Convert, Gambaran Perang Malaikat dan Iblis dalam Bentuk Game Puzzle

Convert-GDG-Prime-2015-8

Mainkan Boma Naraka Sura, Ngegame Sekaligus Pelajari Budaya Wayang

Mainkan Boma Naraka Sura, Ngegame Sekaligus Pelajari Budaya Wayang, download Boma Naraka Sura, video Boma Naraka Sura, gambar Boma Naraka Sura
Baca Juga

Di tengah kehidupan manusia selalu ada dua sisi. Baik dan buruk. Kebaikan dan kejahatan. Keduanya saling berkaitan, dan mempengaruhi satu sama lain. Juga kerap digambarkan perwujudannya dalam figur malaikat dan iblis, atau angel dan demon. Konsep dua sisi tersebut diangkat sebagai ide sebuah game puzzle oleh developer asal Bandung, Inspedio, melalui Convert. Apa yang menarik dari studio pengembangnya adalah mereka hanya beranggotakan dua orang saja! Convert mengusung genre narrative puzzle yang mengisahkan usaha malaikat dan iblis dalam mempengaruhi kehidupan manusia. Ceritanya, ada sesosok malaikat yang baru saja lulus dan akan membawa perubahan baik untuk umat manusia. Namun tentu saja tugasnya tidak mudah, karena di waktu bersamaan ada iblis yang ingin membawa dampak buruk bagi manusia. Kedua pihak tersebut bertarung, dengan cara berusaha mempengaruhi sifat manusia, berdasarkan sifat asli mereka, malaikat atau iblis. Nah, pertarungan kebaikan vs kejahatan ini pun akan menjadi fokus utama dalam Convert ini.

Cinematic Trailer Final

Awal Juli 2015 lalu, Inspedio sempat melakukan kampanya melalui Kickstarter untuk menggalang dana pengembangan. Target mereka sebesar $5.000 hingga tanggal 1 Agustus 2015. Sayangnya sampai akhir periode penggalangan dana, target tersebut gagal tercapai.

Convert-GDG-Prime-2015-1

Convert-GDG-Prime-2015-5

Seperti penulis sebutkan di atas, Convert berjenis puzzle yang berbasis pada narasi. Namun jangan berpikir puzzle ini bakal seperti tipikal game puzzle lainnya, meskipun Convert juga sama menarget gamer casual dengan ide ceritanya. Gameplay-nya sendiri menggunakan konsep turn-based, dengan balok isometris berbentuk heksagon yang menjadi bidang dimana karakter bisa bergerak. Kemudian kalian sebagai malaikat, bertugas mengubah (convert) manusia yang ada dalam bidang permainan menjadi senang. Tujuannya malaikat harus mengubah manusia sebanyak mungkin, sembari berkompetisi dengan iblis yang dikendalikan AI (juga disediakan mode Demon dimana kalian bermain di pihak iblis). Selain itu, masih ada interaksi antar manusia yang bisa terjadi dalam game puzzle ini, yang bergantung pada status mereka saat ini. Jika cenderung pemarah, maka hasil interaksi tersebut bisa membuat lawan interaksinya juga menjadi pemarah. Lebih jelasnya, lihat saja trailer di bawah.

Convert Gameplay Trailer

Inspedio nantinya bakal merilis game ini sebagai game berbayar melalui Steam dengan harga US $5, yang termasuk di dalamnya, Level Creator untuk membuat map custom. Kalian juga bisa akses game custom pemain lain jika menginginkan variasi. Kemudian kalian bisa membeli ekspansi Demon Mode, atau mereka bisa mendapatkan ekspansi dengan gratis jika membuat level dengan review tinggi dari pemain lain. Inspedio juga berencana menggelar kompetisi Create a Level dengan batasan dan juga reward tertentu.

Convert-GDG-Prime-2015-6

Namun yang lebih menarik, nantinya game ini tidak hanya hadir dalam format game digital saja, melainkan juga hadir dalam board game. Board game dari Convert nantinya juga akan memiliki mekanisme gameplay mirip dengan versi digitalnya yang menurut rencana akan dirilis untuk PC melalui Steam ini. Boardgame tersebut bisa dimainkan online dalam Versus Mode, atau jika ingin memainkannya ramai-ramai untuk kebersamaan, bisa membeli versi fisiknya, yang bisa dimainkan oleh 6 pemain sekaligus.

Convert The Boardgame Trailer

Bagi kalian yang penasaran dengan Convert, kalian bisa mencicipinya saat GDG Prime 2015 yang berlangsung 7 November 2015 mendatang di Bandung, karena Convert merupakan salah satu game yang masuk nominasi YummyYummyTummy Challenge.

Convert-GDG-Prime-2015-4 Convert-GDG-Prime-2015-3 Convert-GDG-Prime-2015-2

 


SHARE
Previous articleTrailer Perdana Serial Preacher Telah Dirilis!
Next articleLihat Bumblebee Jalan ke Bali Melalui Game Racing dari Indonesia, Takedown
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.