GemuGemu: GDG Prime 2015 adalah Ajang Super Lengkap untuk Industri Game

gemugemu gdg prime 2015

GemuGemu: Fokus ke Game Mobile, Ingin Ciptakan Harmonisasi Developer dengan Publisher

Publisher game baru yang fokus untuk berkolaborasi dengan developer game Indonesia. Yuk kenal lebih dekat dengan GemuGemu ini!
Baca Juga
GemuGemu, publisher game mobile baru di Indonesia akan hadir di GDG Prime 2015, ajang yang mereka sebut sebagai ajang yang super lengkap untuk industri game Indonesia.

Tidak banyak publisher game di Indonesia yang peduli terhadap pertumbuhan developer lokal. Salah satunya adalah GemuGemu, publisher khusus game mobile yang memang memfokuskan diri untuk menggandeng developer lokal. Bagi kamu yang terus mengikuti perkembangan berita di Duniaku, maka kamu mungkin sudah mengenal sedikit mengenai publisher yang awalnya berangkat dari platform arcade digital ini.

GemuGemu sendiri bisa dibilang publisher baru, namun sosok yang berada di belakang layarnya sudah banyak memiliki pengalaman di industri game Indonesia. Sejak akhir Oktober 2015 kemarin, GemuGemu pun mengadakan roadshow di tiga kota sekaligus, antara lain Yogyakarta, Bandung dan Depok. Selain mengadakan meetup yang bisa dihadiri oleh developer di masing-masing kota, GemuGemu pun mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke beberapa studio di Indonesia untuk menjalin kerja sama.

gemugemu gdg prime 2015
Suasana meetup GemuGemu di Universitas Indonesia, Depok

“GemuGemu ingin bisa kenal lebih dekat dengan game developer lokal, untuk bisa duduk bersama dan saling share tentang semua yang berkaitan dengan proses development dan publishing, serta membangun ekosistem agar komunikasi antara developer dan publisher bisa lebih baik,” ungkap Ihsan Wahab, Board of Director dari GemuGemu ketika ditanya alasan dibalik digelarnya roadshow tiga kota beberapa waktu lalu.

Ihsan juga memberikan sedikit kesimpulan dari roadshow yang sudah dijalani GemuGemu. “Saya pribadi selalu encourage teman developer bahwa sebenarnya mereka bisa mendapatkan apresiasi lebih, seperti jumlah download, revenue dan juga membangun komunitas,” ungkapnya. “Dalam hal kualitas, beberapa teman developer mengerjakan service yang bisa dipercaya oleh klien, jadi dalam hal teknologi dan kualitas sudah tidak diragukan lagi. Maka dari itu saya berkeyakinan apabila ada komunikasi yang baik antara developer dan publisher, maka kita akan bisa explore market lebih baik dan mendapatkan hasil bisnis yang lebih baik pula,” paparnya.

GemuGemu gdg prime 2015
Ihsan Wahab, Board of Director dari GemuGemu

Ihsan sendiri memberikan sinyal bahwa roadshow GemuGemu tidak hanya berakhir di tiga kota ini saja, melainkan juga akan hadir di beberapa kota lainnya. “Tentunya kita ingin kenal baik dan duduk bicara dengan banyak teman developer di beberapa kota lain seperti Surabaya, Bali, dan juga sebagian Sumatra bahkan Sulawesi,” jelas Ihsan.

Sebagai platform resmi dari Game Developers Gathering (GDG) Prime 2015, GemuGemu memiliki pandangan tersendiri terhadap event industri game terbesar di Indonesia ini. “Ini adalah ajang yang super lengkap untuk para developer, publisher bahkan industri lain yang bersangkutan seperti ad network, payment gateway, media, dan lainnya untuk bertemu, saling share dan saling melihat potensi apa saja untuk bisa kerjasama dan menghasilkan bisnis yang lebih baik,” ungkapnya.

Di GDG Prime 2015 nanti, GemuGemu akan memiliki sejumlah agenda, mulai dari mengisi salah satu sesi sharing di panggung utama yang akan mengenalkan lebih banyak mengenai GemuGemu, serta beberapa acara menarik lainnya di booth mereka seperti lomba dan price wheel. Bagi developer yang ingin tahu lebih banyak dan berkolaborasi, GemuGemu juga membuka kesempatan untuk hal tersebut.

gemugemu gdg prime 2015

Ihsan juga memberikan sedikit harapannya untuk industri game Indonesia ke depannya. “GemuGemu berharap ada yang bisa maksimal untuk explore pasar lokal, pasar regional Asia Tenggara dan tentunya pasar global. Maksimal di sini dalam hal traffic dan revenue, sehingga bisa jadi acuan untuk rekan lain baik developer maupun publisher, dan menjadikan industri game lebih berkembang pesat di Indonesia khususnya,” pungkas Ihsan.

GDG adalah sebuah acara tahunan non profit yang kali ini diselenggarakan oleh Duniaku.net dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) bekerja sama dengan Universitas Telkom, Toge Productions dan Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika dari Kemenkominfo serta didukung oleh Komunitas Game Developer Indonesia (GameDevID), Dicoding, Tinker Games, Agate Studio, Agate Jogja, Mojiken Studio, dan Goethe. Tujuan dari GDG sendiri adalah untuk menghubungkan mahasiswa, developer game, investor, publisher dan media dalam sebuah platform untuk saling sharing mengenai pengalaman mereka selama berkecimpung di industri game. GDG Prime 2015 sendiri akan digelar pada hari Sabtu, 7 November 2015 bertempat di Convention Hall, Universitas Telkom Bandung.


SHARE
Previous articleAnime My Hero Academia Siap Dikerjakan Studio Bones!
Next articleYuk Berkenalan dengan Para Pembicara GDG Prime 2015 – Bagian 2
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.