GemuGemu: Fokus ke Game Mobile, Ingin Ciptakan Harmonisasi Developer dengan Publisher

Publisher game baru yang fokus untuk berkolaborasi dengan developer game Indonesia. Yuk kenal lebih dekat dengan GemuGemu ini!

GemuGemu: Fokus ke Game Mobile, Ingin Ciptakan Harmonisasi Developer dengan Publisher

GemuGemu: Fokus ke Game Mobile, Ingin Ciptakan Harmonisasi Developer dengan Publisher

Satu lagi publisher game mobile di Indonesia terbentuk, GemuGemu. Dengan misi menciptakan harmonisasi antara developer dan publisher, GemuGemu mengajak developer Indonesia untuk bekerja sama.

[read_more id="227815"]

Beberapa tahun terakhir, developer game Indonesia pun sudah menunjukkan bahwa mereka juga memiliki kemampuan dan kualitas untuk menghasilkan game yang bagus. Kualitas teknis dalam mengembangkan game tidak cukup untuk membuat game tersebut laris manis di pasaran. Setelah game dirilis, masih banyak "Pekerjaan Rumah" alias PR yang harus diselesaikan developer, seperti memperhatikan statistik, analitik, bagaimana mendapatkan user, update, event dan sebagainya.

Untuk itu, ada baiknya developer yang masih belum memiliki pengetahuan untuk hal-hal di luar "dapur" produksi menggandeng pihak lain, dalam hal ini publisher game. Selama ini, publisher game di Indonesia menjalankan bisnis dengan membeli game buatan developer mancanegara, lantas memasarkannya di Indonesia. Lalu, mengapa tidak jika publisher game bekerja sama dengan baik dengan developer lokal untuk memasarkan game mereka guna menciptakan ekosistem industri game yang lebih baik?

GemuGemu: Fokus ke Game Mobile, Ingin Ciptakan Harmonisasi Developer dengan Publisher

[read_more id="228848"]

Hal tersebutlah yang mendasari munculnya GemuGemu, [outbound_link text="publisher khusus game mobile" link="https://static.duniaku.net/2015/10/cover-meetupgemugemu.jpg">GemuGemu: Fokus ke Game Mobile, Ingin Ciptakan Harmonisasi Developer dengan Publisher

[read_more id="229031"]

GemuGemu saat ini memang terfokus pada pasar Indonesia, namun dalam waktu dekat mereka juga akan melebarkan sayap ke berbagai negara Asia Tenggara lainnya. Beberapa contoh tugas dari publisher yang dilakukan oleh GemuGemu adalah memberikan saran kepada developer untuk memonetisasi lebih baik dari game yang dikembangkan, menganalisa data-data analitik dan statistik, menyeleggarakan aktivitas-aktivitas marketing, dan juga menjaga komunitas game tersebut agar tetap hidup.

GemuGemu juga menyediakan reward system untuk mempertahankan retensi user. Dengan men-download game-game yang dipublikasikan GemuGemu, maka gamer bisa mendapatkan poin untuk ditukarkan dengan berbagai item fisik, seperti voucher pulsa, token listrik ataupun voucher berbelanja. Selain itu, untuk membeli item in-game yang dipublikasikan, GemuGemu menggunakan gold khusus yang disebut dengan GemuGold dengan berbagai kemudahan untuk top up saldonya.

GemuGemu: Fokus ke Game Mobile, Ingin Ciptakan Harmonisasi Developer dengan Publisher Ihsan Wahab, Board of Director dari GemuGemu[/caption]

"Berangkat dari hobi dan profesionalisme di dunia game industri, kita harus memilih salah satu role yang benar-benar kita kuasai, sebagian orang bagus dalam development, sebagian lagi penetrasi sebagai payment gateway, sehingga membuat kita lebih mantap fokus akan satu hal dan berharap menjadi yang terbaik, yaitu menjadi game publisher," ungkap Ihsan Wahab, Board of Director dari GemuGemu seperti dikutip dari pernyataan resminya. "Visi dan misi dari GemuGemu sendiri adalah untuk membangun ekosistem yang baik antara developer dan publisher di Asia Tenggara khususnya Indonesia, sehingga output yang dihasilkan menjadi bisnis besar yang saling menguntungkan kedua pihak," lanjutnya

Saat ini, GemuGemu membuka kesempatan bagi para developer game Indonesia untuk bekerja sama dengan mereka. Tertarik bekerja sama dengan GemuGemu? Kamu bisa langsung menghubungi GemuGemu melalui alamat email info@gemugemu.com

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU