Kembali Nikmati Cantiknya Winterflame The Other Side dalam GDG Prime 2015

Winterflame-The-Other-12

Nama Winterflame The Other Side pasti sudah sering kalian dengar melalui Duniaku. Game yang dikembangkan oleh Artoncode Indonesia ini berhasil menuntaskan kampanye pendanaan melalui Kickstarter akhir Mei 2015 lalu, dan berhasil meraup dana hingga Rp. 750 juta untuk mendukung proses pengembangannya, dengan rencana perilisan April 2016 mendatang untuk PC, Mac dan Linux. Kesuksesan kampanye Kickstarter tersebutjuga melengkapi sukses sebelumnya di Steam Greenlight, dimana Winterflame The Other Side berhasil mendapatkan banyak dukungan dari komunitas di Steam dan akhirnya mendapatkan status Greenlit hanya dalam waktu satu minggu saja. Kesuksean kampanye di Kickstarter dan Steam Greenlight ini tentunya membuat Winterflame The Other Side dipastikan juga bakal diirlis di Steam.

Let’s Play WinterFlame: The Other Side! – DemoGameplay

Dalam Winterflame The Other Side, kalian mengendalikan anak laki-laki bernama Lev, manusia yang tidak bisa merapalkan sihir secara normal, dan yang harus berkelana ke lima dunia untuk mencari cintanya yang hilang (lihat di atas desain lima dunia, mulai Forest, Ruin, Heights, Waterarc dan Cradle). Namun perjuangan Lev tidaklah mudah, karena masing-masing dunia memberikan teka-teki yang harus dipecahkan, dengan total teka-tekinya mencapai 50 puzzle. Lev memiliki sebuah magic gauntlet dengan empat macam peluru untuk menyelesaikan puzzle-puzzle tersebut. Semakin jauh Lev berkelana, maka semakin kompleks pula teka-teki yang ditemui, yang mengharuskan dia untuk menemukan kombinasi peluru yang pas untuk menyelesaikannya.

Winterflame-The-Other-Side-
Perbedaan area ini juga berdampak kepada penampilan Lev.
Perbedaan penampilan Lev dari sisi yang lain...
Perbedaan penampilan Lev dari sisi yang lain…

Perbedaan area ini juga berdampak kepada penampilan Lev, sang karakter utama saat melalui salah satu dari lima area tersebut. Selain Lev, pemain juga akan diperkenalkan dengan seorang karakter lain bernama Raina yang merupakan seorang healer. Karakter lainnya yang bakal kalian temui seperti Myuu, yang oleh Raina disebut “divine cats,” dan menurut Lev makhluk berbentuk kucing ini lebih banyak memahami dunia daripada yang lainnya. Belum jelas perannya, membantu atau menghambar Lev selama perjalannya.

Terdapat beberapa mekanisme gameplay menarik yang disiapkan Artoncode dalam Winterflame The Other Side ini. Pertama, game ini menyajikan empat mekanisme puzzle yang memadukan logika pemain dengan hukum alam di lima area berbeda (lihat empat menakisnya di bawah). Seperti bagaimana memanipulasi obyek yang ditemui dengan menggunakan kekuatan salah satu elemen sihir yang mampu dikeluarkan gauntlet di tangannya. Gauntlet spesial tersebut berperan penting dalam menguji logika kalian dalam memecahkan puzzle yang lebih rumit. Misalnya, ternyata kalian bisa menggunakan api untuk membengkokkan metal yang membuat box di sebelahnya terjatuh sehingga bisa dipanjat.

Winterflame-The-Other-Side1

Z-Root | Earth Magic, memungkinkan gauntlet Lev menembakkan akar yang mampu menariknya ke area yang lebih tinggi, atau menarik obyek besar.

Winterflame-The-Other-Side2

Flemo | Fire Magic, berbentuk peluru bola api, bisa digunakan untuk memanaskan dan membakar sesuatu.

Winterflame-The-Other-Side3

Airhole | Air Magic, memungkinkan Lev menciptakan pusaran kecil, yang mampu menghisap sesuatu yang tidak terikat ke tanah, dan bahkan memanipulasi arah gerakan suatu obyek.

Winterflame-The-Other-Side4

Bobble | Water Magic, untuk membuat gelembung perlindungan di sekeliling tubuh Lev, atau membuatnya melayang dan mencapai platform yang susah dijangkau dengan cara biasa.

Keempat elemen tersebut memiliki reaksi tersendiri terhadap setiap obyek berbeda di sekitar Lev, dan mereka juga bisa dikombinasikan dengan yang lain untuk menciptakan efek barus. Banyak kemungkinannya yang bisa dihasilkan, terganting kreatifitas kalian memadukan setiap elemen.

Winterflame-The-Other-14

Untuk mengendalikan Lev, kamu bisa menggunakan keyboard untuk bergerak dan melompat, serta menggunakan mouse untuk menembakkan gauntlet. Artoncode juga sudah memberikan sedikit elemen physic dalam game ini, yang sangat berpengaruh dalam puzzle-nya seperti kotak yang terjatuh dan bisa kamu panjat, ataupun jungkat-jungkit yang bisa membantumu untuk mencapai tempat yang lebih tinggi.

Winterflame-The-Other-13

Selain elemen puzzle utama, game ini juga menyajikan dua mini game berbeda yang akan memberikan pengalaman bermain yang unik kepada para pemain. Artoncode sendiri sudah merilis demo versi kedua dari game ini yang bisa kamu download dan mainkan di Windows PC atau Mac melalui tautan di bawah ini. Meskipun masih dalam tahap demo, namun sudah terlihat seperti apa gameplay-nya, dan tentu saja artwork yang menawan, dan musiknya yang enak didengar.

Download demo Winterflame The Other Side

Winterflame: The Other Side – Short Trailer

Bagi kalian yang penasaran dengan Winterflame The Other Side, kalian bisa mencicipinya saat GDG Prime 2015 yang berlangsung 7 November 2015 mendatang di Bandung, karena Winterflame The Other Side merupakan salah satu game yang masuk nominasi YummyYummyTummy Challenge.


SHARE
Previous articleYuk Pilih Game Favoritmu dalam Citizen Choice GDG Awards 2015!
Next articleShowoff Stage, Satu Lagi Kesempatan Bagi Developer untuk Pamer Karya di GDG Prime 2015!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.