FLOW: Makin Populer Berkat Naruto

flow

Jika kamu penggemar berat Naruto, kamu pasti kenal dengan salah satu pengisi soundtracknya yaitu FLOW. FLOW sudah beberapa kali membawakan lagu tema untuk Naruto, salah satunya yang paling populer adalah lagunya yang berjudul GO!!!, yang digunakan sebagai lagu pembuka dari Naruto Shippuden. Pada event Anime Festival Asia Indonesia (AFAID 2015) tanggal 25-27 September 2015 yang lalu, tim duniaku memiliki kesempatan untuk ngobrol dengan band yang beranggotakan lima orang ini.

FLOW: Makin Populer Berkat Naruto

Kamu penggemar berat Naruto, pasti kenal dengan salah satu pengisi soundtracknya, yaitu FLOW. Selama Anime Festival Asia Indonesia lalu, tim Duniaku berkesempatan ngobrol dengan band yang beranggotakan lima orang ini.

Abaikan

Ini adalah pertama kalinya FLOW datang ke Indonesia. Ditanya soal apa yang mereka ketahui tentang Indonesia, para anggota FLOW pun menjawab bahwa yang paling diingat dari Indonesia adalah nasi goreng dan juga Bali. FLOW juga menyebut dirinya berbeda dengan band yang lainnya. “Itu karena vokalis kami ada dua.” ujar Take, gitaris dari FLOW. FLOW pun tahu benar bahwa Naruto sangat populer di seluruh dunia, terutama Indonesia, dan mereka senang sekali bisa datang membawakan lagu Naruto di event AFAID 2015 ini. Berkat Naruto juga, mereka bisa bernyanyi di berbagai panggung di seluruh dunia.

Tentu lama berkecipung di dunia musik dan juga anisong, rasa penasaran mengenai proses pemilihan lagu anime pun menghampiri para fans. FLOW pun dengan senang hati menerangkan, bahwa untuk pemilihan lagu anime, terkadang ada produser yang memang datang ke FLOW, namun ada juga yang melalui kompetisi di mana FLOW mengirimkan lagu demo buatan mereka sebagai kandidat dari lagu suatu anime. Ketika ditanya apakah keberatan disebut sebagai band spesialis anisong karena sudah begitu banyak anisong yang FLOW bawakan, FLOW pun menjawab, “yah, apa boleh buat, karena kami memang sudah banyak membawakan anisong, hahaha.”.

flow

Membahas seputar anime dan anisong, tentu banyak yang penasaran apakah para member dari FLOW masih suka menonton anime. “Tentu saja kami masih suka menonton anime!”. Masing-masing member mengungkapkan anime favoritnya. Di mana Got’s menjawab Naruto, Iwasaki menjawab Code Geass dan Dragon Ball, Koshi menjawab Code Geass, dan Take menjawab Samurai Flamenco karena di situ mereka juga memulai debutnya sebagai seiyuu, meskipun hanya satu episode. Bahkan salah satu member FLOW juga mengoleksi figure Asuka dari Evangelion.

Untuk selanjutnya, proyek yang akan mereka kerjakan adalah merilis album ke-10. FLOW juga mengungkapkan bahwa selama ini yang paling berkesan buat mereka adalah karyanya dalam anime Naruto, sebab itu adalah anisong mereka yang pertama, dan berkat itu mereka bisa mendapatkan proyek anisong lain. Meskipun sudah 17 tahun mereka berkiprah di dunia musik, namun belum sekalipun pernah ada perselisihan atau pergantian member. Apa sih rahasianya? “Itu karena kami tidak maunya sendiri, dan selalu mencoba mendengar opini member lain.” tegas FLOW.

Mengenai apakah FLOW ingin mengadakan solo konser di Indonesia, member FLOW menjawab dengan antusias, “Tentu saja kami senang jika bisa solo konser di Indonesia, tidak peduli apakah itu di sebuah live house yang kecil atau di panggung besar!”. Mereka mengaku tahu bahwa mereka punya fans di Indonesia dari sosial media. “Kami sering mendapatkan pesan dari fans di Indonesia, terutama melalui Facebook dan Twitter.”. FLOW juga menantikan penampilan pertamanya di event AFAID 2015 dan ingin konser tersebut sukses, serta tak lupa ingin minum bir bintang sehabis konser selesai. Konser mereka di Indonesia pun selesai dengan sukses, di mana FLOW mampu menyalurkan energi mereka dan membuat penonton bersemangat sepanjang konser.


SHARE
Previous articleSi Juki Kini Bisa Bergerak dan Bersuara Lewat Si Juki Animastrip!
Next articleBethesda Buka-Bukaan Mengenai Rahasia Dibalik Kerennya Grafis Fallout 4!
Merupakan penggemar anime sejak SMP, dan terus berlanjut hingga sekarang bekerja. Belakangan ini suka memperhatikan dan ikut dalam konser-konser dari artis Jepang favorit. Saat ini bekerja sebagai Graphic Designer, yang menurutnya cukup asik dilakukan karena seperti bekerja sambil bermain. Kairi juga seorang gamer dan genre favoritnya adalah RPG. Sebagai salah satu kontributor untuk majalah Zigma dan Omega, menulis merupakan caranya membagi informasi kepada orang lain tentang hal-hal yang disukainya dengan lebih informatif, dari segi pandang seorang penggemar.