Mainkan Boma Naraka Sura, Ngegame Sekaligus Pelajari Budaya Wayang

Boma-Naraka-Sura-7

Kembali Nikmati Cantiknya Winterflame The Other Side dalam GDG Prime 2015

Kembali Nikmati Cantiknya Winterflame The Other Side dalam GDG Prime 2015, download Winterflame The Other Side, guide Winterflame The Other Side
Baca Juga

Ada banyak cara bagaimana kita bisa melestarikan, sekaligus mengenalkan budaya asli Indonesia ke dunia luar. Seperti yang dilakukan Anantarupa Studios ini melalui game mereka yang beberapa waktu lalu sukses mendapatkan mendapatkan pendanaan melalui Kickstarter melalui Boma Naraka Sura. Game platformer yang tampil dengan gameplay action sidescrolling ini mengingatkan kalian pada konsep klasik serial Metroid dan Castlevania (biasa disebut bergaya metroidvania). Itu saja sudah cukup menggugah penggemar game klasik, khususnya yang menyukai konsep gameplay metroidvania untuk megenal Boma Naraka Sura lebih dalam lagi. Namun kami lebih tertarik pada judulnya, Boma Naraka Sura, yang pasti dikenal oleh mereka generasi sebelum kita melalui budaya Wayang. Lihat saja dulu trailernya di bawah, yang pastinya tidak banyak membeberkan kisah wayang yang menjadi dasar cerita game ini, dan lebih memperlihatkan seperti apa gameplay action sidescrolling ala metroidvania dalam Boma Naraka Sura.

Boma Naraka Sura Official Trailer

Bagi yang terus mengikuti perkembangan industri game Indonesia pasti tidak asing dengan judul ini. Ya, Boma Naraka Sura sebelumnya sudah pernah diperkenalkan Anantarupa Studios sekitar tahun 2012 lalu, dimana Boma Naraka Sura berhasil menyabet gelar game terbaik dalam Increfest 2012 lalu. Jika sebelumnya game ini diperkenalkan sebagai sebuah game mobile, maka kini Anantarupa membawa game ini untuk gamer PC.

Boma-Naraka-Sura-1

Boma-Naraka-Sura-12

Game ini mengisahkan Sveta, seorang gadis yang terbangun di sebuah dunia asing bernama Narakaloka. Dunia ini merupakan dunia terbawah dari enam dunia, yang banyak dikenal oleh orang-orang sebagai neraka. Untuk mengetahui apa yang sudah terjadi dan mengapa Sveta terbangun di Narakaloka, dia pun harus mengumpulkan potongan-potongan ingatannya yang tersebar di enam dunia tersebut. Pada saat petualangan tersebut, Sveta pun bertemu dengan Boma yang memberinya kekuatan dan skill untuk memulai petualangan dan mengalahkan musuh-musuh yang ingin mencegah Sveta keluar dari Neraka.

Boma-Naraka-Sura-5 Boma-Naraka-Sura-2

Selain konsep gamplay-nya mengadopsi action sidescrolling, atau yang lebih dikenal sebagai metroidvania, game ini mengusung grafis hand drawing yang indah. Berbeda dengan kebanyakan protagonis game lain yang menggunakan pedang, di sini Sveta menggunakan tombak sebagai senjata utamanya, yang bisa kamu upgrade agar lebih kuat. Game ini juga memiliki fitur Weapon Crafting, dimana kamu bisa mengkoleksi resep, mengumpulkan material-material yang tersebar di enam dunia, dan menggunakannya untuk meng-upgrade senjata atau membuat senjata baru.

Boma-Naraka-Sura-4 Boma-Naraka-Sura-9

Sveta bisa bertemu dengan Mythical Beast, hewan-hewan mitologi yang kuat selama perjalanannya. Dia bisa mengalahkan Mythical Beast tersebut untuk membuka skill dan armor baru yang membuatnya lebih kuat lagi. Selain itu, game ini juga diperkaya dengan berbagai elemen RPG seperti upgrade skill dan atribut dari Sveta.

Kalian bisa mencoba game ini dengan mengunduh versi demonya melalui tautan berikut ini: www.anantarupa.com

Boma Naraka Sura Official Gameplay Demo

Story of Boma

Nama Boma Narakasura merupakan salah satu tokoh dalam mitologi Hindu yang dikisahkan sebagai raja raksasa dari Kerajaan Pragjyotisha, atau yang pada masa sekarang dikenal sebagai daerah Assam, di India Timur. Tokoh ini merupakan putra dari Pertiwi sehingga ia juga dikenal dengan sebutan Boma, yang bermakna “anak Bumi.” Karena kejahatannya, Naraka kemudian tewas di tangan Sri Kresna. Kisah Narakasura, terutama kematiannya, muncul dalam beberapa versi. Mulai dari cerita versi aslinya dari India, Bhagawatapurana, kemudian juga versi sadurannya oleh pujangga Jawa dengan judul Bhomakawya, atau “Kematian Boma.” Naskah ini menggunakan bahasa Jawa Kuna dan ditulis pada zaman berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Jawa. Sedangkan dalam versi Pewayangan Jawa, tokoh Naraka dikenal sebagai putra Batara Wisnu dengan Batari Pertiwi, dilahirkan di Kahyangan Ekapratala tempat tinggal Batara Ekawarna, kakeknya dari pihak ibu. Menurut versi ini, nama kecil Boma adalah Sitija. Ia memiliki adik perempuan bernama Sitisundari yang kelak menjadi istri Abimanyu, putra Arjuna dari keluarga Pandawa.

Boma-Naraka-Sura-3

Melihat video trailer Boma Naraka Sura dari Anantarupa Studios di atas, sepertinya mereka menggabungkan dua versi cerita Bona Narakasura, yaitu versi Bhagawatapurana dan Pewayangan Jawa. Boma dalam pewayangan juga dilukiskan sebagai sosok antagonis yang sering terlibat persaingan dengan Gatutkaca putra Bimasena dari keluarga Pandawa. Dan berhubungan dengan video trailer tersebut, yang ditutup dengan kalimat, bahwa pertarungan panjang mereka berdua berakhir di game ini, Boma Naraka Sura, maka kita pun mendapatkan cerita orisinal, dan kisah asli Boma Narakasura tersebut hanya menjadi bagian untuk membangun petualangan Sveta dalam game ini. Kita masih perlu memainkan game ini, dan menemukan apakah Sveta yang kalian kendalikan di sini juga merupakan inkarnasi salah satu tokoh pewayangan lainnya. 

Boma-Naraka-Sura-6 Boma-Naraka-Sura-10 Boma-Naraka-Sura-11 Boma-Naraka-Sura-8

Bagi kalian yang penasaran dengan Boma Naraka Sura, kalian bisa mencicipinya saat GDG Prime 2015 yang berlangsung 7 November 2015 mendatang di Bandung, karena Boma Naraka Sura merupakan salah satu game yang masuk nominasi YummyYummyTummy Challenge.


SHARE
Previous articleHujan Hadiah dari DragonNest di Bulan November
Next articleRasakan Petualangan Dunia Star Wars di Star Tour Disneyland Tokyo
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.