadi game publisher,” ungkap Ihsan Wahab, Board of Director dari GemuGemu seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Visi dan misi dari GemuGemu sendiri adalah untuk membangun ekosistem yang baik antara developer dan publisher di Asia Tenggara khususnya Indonesia, sehingga output yang dihasilkan menjadi bisnis besar yang saling menguntungkan kedua pihak,” lanjutnya

Saat ini, GemuGemu membuka kesempatan bagi para developer game Indonesia untuk bekerja sama dengan mereka. Tertarik bekerja sama dengan GemuGemu? Kamu bisa langsung menghubungi GemuGemu melalui alamat email info@gemugemu.com


SHARE
Previous articleUntil Dawn Rush of Blood Makin Serem Berkat Virtual Reality, Bukan untuk yang Cemen!
Next articleVideo Baru One Piece Burning Blood Perlihatkan Kekuatan Buah Ope Ope dan Bari Bari
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.